Sedekah

6 Keutamaan dan Sedekah di Hari Arafah Dengan Ikhlas

Sejak awal bulan Dzulhijjah ada banyak sekali keistimewaan, apalagi di tanggal 9 Dzulhijjah yang merupakan hari arafah. Bahkan jika bersedekah di hari arafah maka akan mendapatkan balasan berlipat ganda dari Allah SWT, terlebih lagi jika melakukan dengan ikhlas dan hanya mengharapkan ridho Allah SWT.

Bahkan ada banyak hadis di hari arafah yang menerangkan keistimewaannya. Menurut HR. Bukhari, Rasulullah bersabda sepuluh hari di awal Dzulhijjah adalah hari terbaik untuk melakukan amal shalih. Hal ini tentu menguatkan banyak pendapat ulama, jika hari arafah adalah hari sebaik-baiknya melakukan kebaikan.

 

6 Keutamaan Ibadah di Hari Arafah

Membahas tentang sejarah hari arafah, ini merujuk pada Syaikhul Islam, dimana Ibnu Taimiyyah rahimahullah pernah berkata jika lebih utama 10 hari pertama di siang bulan Dzulhijah dari pada 10 malam di hari terakhir bulan Ramadhan.

Ini tentu sudah menjelaskan jika ada banyak keutamaan di hari arafah, berikut ini 5 hal yang harus kamu lakukan agar tidak melewatkannya begitu saja.

  1. Hari Arafah Adalah Sebaik-Baiknya Hari Untuk Berdoa

    Ibadah di hari arafah bukan hanya berpuasa, kamu berdoa dengan sungguh-sungguh maka akan didengar oleh Allah. Hal ini sesuai dengan hadis HR. Trimitidzi 3585 yang menerangkan jika berdoa di hari arafah adalah sebaik-baiknya waktu untuk berdoa.

    Inilah waktunya untuk memanjatkan doa dengan sungguh-sungguh, minta pada Allah SWT apa yang kamu inginkan. Katanya dengan santun, senyum dan penuh harapan. Allah SWT sedang membuka pintu doa untuk semua makhluknya yang bersimpuh dan meminta pada Nya.

  2. Panjangkan Takbir, Tahlil dan Tahmid di Hari Arafah

    Mulai malam arafah yang berarti malam idul adha, ini saatnya kamu banyak memanjang kan takbir, tahlil dan tahmid. Dimana pada Idul Adha ada keistimewaan karena diperbolehkan untuk mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid hingga hari tasyrik yaitu, 3 hari setelah Idul Adha.

    Ini sesuai dengan HR. Ahmad dari Ibunu Abbas, dimana Rasulullah SAW bersabda sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah adalah hari-hari dimana amal salih paling utama. Perbanyak takbir, tahlil dan tahmid.

  3. Berpuasa Sunnah Dapat Menghapus Dosa 2 Tahun

    Hal yang banyak dilakukan umat muslim pada hari arafah adalah berpuasa. Menjelang Idul Adha memang tidak ada puasa seperti bulan Ramadhan sebelum Idul Fitri, hanya saja ada puasa sunnah tarwiyah dan arafah.

    Bahkan ada hadits tentang puasa arafah yang diriwayatkan oleh HR Muslim, Dimana Rasulullah menjawab pertanyaan tentang keistimewaan puasa arafah, dikatakan bahwa puasa arafah dapat menghapus kan dosa yang dilakukan di tahun sebelumnya dan mencegah timbulnya dosa di tahun depan.

  4. Sempurnakan Ibadah dengan Shalat Sunnah di Hari Arafah

    Kamu merasa tidak terlalu sanggup untuk berpuasa, bisa melakukan ibadah shalat sunnah di hari arafah. Bahkan ini bisa jadi kebiasaan yang bagus setelahnya. Shalat sunnah yang bisa dilakukan seperti shalat rawatib yaitu, shalat sunnah yang dilakukan sebelum dan sesudah shalat fardhu.

    Bisa juga memiliki shalat dhuha di tengah hari sebelum shalat dzuhur, dimana akan mendatangkan rejeki dan limpahan rahmat dari Allah SWT.

    Bahkan bisa melakukan shalat sunnah wudhu, ini dilakukan sebelum shalat sunnah lainnya. Shalat sunnah yang utama ada di pagi hari sebelum subuh yaitu shalat fajar, dimana pahalanya lebih besar dari dunia dan seisinya.

  5. Membaca dan Memahami Al-Quran

    Hari arafah memiliki arti besar bagi umat muslim, dimana hari ini jadi lebih baik dari 100.000 lainnya. Itulah kenapa, siang hari di awal Dzulhijah jadi lebih mulia jika dibandingkan 10 malam terakhir di bulan ramadhan.

    Seperti diriwayatkan HR. Bukhari Muslim, membaca alquran akan memberikan pertolongan di hari kiamat dan siapa yang membaca serta mengamalkan alqurna akan dinilai sebagai orang terbaik dan syurga jadi tempatnya di akhir kelak.

  6. Lakukan Kebajikan yang Disukai Allah

    Hal lainnya yang bisa dilakukan di hari arafah adalah melakukan kebajikan yang disukai oleh Allah SWT. Mulai dengan berkata yang baik dan jika tidak lebih baik diam, bersedekah dengan senyuman hingga berinfak untuk menegakkan jalan Allah SWT.

 

Sedekah di Hari Arafah Mendatangkan Rahmat Allah SWT

Maka dari itu, Kitabisa mengajak semua lapisan masyarakat untuk sedekah di hari arafah. Ini saatnya untuk berbagi dengan sesama, bahkan dalam rezeki yang kamu peroleh ada hak mereka yang membutuhkan.

Apa kemuliaan yang didapatkan dengan bersedekah di bulan Dzulhijjah? Banyak sekali hal yang dijanjikan oleh Allah SWT pada makhluknya, dimana salah satunya bisa mendapatkan pengampunan dosa. Bahkan Kitabisa akan menjembatani kamu yang ingin berkurban pertama di tahun ini.


Sempurnakan ibadah  dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Infaq, sedekah, dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

3 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

2 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago