Qurban

5 Jenis Sapi Qurban dan Harganya di Indonesia

Sudah tahu apa saja jenis sapi Qurban di Indonesia yang paling dicari? Memastikan kualitas sapi qurban dalam keadaan baik sesuai syariat Islam adalah sebuah keharusan dalam menentukan hewan qurban. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sapi untuk qurban, diantaranya adalah terkait usia, bobot, postur, kesehatan, dan jenis sapi.

Yuk, baca ulasan jenis-jenis sapi Qurban dan harganya di Indonesia!

Jenis-jenis Sapi Qurban di Indonesia

jenis sapi qurban

Tahukah kamu ada beberapa jenis sapi dengan memiliki kualitas prima yang sering menjadi pilihan ketika Hari Raya Idul Adha?  Berikut ulasan jenis sapi yang bisa kamu jadikan referensi ketika hendak berqurban.

  1. Sapi Limousin

    Salah satu jenis sapi dengan hasil karkas tinggi adalah Sapi Limousin. Sapi Limousin ini terkenal karena kualitas dagingnya yang empuk dan relatif rendah lemak. Sapi yang berasal dari Prancis ini merupakan jenis Taurus dan sudah ada sejak 16.000 hingga 13.000 tahun silam. Ciri utamanya yaitu memiliki tubuh dengan warna krem, merah bata, dan terkadang hitam. Pada bagian tertentu seperti lutut bagian bawah dan area sekitar mata biasanya memiliki warna yang cenderung lebih terang.

    Postur tubuh sapi ini cocok sebagai sapi qurban 2020 karena memiliki badan yang besar, panjang, padat, dan juga kompak. Untuk ukuran sapi jantan dewasa siap qurban, tingginya bisa mencapai 160 cm dengan bobot tubuh tubuh mencapai 1,1 ton. Kelebihan lainnya dari Sapi Limousin adalah pertumbuhan yang relatif cepat jika dibandingkan dengan spesies sapi lainnya. Selama proses penggemukan, sapi jenis ini bisa bertambah bobot antara 1,0 kg hingga 1,4 kg setiap harinya.

    Harga Sapi Limaosin di Indonesia berkisar Rp 20.000.000 – 30.000.000 tergantung beratnya.

  2. Sapi Ongole

    Jenis sapi Ongole merupakan sapi jenis Zebu yang berasal dari India. Sapi ini memiliki ciri utama memiliki warna kulit putih, terkadang juga berwarna merah terang. Pada bagian mata mata dan kipas ekor memiliki rambut dengan warna gelap atau hitam. Warna kehitaman lainnya juga bisa ditemukan di bagian pantat, lutut, punuk, leher, kepala, hingga gelambirnya.

    Secara bentuk, sapi ongole ini diwarisi punuk yang besar dan gelambir yang besar serta berlipat ke pusar. Sapi ini juga memiliki preputium yang cenderung menggantung dengan kulit yang relatif longgar. Sapi ongole terlahir dengan bentuk kepala panjang dengan profil muka yang melengkung ke depan. Tanduk yang ada di atas kepalanya juga pendek hingga cenderung bungkul. Telinga yang ada di sapi ongole berbentuk panjang dan agak menggantung. Ciri lainnya adalah leher pendek dengan punggung melengkung ke bawah lalu ke atas di bagian belakang sapi.

    Tidak berbeda jauh dari sapi limousin, tinggi sapi ongole jantan dewasa juga bisa mencapai 140 cm hingga 160 cm dengan bobot tubuh antara 400 kg hingga 600 kg. Tak heran jika banyak yang memilih sapi ini untuk ritual potong sapi qurban. Sayangnya, sapi ini memiliki tingkat pertumbuhan dan pertambahan bobot relatif lambat.

    Harga sapi Ongole di Indonesia Rp 17.000.000 – 20.000.000 tergantung beratnya. Namun untuk jenis tertentu bisa mencapai Rp 45.000.000

  3. Sapi Simmental

    Sapi jenis Taurus yang berasal dari Swiss bagian barat ini memiliki ciri utama yaitu variasi warna kulitnya. Warna kulit sapi jenis ini ada yang krem, merah bata, hingga emas belang putih. Bagian tubuh tertentu seperti perut, muka, brisket, ujung ekor, dan bagian lutut ke bawah memiliki warna terang atau cenderung putih. Sapi ini memiliki postur tubuh yang kekar berotot dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi.Seekor sapi simmental jantan dewasa siap qurban bisa mencapai tinggi badan 170 cm dengan bobot mencapai 1,2 ton. Tak heran jika jenis sapi ini banyak dipilih untuk ibadah sembelih sapi qurban.

    Harga sapi Simmental di Indonesia mulai dari Rp 22.000.000 untuk jenis dengan berat teringan.

  4. Sapi Bali

    Seperti namanya, sapi ini berasal dari salah satu daerah terkenal di Indonesia, yaitu Bali. Sapi bali memiliki kulit dengan warna keemasan jan juga hitam. Sedangkan di bagian tertentu seperti lutut sampai kaki memiliki warna lebih terang atau putih.

    Harga Sapi Bali dipasaran dimulai pada angka Rp 17.000.000 untuk berat 250 KG dan akan lebih mahal untuk jenis yang lebih berat.

  5. Sapi Madura

    Sapi madura memiliki ciri khas tubuh yang kecil dengan kaki pendek yang kuat. Mayoritas bagian tubuhnya berwarna merah bata cenderung kekuningan. Sedangkan di bagian tertentu seperti paha dan perut memiliki warna lebih terang atau putih.

    Harga Sapi Madura tergolong murah dibanding yang lainnya, yaitu Rp 12.000.000 – 21.000.000

Setelah mengenal jenis sapi qurban yang populer di Indonesia, tentunya kamu sudah bisa menjatuhkan pilihan, kan? Harga sapi Qurban yang tercantum di artikel ini hanyalah sebagai gambaran dan dapat berbeda di setiap daerahnya ya.

Jika kamu ingin berqurban dengan cara yang mudah dan efisien, kamu bisa qurban di Kitabisa. Dengan Kitabisa, qurban kamu dapat sampai ke daerah-daerah lain yang lebih membutuhkan dan terdistribusikan dengan baik. 


qurban online

Comments are closed.