7 Biaya Medis yang Terkumpul Berkat Patungan di Kitabisa.com

Musibah bisa datang kapan saja dan tidak bisa kita hindari. Banyak orang-orang yang tertimpa musibah dan sayangnya mereka memiliki keterbatasan finansial untuk bisa menanggulanginya. Namun dibalik itu, mereka beruntung memiliki orang-orang yang peduli dan ingin membantu. Orang-orang tersebut membuat halaman galang dana di Kitabisa.com untuk bantu mereka yang tertimpa musibah.

    1. Yanuar, Anak Penderita Leukimia

      A photo posted by Kitabisa.com (@kitabisacom) on

      Santika Wibowo, mahasiswi FEB UGM. Santika pertama kali bertemu dengan Ibu Afrianti dan Yanuar pada saat peringatan World Cancer Day di Yogyakarta. Yanuar merupakan anak kecil yang mengidap Leukimia. Keluarga Yanuar memiliki keterbatasan finansial dalam membantu biaya perawatannya. Santika kemudian membuat halaman galang dana di halaman kitabisa.com/yanuarlawanleukimia untuk bantu Yanuar dan berhasil terkumpul lebih dari 30 juta rupiah.

    2. Yana Zein, Ibu Dua Anak yang Menderita Kanker Payudara

      A photo posted by Kitabisa.com (@kitabisacom) on

      Yang kedua adalah kisah Wulan Guritno yang galang dana di halaman kitabisa.com/helpyanazein untuk bantu sahabatnya, Yana Zein. Yana Zein terkena kanker payudara. Tabungannya sudah habis untuk biaya perawatan kanker yang dideritanya. Bahkan kedua anaknya sempat berhenti sekolah karena tidak ada biaya. Dari hasil penggalangan dananya terkumpul lebih dari 200 juta rupiah untuk bantu biaya perawatan Yana Zein dan pendidikan kedua anaknya.

    3. Akbar, Anak Kecil yang Kakinya Terlindas Truk

      A photo posted by Kitabisa.com (@kitabisacom) on


      Selanjutnya ada cerita seorang anak bernama Akbar yang kaki kanannya terlindas truk menyebabkan paha bagian atas hancur. Pabrik pemilik truk yang tadinya akan bertanggung jawab tiba-tiba tidak bisa dihubungi. Akbar pun tidak diizinkan pulang dari rumah sakit karena belum melunasi biaya perawatan. Santi, tante Akbar kemudian membuat halaman galang dana di kitabisa.com/bantutebusakbar. Cerita Akbar menjadi viral dan berhasil terkumpul dana lebih dari 180 juta rupiah yang digunakan untuk menebus biaya perawatan Akbar. Kini Akbar bisa kembali berkumpul bersama keluarganya di rumah.

    4. Bayi Reagan yang Membutuhkan Cangkok Hati

      A photo posted by Kitabisa.com (@kitabisacom) on


      Cerita inspiratif berikutnya muncul dari Bayi Reagan yang mengalami gangguan saluran empedu sejak lahir dan harus melakukan operasi cangkok hati untuk menyelamatkannya. Operasi tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar. Ayah Reagan kemudian membuat halaman galang dana di kitabisa.com/cangkokhatireagan. Ribuan #OrangBaik berdonasi mengumpulkan dana lebih dari 250 juta rupiah sehingga Baby Reagan bisa melakukan operasi cangkok hati.

    5. Adi, Alumni Telkom University yang Terkena Luka Bakar Akibat Tersengat Listrik

      A photo posted by Kitabisa.com (@kitabisacom) on


      Adi Susanto, alumni Telkom University terkena listrik tegangan tinggi saat sedang membetulkan atap yang bocor. Akibatnya ia terkena luka bakar 70%. Biaya yang dibutuhkan untuk operasi dan perawatan Adi tidaklah sedikit. Rindi Ariandi Putra, teman sekolah Adi kemudian galang dana di halaman kitabisa.com/adisusanto. Terkumpul dana lebih dari 60 juta rupiah dari ratusan orang baik. Dana tersebut sudah digunakan untuk biaya perawatan Adi. Adipun sudah bisa menjalani rawat jalan.

    6. Elang, Anak Kecil yang Terkena Luka Bakar karena Menyelamatkan Temannya

      A photo posted by Kitabisa.com (@kitabisacom) on


      Elang, bocah pemberani berusia 7 tahun yang terkena kobaran api ketika hendak menyelamatkan temannya. Ia mengalami luka bakar 50% di bagian tangan, kaki, wajah dan dadanya. Dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk biaya perawatan menumbuhkan sel-sel kulit baru di tubuh Elang.  Witjaksono Agung Nughrahanto, teman dari ayah Elang kemudian menggalang dana di halaman kitabisa.com/pitabiruuntukelang. Berkat ratusan donatur, terkumpul dana lebih dari 130 juta rupiah. Dana tersebut sudah digunakan untuk biaya perawatan Elang.

    7. Sulami yang Badannya Kaku Karena Terkena Tumor Tulang

      A photo posted by Kitabisa.com (@kitabisacom) on


      Sulami (35), wanita asal Sragen, Jawa Tengah yang mengalami penyakit langka. Sejak usia 10 tahun ia didiagnosa terkena penyakit tumor tulang. Namun karena keterbatasan biaya, Sulami tidak bisa dirawat di rumah sakit. Kini seluruh badannya kaku seperti kayu. Untuk tidur dan bangun dari tempat tidur ia memerlukan bantuan orang lain. Net CJ kemudian berinisiatif galang dana untuk bantu Sulami di halaman kitabisa.com/sulamimanusiakayu. Cerita Sulami pun menjadi viral dan berhasil terkumpul dana lebih dari 140 juta rupiah untuk bantu biaya pengobatan Sulami. Kini ia pun sudah diberi tindakan medis.

Dari cerita-cerita inspiratif diatas, ternyata masih banyak #OrangBaik yang mau membantu sesamanya. Bahkan membantu orang yang baru dikenalnya. Semoga kita semua bisa selalu sama-sama menebar kebaikan dengan membantu mereka yang membutuhkan.


*Kalian ingin bantu mereka yang kekurangan biaya untuk pengobatan? Segera galang dana untuk mereka di https://ktbs.in/yukgalangdana