Alzheimer di Usia Muda, Bisakah Terjadi?

Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan fungsi sel otak menurun atau bahkan mati. Umumnya, kondisi ini menyerang usia tua, namun tidak bisa dipungkiri bahwa Alzheimer juga bisa menyerang usia muda. Munculnya penyakit Alzheimer di usia muda tidak boleh dianggap remeh karena hal tersebut dapat memperburuk kondisi hidup penderitanya.

Pada dasarnya, ada dua tipe Alzheimer pada usia muda, yaitu turunan dan umum. Alzheimer turunan disebabkan oleh faktor keturunan yang mulai menunjukkan gejalanya saat usia penderitanya menginjak 30-50 tahunan. Sementara Alzheimer umum terjadi pada penderita yang belum memasuki usia tua, tetapi sudah mengalami gejala yang sama dengan orang tua dengan Alzheimer. 

 

Penyebab Alzheimer di Usia Muda

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui penyebab Alzheimer pada usia muda. Namun, hingga kini belum diketahui pasti apa yang menyebabkan penyakit ini bisa menyerang seseorang. Secara umum, terdapat sejumlah faktor yang menjadi penyebab Alzheimer di usia muda. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  1. Genetik

    Mutasi genetik dari orang tua yang menderita Alzheimer bisa diwariskan kepada keturunannya. Oleh karena itu, anak dengan orang tua yang memiliki riwayat Alzheimer berisiko mengalami Alzheimer pada usia muda.

  2. Down Syndrome

    Seseorang dengan down syndrome memiliki risiko menderita Alzheimer pada usia muda karena berkaitan dengan gen pada kromosom 21.

  3. Penurunan Daya Ingat

    Gangguan daya ingat serta kemampuan berpikir berpengaruh pada kondisi kognitif seseorang. Mereka yang mengalami gangguan ini berisiko tinggi untuk terkena Alzheimer, hingga berujung pada demensia.

  4. Pola dan Gaya Hidup

    Penting untuk menjaga pola serta gaya hidup untuk menurunkan risiko terjadinya Alzheimer saat usia muda.

Apa Gejala Alzheimer di Usia Muda?

Berikut ini adalah beberapa tanda atau gejala Alzheimer yang terjadi pada usia muda. 

  1. Gangguan daya ingat singkat atau sesaat
  2. Kesulitan mengalami keputusan
  3. Lupa dengan kebiasaan atau kegiatan sehari-hari
  4. Suasana hati sering berubah secara tiba-tiba
  5. Kesulitan membaca berupa angka atau mengenali uang, serta kesulitan mengetahui waktu
  6. Sulit berkonsentrasi
  7. Sering lupa meletakkan sesuatu
  8. Kesulitan berbicara

Demikian penjelasan singkat mengenai penyakit Alzheimer di usia muda. Setelah mengetahui penyebab dan gejalanya, kamu dapat menghindari penyebabnya dan mewaspadai gejalanya. Kamu juga bisa lindungi diri dengan gabung dalam program perlindungan kesehatan untuk mencegah risiko terjadinya penyakit.


Jika kamu atau kerabatmu membutuhkan bantuan biaya pengobatan, jangan ragu untuk membuat galang dana di Kitabisa. Kami siap menghubungkanmu dengan jutaan #OrangBaik yang siap gotong royong membantumu.

Klik gambar untuk pelajari lebih lanjut tentang galang dana!

galang dana biaya pengobatan