5 Cara Sedekah Subuh untuk Segala Hajat

Hajat merupakan keinginan atau cita-cita yang ingin dicapai oleh seseorang dalam hidupnya. Untuk mencapai hajat tersebut, setiap orang menggunakan cara berbeda. Sebagian berusaha meraihnya dengan berdoa, sedangkan lainnya melakukan amalan sebagai tangga tercepat menuju rida Allah. 

Salah satu amalan yang bisa dilakukan agar hajat cepat terkabul, yakni bersedekah subuh. Makna sedekah subuh adalah memberikan sebagian harta maupun benda untuk fakir miskin ataupun kaum duafa sebelum terbit matahari.

Lalu, bagaimana cara sedekah subuh untuk segala hajat? Berikut ini pembahasannya.

Baca Surat Al-Waqiah Usai Salat Subuh

Cara Sedekah Subuh
Sumber : Detik

Al-Waqiah merupakan bagian Alquran yang diturunkan di Mekkah, kecuali empat ayat terakhir dari surah tersebut (pendapat al-Kilaby). Salah satu keutamaan Al-Waqiah, yaitu berisi tentang cara memperoleh keberkahan dan kekayaan. Karena itu, banyak ulama menganjurkan untuk membaca surah tersebut secara rutin.

Waktu terbaik untuk membaca Al-Waqiah, yakni usai salat subuh. Sebagian ulama menganjurkan umat Islam membaca surah tersebut tiga kali setelah salat isya dan subuh. Dengan demikian, seorang hamba dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Saat dekat itulah, permintaan seorang hamba lekas dikabulkan oleh Sang Pencipta.

Berikan Makanan ke Tetangga

Cara Sedekah Subuh
Sumber : Detik

Makanan merupakan salah satu bentuk kebutuhan dasar manusia untuk bertahan hidup. Ketika makanan terpenuhi, manusia bisa berpikir dan terus bekerja. Sebaliknya, saat kebutuhan tersebut terhambat, segala sesuatu yang dilakukan pasti tidak optimal. Sementara itu, kamu tidak pernah tahu, kondisi sebenarnya orang-orang di sekitarmu.

Jadi, bagi kamu yang memiliki kemampuan untuk menyediakan banyak makanan, sebaiknya sisihkan setiap pagi. Berikan makanan tersebut ke tetangga sekitar, panti asuhan, atau pondok pesantren. Jika tidak ada tempat-tempat tersebut, letakkan makanan di atas meja depan rumah. Kemudian, tuliskan “gratis” agar orang-orang yang membutuhkan mau mengambilnya.

Isi Kotak Amal di Masjid

Cara Sedekah Subuh
Sumber : Umma

Apakah kamu sering salat subuh berjemaah di masjid? Jika sering, cobalah tengok di samping atau depan masjid, biasanya ada kotak amal. Ketika pergi ke masjid, jangan lupa membawa uang receh untuk mengisi kota tersebut. Jumlahnya sedikit tidak apa, asalkan kamu memberikannya dengan tulus.

Bagi kaum wanita yang lebih memilih salat di rumah, sedekahnya bisa dititipkan melalui ayah ataupun suami. Meskipun tidak memasukkan secara langsung ke kotak amal, kamu tetap kebagian berkahnya. Hal itu karena semua perbuatan dinilai Allah SWT dari niat awalnya.

Antar Sumbangan Tepat di Waktu Subuh

Cara Sedekah Subuh
Sumber : Republika

Bentuk sumbangan bermacam-macam, misalnya berupa uang, pakaian, atau bahan makanan. Kamu bisa menyumbangkannya kepada panti asuhan, rumah yatim, maupun panti jompo. Selain itu,  sumbangan juga dapat disalurkan untuk korban bencana alam maupun kaum duafa.

Santuni Fakir Miskin

Cara Sedekah Subuh
Sumber : Sinar Pidie

Fakir miskin merupakan golongan orang yang belum mampu mencukupi setengah dari kebutuhan dasar hidup dan tanggungannya. Seseorang juga bisa dikategorikan sebagai fakir jika memiliki penghasilan lebih kecil daripada kebutuhan dasarnya. Kendati demikian, fakir miskin tidak boleh dilukai perasaannya dan harus disantuni.

Kamu bisa menyantuni fakir miskin dengan memberikan zakat sesuai ketentuan dalam Islam. Selain itu, santunan pun dapat berupa sedekah, misalnya menyumbangkan sembako dan mentransfer sejumlah uang.

Agar santunan tersebut sampai kepada orang yang tepat, sebaiknya kamu berikan sendiri. Kalau tidak sempat memberikan langsung, transferkan sejumlah uang melalui platform fundraising tepercaya. Biasanya, platform ini memiliki rekening bersama yang menampung donasi sebelum diberikan kepada penerima.

Aplikasi Kitabisa merupakan salah satu platform fundraising tepercaya yang menyalurkan donasi secara online. Melalui aplikasi ini, kamu bisa bersedekah mulai dari Rp1.000. Selain itu, kamu dapat memilih sendiri calon penerima sedekah yang ditampilkan di beranda aplikasi.

Aplikasi Kitabisa juga menawarkan fitur kalkulator zakat untuk memudahkan pengguna dalam menghitung kewajibannya. Kamu yang ingin membantu lebih banyak orang pun bisa memanfaatkan fitur galang dana. Pada fitur ini, pengguna harus membuat campaign untuk menarik donatur. 

Itulah beberapa cara sedekah subuh untuk segala hajat yang mudah dilakukan secara rutin. Kalau ingin lebih praktis, yuk, unduh aplikasi Kitabisa dan transfer donasinya segera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *