A Haven for Social Changemaker

Menurutmu apakah masalah sosial bisa terselesaikan? bisa! Bagaimana caranya? Lapor polisi? Dengan Uang? atau menciptakan problem solving dari setiap permasalahan?. Jawabannya adalah Tidak! Kenapa? Karena Manusia adalah makhluk sosial sehingga selalu dihadapkan kepada masalah sosial yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia, Jadi selama manusia masih ada di dunia maka masalah sosial akan tetap ada. Saat ini begitu banyak orang yang memiliki ide-ide sosial yang sangat potensial jika direalisasikan, dari mulai mengadakan event sosial hingga membuat sesuatu yang dapat bermanfaat untuk orang yang lebih memerlukan. Disamping itu tak sedikit pula orang yang berempati dan mendukung ide-ide sosial yang sudah ada. Ide-ide sosial yang ingin direalisasikan terkadang membutuhkan aliran dana tetapi sering kali si pembuat ide tidak mampu untuk mengeluarkan dana sendirian, sehingga tak jarang idenya tidak terealisasi dengan baik.

Founder KitaBisa, Alfatih Timur, mengatakan bahwa ia membangun KitaBisa karena ingin menciptakan media untuk menghubungkan orang-orang yang memiliki sumber daya dengan orang-orang yang memiliki inisiatif sosial namun kurang memiliki sumber daya. Ia melihat banyak relawan dan changemaker yang percaya bahwa Indonesia memiliki banyak orang-orang yang ingin membuat perbedaan di bidang sosial. Mereka hanya perlu media untuk melakukannya, dan KitaBisa adalah tempatnya.

Hingga saat ini, KitaBisa telah memiliki lebih dari 20 proyek kategori sosial di platformnya, beberapa di antaranya masih berlangsung, seperti proyek yang memberikan kontribusi terbaik bagi Papua melalui program pengadaan buku dan mengajar  dan juga proyek  Jakarta Ramah Autisme. Sedangkan beberapa proyek yang sudah berhasil didanai ialah proyek yang memfasilitasi kebutuhan kacamata secara gratis bagi para ibu di pedalaman pedesaan Bogor. (dana terkumpul Rp 63 juta), proyek wakaf Al-Qur’an (dana terkumpul Rp 76 juta), dan proyek “1 man 1 bag 1 book” (dana terkumpul Rp 67 juta).

Tunggu apalagi ? kamu ingin menjadi inisiatif untuk perubahan Indonesia menjadi lebih baik ? Submit proyekmu di kitabisa.com sekarang juga!