5 Contoh Sedekah Subuh di Rumah

Salah satu ibadah yang menurut banyak orang mudah dilakukan tetapi tidak semua bisa melakukannya adalah sedekah. Bagaimana tidak, dalam sedekah ada aktivitas memberi sesuatu ke orang lain secara ikhlas. Diakui atau tidak, belum tentu setiap orang mampu ikhlas saat harus memberikan sebagian harta atau barang milik mereka ke orang lain.

Inilah mengapa sedekah dianggap sebagai salah satu ibadah yang istimewa. Hukum dasar sedekah sendiri adalah sunah. Artinya, jika sedekah tidak dilakukan kita tidak mendapat dosa dan ketika dilakukan kita mendapat pahala. Sedekah ada banyak jenisnya, sedekah subuh contohnya. Menurut Syekh Ali Jaber, sedekah subuh termasuk salah satu yang utama.

Mengenal Sedekah Subuh

Pada dasarnya, tidak ada waktu khusus untuk bersedekah. Sedekah bisa dilakukan kapan dan di mana saja selama kita mampu. Hal yang membuat sedekah subuh utama dan “istimewa” adalah, sedekah ini dilakukan di waktu ketika kebanyakan orang sedang tidur lelap.

Seperti yang dikutip dalam salah satu riwayat, bahwa pada waktu subuh Allah menurunkan kedua malaikat ke bumi untuk memberikan rezeki. Ketika turun, malaikat tersebut akan mendoakan setiap orang yang berbuat baik termasuk bersedekah (HR. Bukhari Muslim).

Inilah mengapa sedekah subuh sangat disarankan, karena selain mendapat ganjaran pahala, yang melakukan juga akan mendapat keberkahan rezeki serta hidup, wallahu a’lam bis shawwab. Lalu, bagaimana caranya melakukan sedekah subuh?

Contoh Sedekah Subuh di Rumah

Sedekah subuh bukanlah kegiatan yang sulit dilakukan, kamu bisa  bersedekah dari mana saja termasuk di rumah. Sedekah subuh contohnya,

1. Sedekah Rutin di Kaleng

Apabila kesulitan keluar rumah atau ke masjid saat subuh, kamu bisa bersedekah dengan cara menyisihkan sebagian uang dan memasukkannya ke kaleng khusus setiap pagi. Jika isi kaleng dirasa cukup, setiap beberapa minggu kamu bisa menyalurkan isinya ke orang-orang yang membutuhkan.

Kamu bisa memasukkan ke kotak amal di masjid, memberikan langsung kepada fakir miskin, atau memakainya untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan anak yatim di panti asuhan. Selain mudah dilakukan, cara sederhana ini juga akan membuat kita lebih ikhlas karena nominal yang disisihkan setiap hari sesuai keinginan.

2. Tranfer atau Memanfaatkan Aplikasi Sedekah

Apabila kamu termasuk orang praktis dan kerap memanfaatkan teknologi, sedekah subuh juga bisa loh dilakukan dengan menggunakan gadget. Kamu bisa melakukan sedekah subuh dengan cara transfer online atau memasang aplikasi sedekah di smartphone.

Cara tersebut tidak hanya mudah tetapi juga praktis. Tanpa harus keluar rumah, kamu sudah bisa bersedekah subuh dan memiliki kesempatan mendapatkan keutamaannya. Sebagai informasi, kamu bisa meng-install aplikasi KitaBisa di smartphone. Tidak hanya mudah dioperasikan, aplikasi ini juga cukup aman.

Sedekah yang kita sampaikan akan benar-benar disalurkan ke pihak yang membutuhkan, seperti pesantren, panti asuhan, fakir miskin, anak yatim, dan orang-orang yang dirasa membutuhkan sedekah kita. Jadi bisa dipastikan, sedekah yang dilakukan melalui aplikasi KitaBisa tidak akan menumpuk dan sia-sia.

3. Memberi Makan Fakir dan Miskin di Sekitar Rumah

Apabila kamu merasa uang yang dimiliki tidak cukup untuk bersedekah, jangan khawatir. Sedekah subuh juga bisa dilakukan dalam bentuk lain seperti memberi makan fakir dan miskin di sekitar rumah. Kamu juga tidak perlu menyiapkan banyak makanan, cukup 2 atau 3 bungkus saja, sedekah yang kamu lakukan akan sangat membantu orang-orang di sekitar yang benar-benar membutuhkan.

4. Menyiapkan Makanan dan Minuman Gratis di Depan Rumah

Selain menyediakan makanan untuk fakir dan miskin, kamu juga bisa menyiapkan makanan dan minuman gratis di depan rumah setiap pagi. Orang yang membutuhkan pasti akan mengambil makanan dan minuman tersebut sehingga tanpa perlu keluar rumah, kamu sudah bisa bersedekah subuh. 

5. Tersenyum

Terakhir tersenyum. Ya, senyum juga merupakan salah satu bentuk sedekah yang kelihatannya mudah tetapi tidak semua orang bisa melakukannya setiap hari. Sedekah subuh dalam bentuk senyum bisa kamu berikan kepada keluarga di rumah, tetangga kanan kiri, atau orang-orang yang ditemui ketika berangkat dan pulang dari masjid. Sangat mudah bukan?Itulah ulasan tentang arti, keutamaan, dan sedekah subuh contohnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *