4 Tips Cara Atur Keuangan Keluarga Setelah Punya Anak

Kehadiran buah hati pasti jadi hal yang membahagiakan bagi setiap pasangan suami istri. Bahkan, sebagai orang tua ingin selalu berikan yang terbaik buat tumbuh kembang anak mereka. Namun, masih banyak orang yang mengabaikan pentingnya atur keuangan keluarga.

Ada hal penting yang harus diperhatikan pasangan setelah mempunyai anak. Para orang tua harus mulai memikirkan persiapan masa depan mereka, misalnya biaya pendidikan, uang jajan, kebutuhan sehari-hari, hingga asuransi untuk anak.

Karena itu, sebagai orang tua kamu wajib tahu cara atur keuangan keluarga setelah punya anak demi kebaikan si buah hati. Hal yang perlu diperhatikan, persiapan keuangan ini bukan hanya saat masa melahirkan saja tapi secara keseluruhan.

Berikut tips atur keuangan keluarga setelah punya anak:

1. Buat skala prioritas, utamakan kebutuhan anak

Hal yang wajar sebagai orang tua mau berikan yang terbaik buat anak, tapi kamu perlu perhatikan dan fokus ke kebutuhan pokok anak dulu ya. Misalnya, ada baju lucu dan diskon, lalu kamu mau beli banyak baju buat anak.

Nah, buat kurangi hal impulsif seperti itu kamu bisa buat daftar kebutuhan anak yang mau dibeli. Karena, bisa aja barang yang kamu beli cuma keinginan kamu aja bukan kebutuhan si buah hati.

2. Sesuaikan anggaran kebutuhan dengan pemasukan

Selanjutnya, setelah buat prioritas kebutuhan anak kamu bisa mulai buat anggaran kebutuhan sesuai dengan pemasukan. Kamu bisa mulai dengan buat beberapa pos keuangan dengan tujuan tertentu, misalkan biaya kebutuhan pokok, cicilan kendaran, dana darurat, dan tabungan.

Usahakan pengeluaranmu tidak melebihi dari pos anggaran keuangan itu ya, agar kondisi keuanganmu tetap sehat. Untuk itu, kamu harus bijak buat bikin anggaran sesuai pendapatan dan kemampuanmu.

3. Mulai berhemat

Setelah kamu terapkan tips sebelumnya, kamu bisa mulai berhemat nih buat penuhi kebutuhan anak tapi tetap on budget. Kamu bisa siasati pengeluaranmu dengan pertimbangkan beli barang bekas layak pakai buat kebutuhan anak yang digunakan hanya sebentar, seperti stroller, carrier, atau baby seat car.

Selain itu, kamu bisa meminimalisir pengeluaran dengan menghemat listrik, bahan bakar kendaraan, kuota internet, atau bahkan untuk hobimu. Karena ingat, kamu punya tanggung jawab untuk membesarkan anak.

4. Mulai persiapkan masa depan keluarga

Terakhir, sebagai orang tua kamu harus mulai jaga-jaga dan mulai pertimbangkan untuk punya asuransi perlindungan jiwa. Perlindungan ini jadi hal penting setelah memiliki anak, karena kamu harus memastikan kelangsungan hidup mereka.

Kalau sudah punya perlindungan jiwa, kamu bisa lebih tenang jika suatu saat terjadi sesuatu sama kamu karena keluargamu sudah terlindungi, setidaknya untuk sementara waktu. Untuk pilih perlindungan jiwa, kamu bisa sesuaikan besaran manfaatnya dengan kebutuhan keluargamu agar sesuai dengan tujuanmu untuk melindungi mereka saat ditinggalkan.

Nah itu tadi tips mengatur keuangan setelah memiliki anak, memang bukan hal mudah ya buat merencanakan keuangan keluarga. Namun, kalau kamu udah persiapkan sedini mungkin, jadi ga perlu khawatirkan masa depan keluargamu.

Kamu bisa mulai rencanakan ikut perlindungan jiwa dengan Kitajaga, wadah tolong menolong dari Kitabisa untuk lindungi #OrangBaik. Kamu bisa gabung dengan kontribusi mulai Rp280 ribu per tahun dengan pilihan manfaat perlindungan hingga Rp1 Miliar. Yuk, klik gambar di bawah untuk tahu selengkapnya tentang Kitajaga!