3 Sosok Kartini Modern yang Menginspirasi

Tanggal 21 April setiap tahunnya diperingati sebagai bentuk penghormatan untuk R.A. Kartini, pahlawan wanita Indonesia yang menginisiasi gerakan emansipasi wanita. Berkat perjuangannya, kini wanita Indonesia bisa mendapatkan derajat yang sama dengan laki-laki di masyarakat.

Puluhan tahun sudah berlalu, namun semangat perjuangan Kartini masih tetap tertanam pada perempuan-perempuan Indonesia modern. Seperti apa sih sosok Kartini modern ini?

1. Santika Wibowo

gina

Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM ini merupakan salah satu sosok Kartini modern yang sangat inspiratif. Di usia mudanya, Santika memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Ia sudah dua kali membantu anak-anak yang sedang berjuang melawan kanker dengan membuat halaman galang dana kitabisa.com/yanuarlawanleukimia dan kitabisa.com/misbahlawanleukimia. Hingga saat ini total ia berhasil mengumpulkan donasi sebesar 80 juta rupiah untuk bantu Yanuar dan Misbah.

2. Gina Nenden

santika

Sama halnya seperti Santika, Gina, mahasiswi Trisakti ini juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia sudah membantu 5 orang dengan membuat campaign untuk mereka. Gina membantu dua remaja berusia 19 tahun, yaitu Lolyta yang berjuang melawan Sarkoma Ewing (kitabisa.com/donasiuntukloly) dan Fai yang didiagnosa terkena Kanker Nasofaring (kitabisa.com/donasiuntukfai).

Ia juga membantu Rama, anak berusia 12 tahun yang mengidap Osteosarcoma (Kanker Tulang) di kitabisa.com/donasiuntukrama. Anak kecil lainnya yang ia bantu adalah Fangfang yang didiagnosa Tumor Maxillo Facial (kitabisa.com/bantufangfang) dan Itmam yang didiagnosa jantung bocor (kitabisa.com/bantufangfang). Ia berhasil mengumpulkan dana hampir 100 juta untuk membantu Lolyta, Rama, Fangfang, Itmam dan Fai.

3. Siti Desiree (Cile)

3b04760818b0f4dcef2dad4af6683ad627086f03

Cile melakukan hal yang beda pada ulang tahunnya. Jika biasanya merayakan ulang tahun dengan makan-makan bareng keluarga dan teman-teman, kali ini iya merayakan dengan berbagi kebahagiaan bersama Dhierga yang didiagnosa terkena Leukimia. Cile membuat halaman galang dana di kitabisa.com/ultahbarengdhierga dan mengajak keluarga serta teman-temannya untuk memberi hadiah ulang tahun berupa donasi. Ia berhasil mengumpulkan 10 juta rupiah untuk bantu biaya pengobatan Dhierga.

Santika, Gina dan Cile adalah tiga contoh sosok perempuan Indonesia yang memiliki semangat tinggi untuk membuat perubahan dengan memberikan bantuan nyata bagi mereka yang membutuhkan. Semoga semangat Kartini akan selalu tertanam di jiwa perempuan Indonesia dalam meraih cita-cita dan membawa perubahan nyata.


*Kalian perempuan Indonesia yang ingin memulai perubahan dengan bantu orang lain?

Beryl (4)