Gaya Hidup

6 Hal yang Bisa Ringankan Pekerjaan Pramusaji

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meringankan pekerjaan pramusaji. Beberapa perubahan sederhana bisa kamu lakukan  untuk membantu mereka, seperti gerakan tumpuk di tengah, senyum, dan ucapkan terima kasih.

Pekerjaan sebagai pramusaji mungkin terlihat tidak berat. Namun, sebenarnya mereka melakukan pekerjaan yang melelahkan secara fisik dan juga emosional. Pramusaji harus melayani tamu, menyiapkan makanan, serta mengantarkan makanan hingga sampai di meja tamu.

Sadar atau tidak, kebiasaan kita untuk meninggalkan piring dan sendok atau sampah makanan di meja akan menambah pekerjaan pramusaji. Indonesia memang mengenal prinsip bahwa pembeli adalah raja, namun tak ada salahnya jika kita ingin melakukan perubahan yang sederhana untuk membantu ringankan pekerjaan mereka. 

 

Perbuatan Kecil untuk Bantu Ringankan Beban Pekerjaan Pramusaji

Berikut adalah beberapa hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk bantu mengurangi beban pekerjaan pramusaji:

  1. Pesan Makanan Pada Pramusaji Ketika Kamu Sudah Siap

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Ringankan Pekerjaan Pramusaji

Perilaku satu ini banyak dilakukan oleh pelanggan. Sebelum kamu memanggil pramusaji untuk mencatat pesananmu, kamu harus memastikan bahwa kamu telah mengetahui makanan apa yang ingin kamu pesan. Jika memang belum siap untuk memesan makanan, biarkan pramusaji mengerjakan pekerjaan lainnya. Selagi memesan, pastikan kamu menyampaikan menu makanan dengan jelas, sehingga pramusaji dapat mencatat makanan yang kamu pesan dengan mudah dan tidak terjadi kesalahan.

 

  1. Jangan Mengajak Pramusaji Berbicara Saat Jam Sibuk

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Ringankan Pekerjaan Pramusaji

Ketika kamu telah selesai memesan dan tidak memiliki keperluan lain dengan pramusaji, biarkan ia fokus dengan pekerjaannya. Di jam sibuk seperti jam makan siang, konsumen bukan hanya kamu. Pramusaji juga harus melayani pelanggan yang lain. Jika kamu mengajak pramusaji untuk mengobrol, pelanggan yang lain pasti akan menunggu lebih lama dan pekerjaan pramusaji menjadi menumpuk.

 

  1. Bicara Kepada Pramusaji dengan Halus alias Tidak Membentak

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Ringankan Pekerjaan Pramusaji

Pesanlah makanan dengan nada yang halus dan sopan. Jika terdapat pesanan yang tidak sesuai, jangan marah atau menggertak pramusaji. Kamu bisa secara baik-baik meminta pramusaji untuk mengganti pesananmu. Melakukan komplain saat makanan sudah habis hanya akan memperlambat pekerjaan pramusaji.

 

  1. Tumpuk Piring di Tengah Selesai Makan

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Ringankan Pekerjaan Pramusaji

Gerakan tumpuk di tengah diinisiasi oleh Edward Suhadi, dengan tujuan untuk membantu meringankan pekerjaan pramusaji. Setelah selesai makan dan minum, kamu bisa tumpuk semua piring dan mangkok di tengah. Dengan begitu, pramusaji bisa langsung mengambil tumpukan piring di tengah dan pekerjaannya dapat selesai lebih cepat dalam satu tarikan.

 

  1. Bantu Pramusaji Bereskan Meja dengan Buang Sampah ke Tempatnya

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Ringankan Pekerjaan Pramusaji

Selain gerakan tumpuk di tengah, ada hal lain yang bisa kamu lakukan untuk bantu pramusaji. Selesai makan, tak ada salahnya membereskan meja dengan membuang sampah ke tempatnya dan meletakkan nampan di tempat yang sudah ditentukan. Nantinya, pramusaji hanya perlu mengelap meja yang telah kamu gunakan, tanpa harus memilah antara piring dengan sisa makanan.

 

  1. Beri Senyuman dan Ucapkan Terima Kasih Kepada Pramusaji

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Ringankan Pekerjaan Pramusaji

Mungkin hal ini terlihat sepele, namun memberikan senyuman dan ucapan terima kasih dapat menaikkan mood pramusaji. Pramusaji berhak mendapatkan senyuman dan ucapan terima kasih atas semua jasa yang diberikan kepada kita.

Nah, dari beberapa cara di atas, sudahkah kamu melakukannya? Yuk, mulai dari sekarang lakukan hal sederhana untuk bantu meringankan beban para pramusaji!

Comments are closed.