Sedekah

4 Cara Bersedekah untuk Orang yang Berhak Menerimanya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi muslim, ada banyak cara bersedekah, tapi Jika banyak kaum muslim yang menganggap sedekah bisa dilakukan dengan mengisi kotak amal masjid, kemungkinan kita harus lebih paham tujuan dan fungsi sedekah dengan baik. Sedekah tidak sebatas itu, ketika kita memberikan sesuatu kepada orang lain itu juga bisa dikategorikan sebagai sedekah.

Karenanya, di artikel ini kita akan membahas ketentuan sedekah seperti 4 cara bersedekah yang benar untuk muslim. Semoga bermanfaat.

1. Cara Bersedekah kepada orangtua

Orangtua disini tidak hanya orangtua kandung namun juga mertua. Sebelum kita bersedekah lebih jauh, mungkin kita bisa memerhatikan kehidupan orangtua kita terlebih dahulu. Masihkah kekurangan, apa yang bisa kita bantu untuknya. Sedekah kepada orangtua ini menjadi sangat utama bagi kita, wujud rasa bakti kita kepadanya. Hal yang perlu diingat jangan sampai kita bersedekah ke berbagai masjid, tapi kita bahkan terlupakan kepada orangtua kita sendiri.

Ketika kita rasa orangtua kita telah hidup layak, mungkin kita berpikir tidak perlu bersedekah kepada orang tua. Karenanya, sedekah tidak hanya berupa materi. Bahkan senyum yang tulus merupakan suatu sedekah. Kemudian, bahasa tubuh yang baik juga sedekah, tatakrama atau sopan santun juga merupakan sedekah.

Orangtua kita mungkin tidak perlu materi dari kita namun ketika tua, perhatian seorang anak sangat diperlukan oleh orangtua. Bahkan orangtua kita jauh lebih memerlukan senyum tulus, bahasa tubuh yang baik, sopan santun, tutur kata yang lemah lembut, perhatian, menjadi pendengar dan teman bercerita yang menyenangkan dibandingkan materi.

 

2. Cara Bersedekah kepada anak yatim

Anak yatim dapat menjadi target sedekah kita selanjutnya. Sedekah pada golongan ini mempunyai dampak yang luar biasa. Misalnya saja seorang anak yatim yang tidak bisa bersekolah lalu kita membantunya untuk bersekolah. Mungkin hal kecil saja misalnya seorang anak yatim yang bisa bersekolah dengan keadaan pas-pasan tidak bisa membeli buku.

Sedekah Itu, Sederhana Membawa Berkah

Kita bisa membantu dengan buku-buku kita dahulu yang tidak digunakan atau syukur-syukur bisa memberikan buku baru untuknya. Dapatkah kita membayangkan betapa anak ini bersyukur dengan senyumnya yang begitu indah dan bersinar. Rasa syukurnya menjadikan ia lebih semangat dan rajin belajar, hal ini dapat mendongkrak prestasinya, memperbaiki kualitas keluarganya dan dalam jangka panjang anak ini akan membangun mata rantai kebaikan.

Mungkin bukan kita nanti yang akan menerima kebaikan tersebut, namun ada anak-anak yatim lain bahkan lebih banyak yang mendapat dampak dari mata rantai ini. Sederhana bukan hanya bermodal sebuah buku kita bisa membangun mata rantai kebaikan.

3. Cara Bersedekah kepada orang yang sedang dalam perjalanan

Golongan berikutnya adalah orang yang sedang melakukan perjalanan, tentunya perjalanan dalam kebaikan. Orang yang dalam perjalanan panjang tanpa keluarga ketika terjadi sesuatu maka ia hanya bergantung pada Allah. Apabila ia menerima pertolongan rasa syukurnya luar biasa sehingga bisa menjadikan golongan ini lebih yakin dengan pertolongan Allah.

Mungkin pertolongan Allah diberikan melalui perantara kita. Ketika kita enggan memberikan pertolongan pada golongan ini artinya kita menahan hak orang lain sehingga menghambat rasa syukur dan keyakinan seseorang terhadap pertolongan Allah. Kita tidak pernah tahu ketika kita menolong golongan ini ia bisa menebar kebaikan dan pertolongan kepada banyak orang lain sepanjang perjalanannya.

 

4. Cara Bersedekah kepada siapapun sesuai keutamaan waktu Ramadhan

Pernah ada pertanyaan, mengapa Rasulullah lebih giat lagi dalam bersedekah di bulan Ramadan? Pertama, karena kemuliaan waktunya. Di antara sebab dilipatgandakannya amal ibadah seseorang adalah karena kemuliaan waktu melaksanakannya.

Karena itu, dalam sebuah hadis riwayat Imam Turmudzi, ketika Rasulullah SAW ditanya,“Sedekah yang bagaimana yang paling utama?” Rasulullah SAW menjawab,“Sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadan.”

Sedekah Itu, Sederhana Membawa Berkah

Kedua, membantu orang-orang yang berpuasa untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Rasulullah SAW bersabda,“Barang siapa yang memberikan berbuka kepada orang yang sedang berpuasa, maka pahalanya sama dengan orang yang berpuasa itu, tanpa berkurang sedikit pun.”

Bayangkan, betapa banyaknya pahala mereka yang bersedekah pada bulan Ramadan kepada yang berpuasa. Di samping meraih pahala, juga apabila mereka mendoakan Anda, maka doanya akan dikabulkan.

puasa dan sedekah merupakan salah satu meraih surganya Allah. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bertanya,“Siapakah di antara kalian yang berpuasa hari ini?”

Abu Bakar menjawab,“Saya ya Rasulullah.”

Rasul kembali bertanya,“Siapa di antara kalian yang hari ini mengantar orang yang meninggal dunia?”

Abu Bakar kembali menjawab,“Saya ya Rasulullah.”

Rasulullah SAW bertanya lagi,“Siapa di antara kalian yang hari ini bersedekah?”

Abu Bakar menjawab,“Saya.”

Rasulullah bertanya kembali,“Siapa di antara kalian yang hari ini menjenguk orang sakit?”

Abu Bakar kembali menjawab,“Saya ya Rasulullah.”

Rasulullah SAW kemudian bersabda,“Siapa yang melakukan amalan di atas dalam satu hari, maka baginya surga.”

Demikianlah, sedekah dan puasa merupakan dua hal penting untuk meraih surga.

Penulis: Yudo Laksono


Kamu bisa melakukan sedekah makanan ini dengan berbagai cara. Salah satunya dengan sedekah online, yakni melalui platform kitabisa.com yang sangat mudah dan sederhana. Sesuai dengan makna sedekah itu sendiri. Kamu cukup mendaftarkan diri melalui halaman kitabisa.com. Kemudian, pilih menu ‘Donasi’ untuk memberikan sedekah kepada mereka yang membutuhkan.

Sekarang sedekah bisa dengan mudah kita lakukan secara online, melalaui website Kitaisa atau Aplikasi Kitabisa. Dengan Aplikasi Kitabisa, kamu bisa berbagi secara mudah dan cepat.

Atau tinggal klik gambar di bawah ini untuk sedekah:banner_donasi_sedekah

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons