Ramadhan

5 Menu Buka Puasa yang Sederhana dan Praktis

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan yang penuh kemuliaan ini umat muslim menjalankan ibadah puasa wajib dimana kita diharuskan untuk menahan diri dari aktivitas diri seperti makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Momen berbuka puasa pun menjadi saat saat yang sangat ditunggu bagi yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini. Suara adzab Maghrib yang berkumandang menjadi sebuah tanda yang mengakhiri puasa kita pada hari tersebut.

Rasulullah saw bersabda:

“Orang yang puasa mendapatkan dua kebahagiaan, bahagia saat berbuka, dan bahagia saat bertemu dengan Robb-nya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Kurma dan Air Sebagai Menu Buka Puasa

5 Menu Buka Puasa yang Sederhana dan Praktis

Kita senantiasa dianjurkan untuk berbuka seperti Rasulullah saw. Dalam hal ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menganjurkan umat muslim untuk berbuka dengan buah kurma. Bila tidak ada buah kurma yang didapat bisa digantikan dengan satu tegukan air. dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukan air. (HR. Ahmad, Abdu Dawud, Ibnu Khuzaimah)

Kurma dan air dipilih Rasulullah saw karena banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Manfaat yang pertama adalah kurma dapat menyehatkan pencernaan. Kurma merupakan salah satu makanan yang tinggi serat dan dapat membantu proses pencernaan selama puasa. Kurma juga mengandung kalium, magnesium, dan vitamin B yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

 

Pentingnya Segera Berbuka

5 Menu Buka Puasa yang Sederhana dan Praktis

Dengan tidak makan dan minum sepanjang hari, tubuh secara otomatis akan mendetoksifikasi sistem pencernaan, ditambah jika kamu mengkonsumsi buah kurma yang mengandung karbohidrat tinggi dan fruktosa serta dapat dipecah menjadi energy membuat tubuh lebih sehat selama puasa. Kurma juga mengandung vitamin A, C, B kompleks, tiamin, riboflavin, niasin dan asam folat serta diperkaya dengan mineral.

Jika tidak ada ruthab ataupun kurma berbukalah dengan meneguk air putih terlebih dahulu karena air putih dapat memadamkan dahaga lambung dan panasnya puasa sehingga lambung siap untuk menerima makanan setelahnya. Berikut merupakan beberapa inspirasi menu yang praktis serta sederhana dan dapat dicoba sebagai salah satu menu berbuka kamu.

  1. Sop Ayam

5 Menu Buka Puasa yang Sederhana dan Praktis

Menu buka puasa yang mudah dibuat salah satunya adalah sop ayam yang terbuat dari campuran dada ayam fillet dipotong dadu serta ditambahkan wortel, kentang, dan daun seledri yang kemudian direbus menjadi satu lalu ditambahkan sedikit garam, merica, bumbu bawang merah dan bawang putih goreng. Makanan ini sangat lengkap kandungan protein, serat, dan vitamin di dalamnya sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh ketika berpuasa.

 

  1. Sayur Bayam Jagung

5 Menu Buka Puasa yang Sederhana dan Praktis

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang berserat tinggi, bayam juga mengandung zat besi yang tinggi sehingga bisa menambah dan mengembalikan energy saat berpuasa. Untuk memasaknya, kamu cukup merebus bayam dan jagung yang sudah diserut lalu beri tambahan bawang merah dan bawang putih iris, beri sedikit garam dan gula pasir.

 

  1. Kolak Pisang

5 Menu Buka Puasa yang Sederhana dan Praktis

Takjil yang satu ini merupakan menu berbuka puasa yang selalu ada pada bulan Ramadhan. Kamu dapat melihat para pedagang menjajakan kolak pisangnya menjelang buka puasa ataupun para dermawan yang membagikannya secara gratis di masjid atau di jalanan menjelang waktu berbuka. Cara membuat kolak pisang sangatlah mudah, gunakan pisang kapok dan ubi kuning atau isi kolak lainnya yang akan dibuat. Sementara untuk membuat kuah kolak, kamu memerlukan air, santan, sedikit tepung maizena, serta gula merah.

 

  1. Oseng Tahu Tempe

5 Menu Buka Puasa yang Sederhana dan Praktis

Tahu dan tempe merupakan sumber protein nabati yang nilai gizinya tak kalah dari daging ayam dan daging sapi. Selain murah, tahu dan tempe dapat diolah menjadi beragam menu yang variatif. Dalam kesempatan kali ini, kamu dapat membuat oseng tahu tempe sebagai salah satu menu berbuka puasa dengan menumis tahu dan tempe dengan bawang merah, bawang putih, cabai, saus tiram, kecap manis, garam, dan merica. Kamu juga dapat menambahkan sayuran sesuai selera.

 

  1. Oatmeal

5 Menu Buka Puasa yang Sederhana dan Praktis

Menu Oatmeal merupakan makanan yang praktis dan sehat untuk disajikan saat berbuka puasa. Oatmeal adalah makanan yang kaya serat. Menu makanan ini akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Topping yang sehat untuk oatmeal adalah buah-buahan segar, madu, susu rendah lemak, dan granola.

Menu berbuka di atas dapat kamu coba atau menjadi inspirasi kamu ke dalam menu berbuka versi kamu sendiri.

Ditulis Oleh: Ray


Selain berpuasa di bulan Ramadhan, berbagi kepada sesama dengan menyisihkan sebagian hartamu dalam bentuk sedekah dapat menyempurnakan amalan baik yang telah kamu lakukan. Kamu dapat bersedekah secara online melalui website Kitabisa atau melalui aplikasi Kitabisa. Ayo mulai bersedekah!

banner_donasi_sedekah

 

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons