Qurban

Tambah Pahala! Lakukan Amalan Sunnah Sebelum Idul Adha

Sebelum hari Raya Idul Adha datang, ada beberapa amalan sebelum Idul Adha yang bisa kamu lakukan. Amalan ini pastinya akan menambah pahala apabila kamu melaksanakannya. 

Salah satu amalan sebelum Idul Adha yang tak boleh kamu lewatkan adalah Puasa Arafah. Puasa yang dilakukan tepat satu hari sebelum hari Raya Idul Adha ini memiliki keistimewaan, yakni bisa menghapus dosa satu tahun yang sudah berlalu dan yang akan datang. Selain itu, banyak amalan lain yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya pahala. Yuk, simak rangkumannya di artikel ini!

 

Tiga Puasa Sunnah yang Jadi Amalan Sebelum Idul Adha

puasa idul adha

Perintah wajib berpuasa memang hanya berlaku sebelum Hari Raya Idul Fitri, yakni satu bulan penuh pada bulan Ramadhan. Akan tetapi, ada puasa-puasa sunnah lainnya yang mempunyai keistimewaan. Berikut puasa sunnah yang bisa kamu lakukan sebelum Idul Adha:

1. Puasa Dzulhijjah

Ibadah puasa Dzulhijjah dilakukan selama tujuh hari berturut-turut setelah memasuki bulan Dzulhijjah, yakni pada tanggal 1 sampai dengan 7 Dzulhijjah. Keutamaan berpuasa pada masing-masing hari berbeda-beda.

  • Tanggal 1 Dzulhijjah: saat itu, di Arafah, Allah SWT memberikan ampunan pada Nabi Adam. Orang yang berpuasa pada hari tersebut niscaya akan diampuni juga dosa-dosanya.
  • Tanggal 2 Dzulhijjah: hari tersebut terjadi sebuah peristiwa yang mana Allah SWT menjawab doa Nabi Yunus AS dengan mengeluarkannya dari dalam perut ikan nun. Orang yang berpuasa dan beribadah pada hari tersebut mendapatkan kebaikan puasa satu tahun.
  • Tanggal 3 Dzulhijjah: di hari tersebut, Allah SWT mengabulkan doa Nabi Zakaria AS yang telah secara sabar memohon keturunan. Orang yang berpuasa pada hari tersebut niscaya akan dikabulkan juga doanya.
  • Tanggal 4 Dzulhijjah: hari tersebut menjadi hari lahir Nabi Isa AS. Berpuasa pada tanggal tersebut akan membawa keutamaan berupa dihilangkan semua kesusahannya. Mereka juga akan dikumpulkan dengan orang-orang mulia setelah hari kiamat nanti.
  • Tanggal 5 Dzulhijjah: di hari tersebut, Nabi Musa AS dilahirkan. Beliau kemudian diangkat derajatnya. Berpuasa di hari tersebut akan memberikan keutamaan berupa terhindar dari sifat munafik serta siksa kubur.
  • Tanggal 6 Dzulhijjah: Allah SWT membuka semua pintu kebaikan pada tanggal 6 Dzulhijjah. Kamu yang berpuasa pada hari tersebut akan dipandang dengan penuh kasih dan rahmat oleh Allah SWT.
  • Tanggal 7 Dzulhijjah: Orang yang berpuasa pada tanggal 7 Dzulhijjah akan terhindar dari 30 pintu kemelaratan serta akan dibukakan pula 30 pintu kebaikan dan kemudahan baginya.

Ketika ingin menjalankan ibadah puasa sunnah di atas, jangan lupa sertakan niat. Ucapkan niat di dalam hati dengan mengucap nawaitu shouma syahridhilhijati sunatan lillahi taala.

2. Puasa Tarwiyah

Puasa tersebut dilakukan tepat pada 8 Dzulhijjah. Berdasarkan hadist sahih, Rasulullah pernah bersabda bahwa orang yang berpuasa tarwiyah akan diampuni dosanya pada satu tahun silam. Lakukan puasa ini dengan mengucap niat nawaitu sauma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala.

3. Puasa Arafah

Puasa ini ditunaikan pada 9 Dzulhijjah bertepatan dengan pelaksanaan wukuf di Arofah. Keutamaan puasa Arofah seperti yang sudah dijelaskan di atas adalah menghapus dosa tahun lalu dan tahun yang akan datang. Ucapkan niat nawaitu shouma’arofata lillahi taala.

 

Amalan Sunnah Sebelum dan Shalat Idul Adha

Setelah menjalankan ibadah sunnah berpuasa, ada juga ibadah sunnah sebelum shalat Idul Adha dan setelahnya. Alamat yang bisa kamu lakukan sebelum dan sesudah shalat Idul Adha adalah sebagai berikut.

  1. Mengumandangkan takbir
  2. Mandi Wajib
  3. Memakai pakaian yang paling bagus dan memakai wangi-wangian
  4. Tidak makan dan minum sebelum shalat
  5. Melewati jalan yang berbeda saat pulang dari shalat Ied
  6. Memperbanyak takbir setelah shalat Ied dan selama hari Tasyrik

Bagi yang merasa mampu, kamu juga disarankan untuk berqurban. Sedekah khusus selama hari raya Idul Adha ini akan membawa kebaikan tak terkira di hari pembalasan kelak. Berqurban termasuk amalan sunnah sebelum Idul Adha yang sangat dianjurkan.

Itulah beberapa ulasan mengenai amalan sebelum Idul Adha yang bisa kamu lakukan untuk menambah pahala.

Bagi kamu yang ingin Qurban dengan mudah di Kitabisa, caranya mudah, tepat sasaran dan diberikan pada mereka yang berhak. Ini saatnya berbagi agar mereka bisa bergembira di hari raya.


Kamu bisa berqurban dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

qurban online

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

3 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

2 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago