Gaya Hidup

4 Tips Menggunakan THR Secara Bijak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Jelang hari raya lebaran atau Idul Fitri, semua orang sudah terbayang untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Bagi para perantau, mudik dan berkumpul dengan keluarga serta saudara menjadi kegiatan yang dinantikan. Berbagai persiapan diperlukan utnuk melakukan perjalanan ke kampung halaman.

Selain itu, kebahagiaan akan hadirnya hari raya juga ditambah dengan adanya Tunjangan Hari Raya atau THR. Selain menjadi uang tambahan, THR juga dapat digunakan sebagai bekal untuk merayakan hari raya. Oleh karena itu, THR merupakan salah satu hal yang juga ditunggu-tunggu oleh banyak orang ketika mendekati hari raya.

Setelah mendapatkan THR, semua orang mulai membayangkan barang-barang impian yang sudah lama diimpikan. Banyak orang yang bergegas untuk membelanjakan THR mereka untuk memenuhi kebutuhan hari raya seperti membeli baju, celana, dan segala hal yang baru. Tetapi, dengan pola pikir demikian, maka THR akan habis dalam waktu singkat dan penggunaan yang kurang bermanfaat.

Untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, berikut adalah cara bijak menghabiskan uang THR:
  1. Belanjakan Sesuai dengan Kebutuhan Hari Raya
    tips thr

    Meskipun memiliki nama Tunjangan Hari Raya, bukan berarti uang yang didapatkan hanya digunakan untuk keperluan hari raya. Kamu perlu memperhatikan keperluan-keperluan hari raya yang menurutmu paling penting. Tinggalkan pikiran untuk membeli barang yang berlebihan karena hal tersebut hanya akan membuang THR yang kamu dapatkan. Kamu tetap tidak boleh boros dan buat pemikiran yang bijak mengenai pengeluaran ini.

  2. Gunakan Sebagai Dana Mudik
    tips thr

    Tradisi mudik tidak bisa dipisahkan dengan momen lebaran setiap tahunnya. Bagi kamu yang ingin mudik saat lebaran tahun ini, sebaiknya sudah memiliki perencanaan jauh-jauh hari. Cobalah untuk melakukan perhitungan yang cermat, salah satunya dengan menggunakan sebagian dana THR.

  3. Sisihkan THR untuk Ditabung
    tips thr

    Meskipun diutamakan untuk membeli barang kebutuhan hari raya, kamu juga harus menyimpan sebagian uang THR yang didapatkan. Cobalah lakukan hal yang berbeda di lebaran tahun ini dengan menabung sebagian uang. Dengan begitu, pengeluaran THR dapat terkontrol dengan baik. Kedepannya, uang tabungan tersebut dapat digunakan sebagai dana darurat.

  4. Berbagi dengan Mereka yang Membutuhkan
    tips thr

    Setelah mendapatkan berkat THR, tidak ada salahnya jika kamu menyalurkan sebagian rezeki yang kamu dapatkan kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Dengan bersedekah kepada mereka, kamu akan merasakan kebahagiaan yang bermanfaat. Tak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat karena telah bersedekah.

 

Salah satu cara bisa kamu lakukan adalah dengan bersedekah secara online lewat Kitabisa. Melalui Kitabisa, kamu bisa bersedekah dengan cepat dan mudah. Gunakanlah THR kamu untuk kegiatan yang bermanfaat. Yuk, mulai bersedekah!

banner_donasi_sedekah

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons