5 Manfaat Sedekah Subuh 40 Hari

Bagi seorang Muslim, bangun sebelum matahari terbit itu memiliki banyak makna dan keutamaan. Selain untuk menunaikan ibadah salat tahajud dan salat Subuh, ada ibadah lain yang juga bisa kamu laksanakan yakni sedekah subuh 40 hari. Sedekah subuh 40 hari ini belakangan menjadi tren yang semakin banyak dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia.

Selain bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk berbagi, sedekah Subuh 40 hari ternyata bisa mendatangkan banyak manfaat. Apa saja?

1. Didoakan oleh Malaikat

Anjuran sedekah Subuh sendiri bersumber dari sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Dalam hadis tersebut disebutkan bahwa pada waktu Subuh, Allah akan menurunkan dua malaikat. Salah satu malaikat akan mendoakan kebaikan dan rezeki bagi orang-orang yang mengeluarkan hartanya (untuk sedekah di waktu Subuh) dan satu malaikat lagi akan mendoakan kesulitan bagi mereka yang kikir dan enggan menyisihkan hartanya di jalan Allah.

Dari hadis ini kita bisa mengetahui bahwa Allah menyukai mereka yang menafkahkn hartanya dalam bentu sedekah Subuh. Karena itulah malaikat akan mendoakan kebaikan bagi kita.

2. Dikabulkan Permintaan

Meskipun pada dasarnya sedekah adalah amalan yang tanpa pamrih, namun menyampaikan hajat dan doa lewat sedekah Subuh tentu tidak ada salahnya. Seperti halnya berdoa, niatkan sedekah Subuh yang kamu berikan untuk kemudahan segala urusanmu. 

Hal ini tertuang dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad. Dalam hadis tersebut, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang ingin doanya dikabulkan (Oleh Allah) dan dilepaskan dari kesulitan, hendaknya dia membantu orang untuk mengatasi kesulitannya.” Dengan sedekahmu, kamu bisa membantu orang lain yang berada dalam kesulitan. Dengan cara ini, mudah-mudahan apa yang menjadi hajatmu akan segera terwujud.

3. Menggugurkan Dosa

Tidak hanya itu, keutamaan sedekah, termasuk manfaat sedekah Subuh 40 hari adalah gugurnya dosa-dosamu. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi disebutkan bahwa, “Sedekah itu bisa menggugurkan dosa-dosa seperti air yang memadamkan bara api.”

Kita tidak pernah tahu sebanyak apa dosa yang sudah kita perbuat. Namun dengan melakukan sedekah Subuh secara rutin, setidaknya bisa membantu kita meringankan dosa-dosa tersebut.

4. Harta Menjadi Lebih Berkah

Banyak orang yang merasa takut berbagi karena khawatir dirinya dan keluarganya akan kekurangan. Padahal Rasulullah sendiri sudah menyebutkan dalam hadisnya yang diriwayatkan oleh Muslim. “Tidak akan berkurang harta seseorang karena bersedekah.”

Allah bahkan menjanjikan bahwa untuk setiap harta yang kita belanjakan di jalan-Nya (termasuk untuk zakat, infak dan sedekah), akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda. Sedekah yang tulus akan digantikan Allah dengan sesuatu yang lebih baik. Tidak harus berupa uang atau harta, tapi juga kemudahan urusan hingga kesehatan serta keselamatan seluruh anggota keluarga.

5. Dekat ke Pintu Surga dan Jauh dari Neraka

Setiap Muslim pasti berharap bisa menjadi penghuni surga dan dijauhkan dari api neraka. Ini adalah salah satu manfaat sedekah Subuh 40 hari yang bisa kamu peroleh. Rasulullah SAW menjelaskan hal ini dalam beberapa hadisnya.

“Siapa saja yang membelanjakan hartanya di jalan Allah, maka namanya akan disebut dari salah satu pintu surga, ‘Wajah hamba Allah, datanglah ke sini dan rasakanlah kenikmatan (sebagai balasan atas amal sedekah).”

“Jauhilah api neraka meski hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Kalau kamu tidak memilikinya, bersedekahlah dengan kalimat yang baik.” Kedua hadis tersebut diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Itulah beberapa manfaat sedekah Subuh 40 hari yang bisa kamu dapatkan. Agar sedekahmu semakin mudah dan kamu tidak lupa melakukannya, kamu bisa menggunakan aplikasi Kitabisa. Dengan fitur pengingat, aplikasi Kitabisa akan mengingatkan kamu jadwal donasi atau sedekah setiap harinya. Unduh sekarang dan bergabunglah dengan ribuan Orang Baik lainnya dalam gerakan sedekah Subuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *