Mengenal Amalan Malam Lailatul Qadar

Saat tiba bulan Ramadhan, semua amal baik akan mendapat balasan yang berlipat ganda. Salah satu momen yang paling dinanti saat Ramadhan tiba adalah malam Lailatul Qadar, malam yang diyakini sebagai malam terbaik dibandingkan dengan seribu bulan bagi umat Islam.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan saat malam Lailatul Qadar. Inilah sebabnya umat Islam dianjurkan untuk banyak melakukan amalan malam Lailatul Qadar untuk bisa mendapatkan pahala dan keberkahan. Adapun keutamaan malam Lailatul Qadar sendiri yaitu:

1. Lebih Baik dari Seribu Bulan

Malam Lailatul Qadar bisa dibilang menjadi malam yang paling penting di bulan Ramadhan. Siapa saja yang melakukan amalan malam Lailatul Qadar akan memperoleh pahala yang setara dengan beramal selama seribu bulan. Waktu ini setara dengan 83 tahun 4 bulan atau standar usia manusia.

2. Turunnya Para Malaikat

Selain itu, malam Lailatul Qadar merupakan malam ketika para malaikat turun ke bumi. Seperti Surat Al-Qadr ayat 4 yang memiliki arti, “Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.” Oleh Al-Imam Al-Qurthubi, turunnya para malaikat dari sidratul muntaha untuk mengaminkan semua doa umat Muslim yang dipanjatkan pada malam tersebut hingga sebelum fajar.

3. Malam Diturunkannya Alquran

Malam Lailatul Qadar juga merupakan malam ketika Alquran pertama kali diturunkan dari Lauhul Mahfuz ke Baitul Izzah kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab suci Alquran akan menjadi pedoman untuk semua umat Muslim yang memberikan penjelasan tentang semua masalah duniawi, perihal keagamaan, kejadian terhadap semua manusia, hingga kejadian di masa mendatang saat tiba hari kebangkitan.

Amalan Malam Lailatul Qadar

Supaya bisa mendapatkan keistimewaan malam Lailatul Qadar, semua umat Muslim dianjurkan untuk melakukan banyak amalan malam Lailatul Qadar. Amalan yang dimaksud, di antaranya:

amalan malam lailatul qadar

Perbanyak Mengaji

Nabi Muhammad SAW mengaji lebih sering pada malam Lailatul Qadar. Ini karena malam tersebut merupakan malam diturunkannya Alquran. Tak hanya itu, mengaji juga membuat hati menjadi lebih tenang  dan terhindar dari berbagai penyakit hati. 

Perbanyak Istighfar dan Berzikir

Zikir menjadi salah satu amalan yang bersifat abadi dan tidak pernah merugikan. Mereka yang memperbanyak zikir dan istighfar menjadi orang-orang yang senantiasa dibanggakan oleh Allah SWT di depan para malaikat-Nya. 

Beri’tikaf

Beberapa hadis mengatakan bahwa umat Muslim dianjurkan untuk beri’tikaf atau berdiam diri di dalam masjid dengan memperbanyak mengaji, berzikir, dan bersholawat atas Nabi Muhammad SAW pada malam Lailatul Qadar.

Salat Sunah 

Amalan malam Lailatul Qadar selanjutnya adalah menegakkan salat sunnah qiyamul lail. Seperti sabda Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad/Tabrani, “Barangsiapa yang menghidupkan Lailatul Qadar dengan penuh iman dan muhasabah, dosanya yang telah lalu akan diampuni.” Hadis tersebut diartikan sebagai ajakan untuk melakukan salat sunah pada malam Lailatul Qadar.

Perbanyak Sedekah

Sedekah menjadi salah satu ungkapan perasaan syukur terhadap nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Amalan ini memang sangat dianjurkan untuk dilakukan, tidak hanya pada malam Lailatul Qadar, tetapi setiap saat. Banyak sekali keutamaan dari bersedekah, salah satunya adalah membuat hati kamu menjadi lebih tenang dan menjadikan kamu lebih bersyukur atas semua yang telah kamu miliki. 

sedekah di aplikasi kitabisa

Ciri Orang yang Meraih Lailatul Qadar

Siapa saja yang senantiasa melakukan ibadah dan amalan malam Lailatul Qadar dengan hati yang tulus akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Lalu, bagaimana ciri umat Muslim yang berhasil meraih Lailatul Qadar? 

  1. Wajahnya Tampak Bersinar

Mereka akan memiliki aura teduh yang memancar dari wajah, membuat orang yang melihatnya merasa nyaman dan tenang. Orang-orang yang memiliki aura tersebut telah berhasil mendapatkan ridho dari Allah SWT. 

  1. Memiliki Ketenangan Diri

Mereka yang mendapatkan malam Lailatul Qadar akan merasakan ketenteraman dan ketenangan diri maupun batin. Ini karena berbagai amalan baik yang telah dilakukannya, seperti mengaji, salat sunnah, berdiam diri, hingga bersedekah

  1. Memiliki Sifat Rendah Hati

Selain itu, mereka juga memiliki sifat rendah hati dan jauh dari kata sombong. Sikap ini akan sangat terlihat saat berjumpa maupun berinteraksi dengan orang lain. Ini karena mereka merasa ibadah yang dilakukannya masih tidak sebanding dengan apa yang Allah SWT berikan kepadanya. 

Selain itu, umat Muslim yang berhasil mendapatkan malam Lailatul Qadar akan mampu melihat cahaya terang meski sedang merasa kesulitan, mampu menyaksikan semua makhluk di bumi bersujud kepada Allah SWT, dan terkabulkan semua doa yang dipanjatkannya. 

Memperbanyak sedekah pada malam Lailatul Qadar menjadi salah satu amalan yang dianjurkan oleh Allah SWT. Sedekah membantu membersihkan harta sekaligus menghadirkan ketenangan jiwa untuk siapa saja yang melakukannya. 

Sekarang, sedekah bisa dilakukan secara lebih mudah lewat aplikasi Kitabisa. Mulai dari Rp1.000, kamu sudah bisa sedekah untuk bantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.

sedekah di kitabisa