7 Hikmah Sedekah di Bulan Ramadhan untuk Umat Islam

Allah SWT menyukai orang dermawan yang rajin bersedekah. Banyak hikmah sedekah yang bisa didapatkan. Apalagi, sedekah di bulan Ramadhan.

Sifat dermawan dan suka bersedekah Rasulullah SAW semasa hidupnya menjadi keteladanan yang harus diikuti oleh umat Islam. Rasulullah, secara khusus kerap memperbanyak aktivitas bersedekah ketika memasuki bulan Ramadhan. Hal ini disebabkan karena banyaknya hikmah sedekah yang bisa diperoleh ketika Ramadhan.  

 

7 Hikmah Sedekah

Hikmah-hikmah sedekah tersebut di antaranya adalah:

  1. Memperoleh ampunan dosa dari Allah SWT

    Bersedekah menjadi cara seorang muslim untuk menghapus dosa. Apalagi, ketika di waktu yang sama, kamu bertobat yang sebenar-benarnya di hadapan Allah SWT.

  2. Membuat harta lebih berkah

    Keutamaan sedekah yang selanjutnya adalah membuat harta menjadi lebih berkah. Mereka yang sering bersedekah, hartanya tidak akan berkurang. Sebaliknya, hartanya akan semakin bertambah dan memberi manfaat begitu besar.

  3. Mendapatkan pahala berlipat ganda

    Allah SWT memberikan janji pahala berlipat ganda untuk muslim yang suka bersedekah.

  4. Membebaskan diri dari siksa kubur

    Orang-orang yang gemar bersedekah akan memperoleh keutamaan sedekah dengan terhindar dari siksa kubur. Sedekah yang dilakukan semasa hidup, akan memadamkan api siksaan yang ada di alam kubur.

  5. Jaminan surga dari Allah SWT

    Mereka yang terbiasa berbagi dan memperbanyak sedekah bakal mendapatkan jaminan surga dari Allah SWT. Bahkan, Allah telah menyiapkan pintu khusus untuk masuk ke surga bagi orang-orang yang suka bersedekah.

  6. Sedekah merupakan bukti keimanan seorang muslim

    Orang Islam yang beriman kepada Allah adalah mereka yang punya sikap dermawan. Kedermawan dalam kehidupan sehari-hari, merupakan bukti tingkat keimanan yang mereka miliki.

  7. Memperoleh naungan di akhirat

    Orang-orang yang bersedekah juga bakal memperoleh keutamaan memperoleh naungan saat di hari akhir. Apalagi, ketika aktivitas bersedekah itu dilakukan semata-mata karena mencari ridho Allah SWT.

Baca juga:
7 Hikmah Bersegera Membayar Zakat Harta
Keutamaan Bulan Ramadhan

 

Cara Mudah Memperoleh Hikmah Sedekah di Bulan Ramadhan

7 Hikmah Ramadhan yang Wajib Diketahui oleh Setiap Muslim

Semua hikmah sedekah itu bisa kamu dapatkan dengan begitu mudah. Keutamaan tersebut akan semakin berlipat kalau kamu melakukannya di bulan Ramadhan. Kamu bisa memperoleh pahala secara berlipat tidak hanya dari aktivitas bersedekah, tetapi juga pahala orang berpuasa. Hal ini seperti tercantum dalam hadits yang berbunyi:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Artinya: “Barang siapa yang memberi makan orang puasa, maka baginya pahala layaknya orang yang puasa, tanpa mengurangi pahala orang yang tengah berpuasa tersebut sedikitpun,” (HR. Tirmidzi).

Cara untuk memperoleh hikmah sedekah di Bulan Ramadhan juga bisa kamu lakukan dengan begitu gampang. Kamu bisa memilih untuk memberi membagi-bagikan makanan untuk orang yang tengah berpuasa ketika menjelang waktu berbuka. Cara sedekah yang satu ini, dapat kamu lakukan dengan biaya tak terlalu besar.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan hikmah sedekah di bulan Ramadhan dengan tanpa menganggu aktivitas kerja sehari-hari. Kamu bisa memilih untuk menyalurkan zakat dan sedekah secara online, dengan memanfaatkan layanan yang disediakan oleh Kitabisa.


Raih hikmah sedekah dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah