5 Kelompok Orang yang Berhak Menerima Sedekah Subuh Terlebih Dulu

Sedekah subuh jadi salah satu amalan yang memberi banyak hikmah dan manfaat bagi umat Islam, apalagi kalau pemberiannya ditujukan kepada penerima sedekah subuh yang tepat. Berkat penyerahan sedekah kepada golongan yang tepat, kamu akan memperoleh pahala berlipat ganda. 

Lalu, siapa saja yang termasuk dalam kategori orang yang berhak menerima sedekah subuh lebih utama? Ada lima golongan orang yang perlu kamu kedepankan ketika ingin bersedekah, yaitu: 

1. Diri Sendiri

Orang pertama yang perlu memperoleh sedekah adalah diri kamu sendiri. Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Ahmad dan Muslim bersabda, “Jika salah seorang di antara kamu miskin, hendaklah dimulai dengan dirinya.” Dalam hadits lain, Rasulullah mengatakan kalau setiap makanan kamu makan, merupakan salah satu bentuk sedekah untuk diri sendiri. 

Dengan pertimbangan seperti itu, kamu perlu memperhatikan kondisi diri sendiri sebelum bersedekah kepada orang lain. Usahakan bahwa kamu mampu mencukupi kebutuhan diri sendiri sehingga memiliki kemampuan untuk beribadah kepada Allah SWT. 

2. Keluarga

Kelompok selanjutnya yang perlu kamu utamakan sebagai orang yang berhak menerima sedekah subuh adalah keluarga. Bahkan, sedekah kepada keluarga termasuk bagian dari nafkah yang wajib kamu penuhi. Kamu perlu tahu bahwa pemberian nafkah kepada orang tua, anak, atau istri merupakan bagian dari sedekah. 

Sedekah subuh dalam bentuk nafkah keluarga, tidak hanya menjadi salah satu bentuk kewajiban. Memilih keluarga sebagai penerima sedekah subuh bakal membuat kamu memperoleh pahala besar. Bahkan, Allah menjamin harta yang kamu miliki barokah serta akan memberikan gantinya dengan rizki lebih besar. 

3. Kerabat

Ketika kamu sudah memenuhi kebutuhan diri sendiri ataupun keluarga dan ternyata masih ada kelebihan harta, berikanlah kepada kerabat. Rasulullah menyarankan kepada setiap muslim untuk memberikan sedekah kepada orang-orang yang memiliki hubungan kekeluargaan. Sedekah kepada kerabat, tidak hanya bernilai pahala sedekah, tetapi juga pahala silaturahim. 

Sedekah kepada kerabat memang jadi sarana tepat untuk menjalin silaturahim yang terputus. Oleh karena itu, Rasulullah bersabda: “Sedekah yang paling utama ialah sedekah kepada kaum kerabat yang memendam rasa permusuhan.” (HR Tabhrani) 

4. Tetangga

Kalau kamu sudah melakukan sedekah kepada kerabat, kelompok orang yang perlu kamu beri sedekah adalah para tetangga. Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada setiap muslim untuk selalu menghormati tetangga. Bentuk penghormatan yang dapat kamu lakukan adalah lewat sedekah subuh

Kamu dapat melakukan sedekah subuh dan menjadikan tetangga sebagai penerima sedekah subuh dengan mudah. Salah satu contohnya adalah dengan berbagi makanan. Hal inilah yang diungkapkan oleh Rasulullah SAW dalam hadits yang berbunyi, “Jika engkau memasak, perbanyaklah kuahnya, lalu perhatikan tetangga sekitarmu dan berilah mereka dengan cara yang baik.” 

Hadits tersebut mengisyaratkan kepada setiap muslim untuk tidak kikir kepada tetangga. Di waktu bersamaan, kamu juga tidak perlu berlebih-lebihan ketika ingin berbagi kepada tetangga. Cukup dengan menggunakan apa yang dimiliki. 

5. Orang yang Membutuhkan

Kelompok terakhir yang bisa kamu pilih sebagai penerima sedekah subuh adalah orang-orang yang membutuhkan bantuan. Mereka yang termasuk dalam kategori ini sangat banyak—bisa berasal dari berbagai latar belakang, termasuk di antaranya adalah fakir miskin, anak yatim, musafir, dan lain sebagainya. 

Demikianlah lima urutan orang-orang yang berhak menerima sedekah subuh. Hal yang perlu kamu catat, sedekah tidak harus menunggu kaya. Kamu bisa melakukan sedekah subuh dalam berbagai bentuk. Bahkan, dengan uang yang sedikit sekalipun. 

Terlebih lagi, saat ini ada solusi cara melakukan sedekah subuh dengan gampang dan praktis lewat Aplikasi Kitabisa. Di sini, kamu bisa bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan dari berbagai penjuru negeri dengan mudah. Tidak hanya itu, sedekah menggunakan Aplikasi Kitabisa dapat kamu lakukan dengan nominal sesuai kemampuan. Apalagi, Kitabisa menyediakan pilihan bersedekah mulai dari Rp1.000. Jadi, tidak ada alasan bagi kamu untuk malas bersedekah subuh. Yuk, download Aplikasi Kitabisa dan mulai berbagi dengan sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *