7 Keutamaan Sedekah Subuh Bagi yang Rutin Melaksanakannya

Sedekah adalah perbuatan terpuji yang tidak hanya bermanfaat bagi pemberi, melainkan juga penerimanya. Sedekah merupakan amalan yang dapat meringankan beban orang lain sekaligus menambah kadar keimanan kepada Allah Swt. Meskipun sangat dianjurkan, masih banyak orang yang belum mengetahui keutamaan sedekah subuh

Sedekah subuh tidak hanya berbentuk uang. Kamu bisa bersedekah dengan berzikir, memberi makan orang yang kelaparan, menyingkirkan paku di jalan, membantu seorang kakek menyebarang jalan, memberi minum hewan yang kehausan, atau membagikan ilmu bermanfaat. Bahkan, tersenyum kepada orang lain juga diganjar pahala sedekah. 

Catat! Ini Keutamaan Sedekah Subuh Secara Rutin 

Melihat banyaknya cara berbuat kebaikan, tak ada lagi alasan bagi kamu untuk menunda sedekah subuh. Terlebih, Allah Swt menjanjikan banyak keutamaan bagi orang-orang yang menyedekahkan hartanya. Supaya kamu lebih paham, berikut keutamaan sedekah pagi yang akan membuat hidupmu makin berkah. 

Sarana Menyucikan Diri 

Manusia tak luput dari dosa. Namun, kamu bisa menghapusnya dengan bersedekah. Menyedekahkan harta yang kamu miliki akan mengurangi berat timbangan dosa. Ketika hendak bersedekah, niatkan bahwa kamu membutuhkan ampunan Allah Swt. Alangkah lebih baik apabila kamu rutin melaksanakan sedekah sembari bertaubat atas dosa yang telah diperbuat, memperbanyak amalan kebaikan, dan menjauhkan diri dari hal buruk penambah dosa. 

Selain menghapus dosa, sedekah subuh juga menyucikan harta yang kamu miliki. Sebagaimana kamu ketahui, di dalam rezeki yang Allah Swt berikan terdapat hak orang lain. Melalui sedekah pagi, kamu telah menunaikan hak tersebut sehingga sisa harta dianggap telah suci dan lebih berkah.  

Pahala Berlipat 

Pahala berlipat merupakan keutamaan sedekah subuh yang istimewa. Allah Swt berjanji bahwa orang yang bersedekah akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Bahkan, hanya dengan mengeluarkan sebagian kecil harta untuk diberikan pada orang membutuhkan, perbuatanmu akan dicatat sebagai amal jariyah. Artinya, kamu akan mendapatkan pahala sekalipun telah tiada. Tak hanya itu saja, rutin bersedekah akan membuat kamu selalu didoakan oleh malaikat.

Terhindar Dari Bala 

Bersedekah di waktu subuh juga dapat menjagamu dari bahaya. Rasulullah Saw bersabda bahwa musibah tidak mengdahului sedekah. Sedekah bisa menutup 70 pintu bencana, kejahatan, dan musibah. Rutin bersedekah Rp1.000,00 melalui aplikasi Kitabisa akan menghindarkan kamu dari bala. 

Membentengi Diri Dari Penyakit Hati 

Sedekah pagi secara rutin mampu membentengi kamu dari penyakit hati. Kamu akan tumbuh menjadi orang yang gemar berbagi dan jauh dari sifat kikir. Ketika memiliki kelebihan rezeki, kamu tak akan ragu berbagi dengan keluarga maupun orang di sekitarmu yang membutuhkan. 

Menenteramkan Jiwa 

Saat bersedekah, kamu akan merasakan kepuasaan telah berbuat kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain. Perasaaan bahagia yang melingkupi kamu akan membuat hati tenang. Kamu juga akan merasa lapang karena Allah Swt mengangkat bebanmu. 

Pemberat Timbangan Amal 

Allah Swt memberikan pahala yang besar pada orang dermawan. Apabila rutin bersedekah subuh Rp1.000,00 saja melalui aplikasi Kitabisa, kamu bisa menambah timbangan amal di dunia. Kelak di akhirat, timbangan kebaikanmu lebih berat dibandingkan timbangan amal buruk. 

Memperpanjang Umur 

Sedekah dengan niat tulus mengharap rida Allah Swt mampu memperpanjang umur. Namun, perlu diingat bahwa umur yang dimaksud adalah amal kebaikan. Amal kebaikan orang gemar bersedekah terus dikenang melebihi usia hidupnya di dunia. Orang-orang yang pernah menerima bantuanmu akan selalu teringat. Gemar sedekah subuh juga akan menjauhkan kamu dari kematian yang buruk. 

Demikianlah informasi tentang sejumlah keutamaan sedekah subuh yang perlu kamu ketahui. Untuk memulai sedekah pagi, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Kitabisa. Melalui aplikasi Kitabisa, kamu dapat mengatur jadwal sedekah pagi dan mengecek informasi penyaluran donasi. Tunggu apa lagi? Yuk, jadi manusia yang bermanfaat bagi sesama bersama Kitabisa! Instal aplikasi Kitabisa dan sedekah mulai Rp1.000,00 sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *