5 Amalan Sedekah Subuh Rasulullah SAW yang Harus Diteladani

Rasulullah SAW senantiasa memberikan teladan yang baik dalam segala hal, termasuk ibadah kepada Allah SWT. Salah satu bentuk ibadah Rasulullah SAW, yaitu amalan sedekah subuh. Umat Islam dianjurkan mengikuti amalan tersebut agar mendapatkan keberkahan dunia dan akhirat.

Sedekah subuh juga memiliki beberapa keutamaan, yaitu melapangkan rezeki, membuka pintu ampunan, dan menyembuhkan penyakit. Selain itu, dengan sedekah subuh, kamu bisa membantu meringankan beban orang lain.

Lalu, apa saja bentuk amalan untuk sedekah subuh yang dilakukan Rasulullah SAW? Berikut ini pembahasannya.

Baca Alquran

Salah satu kebiasaan Rasulullah SAW usai salat subuh adalah membaca Alquran. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari melalui jalur Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda bahwa malaikat malam dan siang berkumpul saat subuh.

Karena itu, Rasulullah SAW mengharapkan umatnya memanjangkan bacaan Alquran setiap salat. Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan umatnya untuk membaca tiga surat usai salat subuh, yakni Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan An-Nas. Jika surat tersebut dibaca tiga kali, niscaya Allah SWT akan melapangkan rezeki yang mengamalkannya.

Jawab Azan dari Muazin

Menjawab azan dari muazin memiliki beberapa keutamaan. Pertama, kamu akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT ketika mengucapkan “laa illaha ilallah”. Selain itu, Allah SWT akan mengabulkan doa setiap orang yang mendengarkan dan menjawab azan sampai selesai.

Selalu Laksanakan Salat Sunah Qabliyah

Salat sunah qobliyah dilaksanakan sebanyak dua rakaat sebelum salat subuh. Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan salat sunah tersebut karena memiliki banyak keutamaan. Salah satunya, salat sunah qobliyah mempunyai nilai kebaikan yang lebih besar daripada dunia dan seisinya.

Tidak hanya itu, dengan melaksanakan salat sunah qobliyah, seorang muslim mendapatkan jaminan surga. Salat sunah qobliyah juga dapat menutupi kekurangan salat wajib yang biasanya kurang sempurna dari beberapa sisi.

Jangan Tinggalkan Salat Witir

Salat witir merupakan ibadah sunah yang dilaksanakan sebelum masuk waktu subuh. Biasanya, salat ini dijalankan usai isya atau tahajud di sepertiga malam akhir. Jumlah rakaat salat witir harus ganjil, yakni mulai dari 1, 3, 5, sampai 11.

Rasulullah SAW selalu melaksanakan witir sebelum masuk waktu subuh atau sepertiga malam akhir. Jika bisa meniru kebiasaan Rasulullah SAW, kamu akan mendapatkan banyak keutamaan salat witir. Salah satu keutamaannya adalah doa lebih cepat terkabul.

Amalkan Ayat Kursi Usai Salat Fardhu

Ayat kursi merupakan potongan ayat ke-255 dari surat Al-Baqarah. Kamu bisa membaca ayat kursi kapan pun untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT. Namun, hanya ada tiga waktu utama yang dianjurkan membaca ayat kursi. Waktu tersebut, yaitu setelah salat fardu, sebelum tidur, serta setiap pagi dan petang.

Kamu akan mendapatkan lebih banyak keutamaan jika mengamalkan ayat kursi sebanyak 18 kali. Salah satu keutamaannya, yaitu dimudahkan urusan dan rezekinya. Selain itu, orang yang mengamalkan ayat kursi juga dinaikkan kedudukannya oleh Allah SWT.

Waktu paling utama untuk mengamalkan ayat kursi tersebut, yakni usai salat subuh. Pasalnya, saat subuh, ada dua malaikat turun ke bumi turut mengaminkan doa setiap manusia yang sedang beribadah.

Selain kelima amalan subuh di atas, kamu juga bisa sedekah dengan memberikan makanan ke orang-orang yang membutuhkan. Mulailah dari kerabat terdekat kamu, tetangga, hingga teman.

Sedekah subuh juga dapat dilakukan dengan mentransfer donasi ke rekening orang yang membutuhkan. Salah satu cara donasi yang tepat, yakni melalui aplikasi Kitabisa. 

Aplikasi Kitabisa memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin memberikan donasi mulai dari Rp1.000 saja. Aplikasi fundraising ini juga menyediakan fitur perhitungan zakat, pengingat dan catatan donasi, serta galang dana.
Demikian ulasan singkat seputar amalan sedekah subuh yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW. Dengan meneledani Rasulullah SAW, masa depan kamu lebih cerah dan terarah. Selain itu, kamu akan mendapatkan rezeki berlimpah dari Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *