5 Golongan Orang yang Boleh Menerima Sedekah Pagi

Sedekah pagi merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim secara rutin. Jika salat adalah ibadah vertikal, maka sedekah termasuk ibadah vertikal dan horizontal. Artinya, melalui ibadah ini kamu bisa mendekatkan diri kepada Allah Swt sekaligus membantu sesama muslim. Berbeda dengan salat, sedekah dapat dilakukan tanpa batasan waktu, tempat, maupun jumlah. Sekecil apa pun sedekah yang kamu keluarkan di jalan Allah Swt, malaikat akan mencatatnya sebagai amal saleh.

Kendati demikian, alangkah baiknya apabila kamu bersedekah di waktu terbaik. Salah satunya sebelum matahari terbit di ufuk timur. Sebagaimana yang disampaikan oleh mendiang Syekh Ali Jaber bahwa di waktu subuh, malaikat turun ke bumi untuk mendoakan orang yang bersedekah di jalan Allah Swt. Sedekah di waktu subuh juga dapat menghapus dosa dan mempermudah terkabulnya hajat.

Siapa Saja yang Berhak Menerima Sedekah Pagi? 

Umumnya, sedekah diberikan kepada orang yang membutuhkan bantuan. Namun, tahukah kamu bahwa terdapat sejumlah golongan yang berhak menerima sedekah subuh? Adapun golongan tersebut, antara lain:

Keluarga Inti 

Tak banyak yang tahu bahwa sedekah subuh paling utama diberikan kepada keluarga, baik itu orang tua, pasangan, maupun anak. Kamu juga bisa meraih pahala ketika membantu keluarga yang tengah kesulitan. Misalnya, saat ibumu kekurangan uang untuk membeli bahan pokok atau adikmu ingin membeli sepatu baru. Memberikan sebagian uang yang kamu miliki tidak hanya membantu, melainkan juga dapat merekatkan ikatan kekeluargaan.  

Selain itu, seorang suami yang memberikan nafkah kepada istri disertai niat ibadah dapat diganjar dengan pahala sedekah. Seorang istri yang memiliki penghasilan sendiri, bisa mendapatkan pahala sedekah ketika memberikan uangnya kepada keluarga. Mengingat banyaknya manfaat sedekah di pagi hari, mulailah untuk mengamalkannya secara rutin. 

Saudara atau Kerabat 

Sedekah subuh juga dapat diberikan kepada saudara atau kerabat, yakni orang yang terikat pertalian keluarga. Ketika kamu memberikan sedekah kepada saudara atau kerabat, kamu akan mendapatkan dua kebaikan. Pertama, kamu akan diganjar pahala bersedekah. Kedua, kamu akan diganjar pahala menjaga silaturahmi. Apabila saudara atau kerabat yang kamu bantu merupakan anak yatim, pahala yang kamu dapatkan akan terus mengalir. 

Tetangga 

Sebagai muslim, kamu diperintahkan untuk berbuat baik kepada siapa pun, termasuk tetangga. Ketika tetangga mendapatkan musibah atau membutuhkan pertolongan, kamu bisa membantunya dengan memberikan sedekah pagi. Bersedekah kepada tetangga merupakan amal saleh yang disukai oleh Allah Swt. Kamu akan mendapatkan ganjaran berupa pahala, dijauhkan dari bahaya, dan rezeki tak terduga. 

Masjid 

Sedekah di pagi hari bisa kamu lakukan di masjid selepas melaksanakan salat subuh. Umumnya, setiap masjid menyediakan kotak amal untuk anak yatim maupun pemeliharaan masjid. Rutin bersedekah subuh di masjid dapat membentuk kamu menjadi orang yang peduli terhadap sesama dan berhati lembut. Kamu juga akan mendapatkan pahala dan diampuni dari dosa. 

Lembaga Sosial 

Selain masjid, kamu bisa menyalurkan sedekah subuh ke lembaga sosial. Mulailah dengan mengumpulkan uang sedekah subuh terlebih dahulu. Kamu bisa membuat kotak khusus sebagai celengan sedekah subuh dengan target satu bulan atau lebih kemudian mendatangi lembaga sosial. Melalui lembaga ini, seluruh sedekah yang terkumpul dibagikan secara tepat sasaran, yakni kepada orang yang berhak dan membutuhkan uluran tangan. Untuk memudahkan kamu bersedekah, Kitabisa sebagai platform donasi dan galang dana tepercaya menghadirkan aplikasi KitaBisa. Aplikasi Kitabisa dapat kamu unduh gratis melalui Google Play Store. Lakukan instalasi dan proses pendaftaran supaya kamu bisa bersedekah setiap pagi tanpa repot. Berkat aplikasi Kitabisa, sedekah pagi menjadi lebih praktis dan penyalurannya pun tepat sasaran. Kini, kamu bisa bersedekah mulai Rp1.000,00 saja. Tunggu apa lagi? Yuk, berbagi melalui aplikasi Kitabisa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *