Ramadhan

6 Alternatif Kegiatan untuk Kamu yang Tidak Mudik Lebaran

Sebagai salah satu upaya mencegah makin meluasnya penyebaran COVID-19, pemerintah Indonesia akhirnya mengeluarkan larangan mudik Lebaran. Aturan ini efektif berlaku mulai Jumat, 24 April 2020. Hal ini tentu jadi kabar yang kurang menyenangkan bagi kamu yang sedang di perantauan.

 

Kegiatan Altenatif Mudik Lebaran

Namun, jangan bersedih meski tidak bisa pulang dan bertemu keluarga. Berikut ada beberapa alternatif kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di kala libur nanti.

  1. Mencoba Resep Baru

    Buat kamu yang hobi berkutat di dapur, mencoba berbagai resep baru bisa jadi alternatif kegiatan yang seru, lho. Jangan takut kehabisan ide, sebab ada banyak sekali resep di internet yang bisa kamu sontek, mulai dari masakan, kue kering, kue tradisional, minuman, camilan, dan lainnya.
    Belajar masak tidak hanya akan mengusir rasa bosan karena tak bisa mudik ke kampung halaman, tapi juga melatih kreativitas dan membuatmu lebih bahagia. Tidak percaya? Coba saja.

  2. Berkebun

    Selain memasak, berkebun juga bisa jadi aktivitas yang produktif saat harus berdiam diri di rumah. Kamu bisa menanam aneka bunga, buah-buahan, atau bahkan sayur. Lahan yang sempit bukan masalah, kok. Sebagai gantinya, gunakan saja pot atau bekas kaleng cat yang sudah dilubangi bawahnya.
    Berkebun dengan sistem hidroponik (tanpa tanah) juga bisa jadi opsi yang cerdas. Metode menanam seperti ini bahkan sudah jamak diterapkan di kota-kota besar, lho. Untuk bibit tanaman, beli saja di toko online. Praktis dan kamu pun tetap aman karena tidak perlu keluar rumah.

  3. Tadarus Al-Qur’an

    Membaca atau tadarus Al-Qur’an juga merupakan kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan saat harus #DiRumahAja. Ibadah yang satu ini bisa jadi sarana terbaik untuk makin mendekatkan diri kepada Allah Swt. Selain berpahala, membaca Al-Qur’an juga akan melembutkan hati yang keras.
    “Seandainya Alquran ini Kami turunkan kepada gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah.” (QS. Al-Hasyr: 21)

  4. Beres-Beres

    Percaya atau tidak, beres-beres akan membuatmu lebih bahagia, lho. Saat melihat kondisi rumah yang rapi dan bersih, stres memang cenderung berkurang. Dampak positifnya, pikiranmu pun jadi lebih enteng dan tenang.
    Yuk, masukkan kegiatan beres-beres ke agenda libur Lebaran nanti. Bersihkan bagian-bagian rumah yang sering luput dijangkau. Singkirkan perabot/benda yang sudah rusak, tak diperlukan, dan tidak spark joy. Begitu kata Marie Kondo.

  5. Me-Time

    Sebetulnya, tidak mudik Lebaran adalah momen yang tepat untuk me-time sepuasnya. Kamu bisa melakukan kegiatan apa pun yang disukai tanpa harus diganggu orang lain, entah itu membaca buku, merawat diri, bersantai, ngemil, bermain game, atau bahkan tidur. Me-time mungkin terlihat sepele, tapi aktivitas ini akan membuat tubuh dan pikiranmu lebih relaks, lho. Apa pun kegiatannya, selama itu membuatmu senang, lakukan saja!

  6. Menulis Blog

    Menulis blog agaknya sudah mulai dilupakan karena orang-orang sekarang lebih suka menulis di media sosial. Nah, daripada blog atau website-mu hiatus, yuk manfaatkan waktu libur Lebaran untuk menulis konten. Kalau blogmu sudah di-monetize, lumayan kan kamu bisa dapat tambahan uang untuk jajan kopi.

Selain melakukan kegiatan di atas, lengkapi ibadah Ramadhanmu dengan berzakat di Kitabisa. Yuk, jadi satu dari ribuan orang baik bersama Kitabisa sekarang!


Meski tidak mudik lebaran, kamu bisa tunaikan zakat sesuai kampung halaman lewat Kitabisa. Zakat dengan klik gambar di bawah ini.

bayar zakat lebih awal

Comments are closed.