Berbagai Amalan Nisfu Syaban yang Dimuliakan

Malam Nisfu Syaban menjadi salah satu malam yang paling dimuliakan oleh Allah SWT. Seperti malam-malam lainnya yang turut diberkahi, semua umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan di malam Nisfu Syaban. Bukan tanpa alasan, malaikat Raqib dan Atid diutus oleh Allah SWT untuk mencatat semua amalan yang dilakukan oleh manusia pada malam tersebut. 

Keutamaan Malam Nisfu Syaban

Banyak sekali keutamaan dari malam Nisfu Syaban, di antaranya: 

Malam Pengampunan Semua Dosa

Saat malam Nisfu Syaban, semua umat Muslim dianjurkan untuk melakukan banyak amalan. Pasalnya, saat malam tersebut Allah SWT turun ke bumi untuk memberikan rahmat dan ampunan pada semua hamba-Nya, kecuali untuk mereka yang menyekutukan-Nya.

Seperti hadis sahih yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Ath-Thabrani, “Sesungguhnya Allah SWT melihat pada malam pertengahan Sya’ban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.”

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda, “Allah ‘Azza wa Jalla mendatangi makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaban, Allah mengampuni hamba-Nya kecuali dua orang, yaitu orang yang bermusuhan dan orang yang membunuh jiwa.” (H.R. Abdullah bin Amr).

Malam Dikabulkan Semua Doa

Selain itu, malam Nisfu Syaban juga menjadi malam terbaik untuk berdoa. Sebab, Allah SWT akan memudahkan semua urusan hamba-Nya yang berdoa dan memohon kepada-Nya. Jadi, berdoalah sebanyak mungkin pada Allah SWT, memohonlah semua hal baik pada Allah SWT, dan mintalah semua urusan maupun kesulitan yang tengah kamu hadapi menjadi lebih mudah diselesaikan. 

Malam Berlimpah Pahala

Mengapa Allah SWT menganjurkan semua umat-Nya untuk senantiasa melakukan amalan Nisfu Syaban sebanyak mungkin? Tentu karena malam tersebut tak hanya penuh berkah, tetapi juga menjadi malam berlimpah pahala. Allah SWT menjanjikan pahala yang luar biasa banyaknya untuk umat Muslim yang senantiasa melakukan berbagai amalan baik. 

sedekah di aplikasi kitabisa

Waktu Nisfu Syaban

Menjadi salah satu malam terbaik dan penuh keberkahan, sebenarnya kapan tepatnya malam Nisfu Syaban? Malam Nisfu Syaban diperingati pada pertengahan bulan Sya’ban atau setiap malam ke-15 Sya’ban jika berdasarkan perhitungan kalender Islam. Sementara itu, berdasarkan perhitungan kalender Masehi, malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 18 hingga 19 Maret 2022. 

Amalan Nisfu Syaban

amalan nisfu syaban

Supaya menjadi lebih berkah, kamu bisa mengisi hari dengan melakukan berbagai amalan Nisfu Syaban, yaitu:

1. Membaca Doa

Pertama, berdoalah dengan membaca “Allaahumma innaka ‘afuwwun- kariimung-tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni. Allaahumma innii asalukal ‘afwa wal ‘aafiyata wal mu’aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh” yang artinya “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan Maha Pemurah. Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama, dunia, dan akhirat.”

2. Menunaikan Salat Tasbih 2 Rakaat

Malam Nisfu Syaban juga menjadi malam yang paling baik untuk menunaikan salat Tasbih sebanyak dua rakaat. Amalan Nisfu Syaban ini diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Sayyidina Abbas, r.a. yang merupakan pamannya. 

3. Melaksanakan Puasa

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Rasulullah SAW berkata, “Bulan Sya’ban merupakan bulan yang dilupakan oleh orang-orang karena berada di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan Sya’ban menjadi bulan ditingkatkan amal, karenanya aku ingin saat amalku diangkat aku sedang dalam keadaan puasa.”

4. Membaca Surat Yaa Siin

Selain salat sunah dan berpuasa, amalan Nisfu Syaban selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membaca Surat Yaa Siin. Beberapa ulama mengatakan untuk membaca surat tersebut sebanyak tiga kali selepas menunaikan salat Magrib. Tentunya hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Bacaan paling pertama diniatkan untuk senantiasa diberi umur panjang oleh Allah SWT.

Lalu, bacaan kali kedua diniatkan untuk dijauhkan dari semua bahaya dan diberikan limpahan rezeki. Sementara itu, bacaan terakhir diniatkan untuk supaya tidak selalu bergantung pada orang lain dan senantiasa diberikan rahmat dan husnul khatimah.

5. Membaca Surat Al-Waqiah

Selain membaca Surat Yaa Siin, kamu juga dianjurkan untuk membaca Surat Al-Waqiah saat malam Nisfu Syaban. Beberapa ulama berpendapat bahwa surat ini baik dibaca untuk mendatangkan rezeki dan biasanya dibaca setelah menunaikan salat Subuh dan Ashar. Namun, ada pula yang menganjurkan untuk membaca Surat Al-Waqiah pada malam hari. 

Ternyata, banyak sekali bukan amalan Nisfu Syaban yang bisa kamu lakukan. Selain salat Tasbih, berpuasa, dan membaca Alquran, kamu juga dianjurkan untuk bersedekah. Tidak hanya saat malam Nisfu Syaban, tetapi setiap saat. 

Apalagi, sekarang bersedekah jauh lebih mudah karena bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Kitabisa. Kamu juga bisa memilih sendiri kemana sedekahmu ingin disalurkan.

Misalnya, kamu ingin sedekah untuk membantu pembangunan pesantren. Bisa juga bersedekah untuk berbagai aktivitas kemanusiaan, teman-teman difabel, bantuan pengobatan, hingga menolong hewan. 

Yuk, berbagi kebaikan setiap saat secara lebih mudah lewat aplikasi Kitabisa!

sedekah di kitabisa