Amalan untuk Mencapai Berkah Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang sangat dinantikan oleh umat Islam. Kemuliaan Ramadhan terlukis dalam sabda Nabi Muhammad, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah wajibkan puasa Ramadhan. Pintu langit dibuka, pintu neraka ditutup, setan dibelenggu. Di dalamnya (bulan Ramadhan) ada lailatulqadar,” (H.R Nasai).

 

Ibadah Pelengkap Berkah Ramadhan

Karena umur bukan hal yang pasti, tidak ada jaminan bagi seseorang untuk dapat menikmati Ramadhan pada tahun selanjutnya. Sebab itu, Ramadhan yang dijalani saat ini harus diisi dengan amalan-amalan yang baik dan dianjurkan. Dengan demikian, berkah Ramadhan yang didapatkan pun semakin banyak. Nah, apa saja amalan baik yang bisa dilakukan?

  1. Salat Tarawih

    Nabi Muhammad bersabda, “Barang siapa beribadah di malam Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharap pahala, maka dihapus dosanya yang telah lampau,” (HR al-Bukhari). Salah satu bentuk ibadah pada malam Ramadhan adalah salat tarawih. Salat tarawih adalah salat sunah yang dilakukan hanya pada bulan Ramadhan.
    Dalam bahasa Arab, “tarawih” adalah bentuk jama’ yang berarti waktu sesaat untuk beristirahat. Pelaksanaannya adalah setelah Isya dan biasanya dilakukan secara berjemaah di masjid. Ada beberapa cara mengerjakan salat tarawih, salah satunya menggunakan formasi dua kali empat rakaat dengan sekali salam tiap empat rakaat selesai.

  2. Berzikir

    Berzikir merupakan salah satu amalan yang dapat dilakukan pada bulan Ramadhan, terutama pada malam hari. Mendahulukan zikir kepada Allah SWT pada saat orang banyak tertidur pulas tentu merupakan hal yang dihargai. Berzikir berarti selalu mengingat Allah, mensyukuri nikmat-Nya, dan merendahkan diri di hadapan-Nya. Karena itu, melakukan amalan zikir akan berdampak pada hati yang lebih bersih.

  3. Membaca Alquran

    Selain itu, membaca Alquran juga merupakan salah satu amalan baik pada bulan Ramadhan. Sebenarnya, bukan hanya pada saat Ramadhan, membaca Alquran juga berpahala besar jika dilakukan pada hari-hari biasa. Bahkan, melaksanakan amalan ini dapat membuat rumah terlihat bersinar. Perlu diketahui, Alquran pun diturunkan pada saat bulan Ramadhan. Tidak mengherankan jika Nabi Muhammad SAW juga lebih sering membaca Alquran pada bulan ini. Berkah Ramadhan bisa kamu dapatkan dengan mengkhatamkan Alquran.

  4. Memberi Makanan Berbuka Puasa 

    Kamu juga dapat melakukan amalan baik pada saat Ramadhan dengan cara memberi makanan berbuka pada orang yang sedang berpuasa. Bentuknya tidak perlu mewah atau mahal. Seteguk atau sebutir kurma pun diperbolehkan. Hal ini disabdakan Rasulullah, “Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikit pun, “(Bukhari Muslim).

  5. Bersedekah

    Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadhan,” (HR. Tirmidzi). Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, “Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, terutama pada saat bulan Ramadhan, ketika ditemui malaikat Jibril pada setiap malam bulan Ramadhan. Malaikat Jibril mengajaknya membaca dan mempelajari Alquran. Rasulullah lebih dermawan dalam kebaikan daripada angin yang berembus,” (Muttafaq ‘Alaih).
    Jika Nabi Muhammad saja sangat dermawan, umat Islam tentu wajib meneladani, termasuk dalam hal mengeluarkan sedekah.

Nah, kamu dapat melengkapi amalan ibadah pada saat Ramadhan dan mendapatkan berkah Ramadhan dengan bersedekah melalui Kitabisa. Sedekahmu akan disalurkan untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan.


Raih berkah Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah