3 Yayasan Kemanusiaan Ajak Netizen Bantu Korban Bencana Alam

 

Kabar duka kembali datang dari Wilayah Selatan Jawa. Bencana alam mulai dari longsor, banjir bandang serta gunung meletus melanda wilayah ini. Tidak sedikit juga kerusakan yang diakibatkan oleh bencana alam. Banjir di Pacitan saja sudah menelan 11 korban jiwa dan 4000 warga lainnya harus diungsikan. Akses listrik, fasilitas umum, serta tidak tersedianya makanan menjadi fokus beberapa organisasi di bawah ini untuk segera meringankan beban mereka.

Ajakan ACT untuk bantu Pacitan & Jogja serta Gunung Agung

 

ACT (Aksi Cepat Tanggap) merupakan yayasan berbadan hukum yang bergerak di bidang sosial dan kemanusian. Sejak tahun 2005, jangkauan aktivitas program ACT sudah sampai ke 30 provinsi dan 100 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia. Saat ini mereka menginisiasi galang dana untuk korban longsor di Pacitan dan Jogja lewat kitabisa.com/bersatuhadapibencana, dana terkumpul mencapai 22 juta dari 123 orang baik. Sedangkan untuk korban erupsi Gunung Agung melalui kitabisa.com/erupsigunungagung dana yang terkumpul sudah mencapai 149 juta dari 986 donatur.

Save The Children bantu ribuan anak korban erupsi Gunung Agung

Sejak Sabtu malam (25/11) aktivas Gunung Agung terus meningkat. Getaran gempa tiada henti dari pagi ke siang juga kerap dirasakan oleh warga. Hal ini yang membuat ribuan anak harus ikut mengungsi. Selama aktivitas Gunung Agung berstatus awas proses pembelajaran di sekolah juga ditiadakan. Setidaknya ada 299 sekolah berada di zona bahaya. Kurang lebih ada 45.099 siswa dan 3262 guru yang terkena dampak proses evakuasi pengungsian ini.Lewat kitabisa.com/helpgunungagung, Save The Children sudah mengumpulkan dana 95 juta dibantu oleh 621 orang baik. sebagian dana yang dicairkan juga sudah dibelikan perlengkapan sekolah serta perlengkapan kebersihan dan masker.

Baznas bantu ribuan pengungsi banjir bandang dan puting beliung

 

Badan Amil Zakat Nasional atau sering dikenal Baznas memiliki program kemanusiaan seperti melayani kebutuhan dhuafa yang medesak baik karena bencana alam, kecelakaan, pendidikan, kesehatan serta penganiayaan. Dengan terjadinya bencana alam yang saat ini terjadi di Yogyakarta serta Pacitan, Baznas mengadakan inisiasi galang dana di kitabisa.com/tanggapbencana. Hingga saat ini dana terkumpul sudah mencapai 34 juta dari 323 donatur. Aksi ini sesuai dengan tekad Baznas untuk mengajak orang baik di seluruh penjuru negeri mendukung misi pelayanan kemanusiaan.

Dana yang terkumpul akan disalurkan kepada masyarakat baik di Yogyakarta, Pacitan maupun Bali. Bantuan dana akan disesuaikan dengan kebutuhan pengungsi seperti pakaian, alas tidur, makanan siap saji, bahan makanan, serta air mineral.

**

Semoga aksi baik ini dapat menjadi sumber semangat para pengungsi dan duka korban bencana alam di Yogyakarta, Pacitan, serta Gunung Agung segera mereda.

Kamu juga bisa ikutan galang dana untuk bantu mereka yang membutuhkan. Klik gambar berikut untuk proses selanjutnya!