Apa yang Dimaksud Sedekah Subuh dan Bentuknya?

Tahukah kamu bahwa banyak orang penasaran mengenai apa yang dimaksud sedekah subuh? Sebenarnya, sedekah subuh merupakan amalan yang sama dengan sedekah pada umumnya. Bedanya, sedekah subuh dilaksanakan di pagi hari selepas menunaikan salat subuh, sedangkan sedekah biasa dapat dilakukan kapan saja tanpa batasan waktu. 

Apa yang Dimaksud Sedekah Subuh? 

Sedekah subuh adalah kegiatan memberi bantuan kepada orang lain dengan tujuan meringankan beban penerima sedekah. Perbuatan mulia yang dicintai oleh Allah Swt ini dapat kamu lakukan pada waktu subuh hingga terbitnya matahari. Bersedekah di pagi hari memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Kamu tidak hanya mendapatkan pahala, melainkan juga didoakan oleh malaikat agar pintu rezeki makin terbuka luas, dijauhkan dari kesulitan dan penyakit hati, dihapusnya dosa, serta dipanjangkan umur.  

Bentuk Sedekah Subuh 

Sedekah merupakan ladang amal yang pahalanya tak akan terputus sehingga Allah Swt memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin menolong orang lain. Meskipun mayoritas orang bersedekah dengan uang, kamu bisa bersedekah dengan bentuk lainnya. Adapun sejumlah bentuk sedekah di pagi hari yang dapat kamu lakukan, antara lain sebagai berikut.  

Berzikir 

Berzikir merupakan sedekah. Hal ini dijelaskan dalam kitab al-Adzkar Nawawi yang ditulis oleh Imam Nawawi. Ketika kamu berzikir dengan mengucapkan kalimat tasbih, tahlil, takbir, dan tahmid, kamu akan mendapatkan pahala bersedekah. Ketika kamu tidak memiliki uang atau barang untuk dibagikan kepada orang lain, berzikir dapat memberikan kamu ganjaran sama besarnya dengan bersedekah uang. Selain itu, hati akan tenteram dan hidup lebih berkah. 

Membagikan Makanan 

Kalau kamu ingin meraih rida Allah Swt, cobalah untuk membagikan sedekah subuh dalam bentuk makanan. Biasanya, banyak orang mencari sarapan untuk memulai rutinitas harian. Kamu dapat memanfaatkan situasi ini untuk memperoleh pahala dan berkah sedekah subuh. Kamu boleh memberikan makanan jenis apa pun, misalnya roti, aneka kue basah, nasi bungkus, atau gorengan. Alangkah baiknya apabila kamu juga memberikan minum, seperti air minum kemasan cup atau botol kecil. Selain pahala, kamu akan didoakan oleh malaikat dan penerima sedekah. 

Mengajar Anak Mengaji 

Kalau ingin mendapatkan pahala berlipat, kamu bisa mengajar anak-anak mengaji setelah salat subuh setiap hari Sabtu, Minggu, atau tanggal merah. Cara ini tidak akan menganggu waktu anak-anak yang hendak bersekolah. Kamu juga bisa bersedekah tanpa takut terlambat beraktivitas harian. 

Membersihkan Tempat Ibadah

Sesuai yang dimaksud sedekah subuh, perbuatan amal ini akan mendatangkan keberkahan dalam hidup. Oleh karena itu, jangan ragu memulai sedekah subuh secara rutin. Apabila kamu tidak memiliki uang lebih, membersihkan tempat ibadah dapat menjadi solusi terbaik. Allah Swt akan menganjar kamu dengan pahala sama besar. Bahkan, kamu juga akan didoakan oleh orang yang merasakan manfaat dari perbuatan baikmu. 

Menolong Orang Lain 

Apabila kamu melihat orang lain tengah membutuhkan pertolongan, jangan ragu untuk membantunya. Hanya dengan menuntun orang tua yang hendak menyeberang atau menyingkirkan paku di jalan, Allah Swt akan memberikan kamu limpahan berkah dan pahala. 

Tersenyum 

Senyum adalah sedekah. Ketika tersenyum pada orang lain, kamu akan mendapatkan pahala bersedekah. Tak hanya bernilai ibadah, tersenyum juga dapat menjaga tali silaturahmi dengan orang lain. 

Sedekah Uang 

Mengingat sedekah subuh dianjurkan oleh Rasulullah Saw, mulailah menyisihkan sebagian uang untuk disalurkan kepada orang membutuhkan. Kamu bisa menyedekahkan uang di kotak amal masjid sehabis salat subuh berjamaah. Namun, apabila kamu termasuk orang yang menyukai kepraktisan, bersedekahlah melalui aplikasi Kitabisa. Aplikasi ini memungkinkan kamu melakukan sedekah di mana saja setiap pagi dengan nominal mulai dari Rp1.000,00 saja. 

Dilengkapi dengan fitur pengingat, melaksanakan sedekah subuh menjadi lebih menyenangkan dan tidak terasa memberatkan. Sebagai jembatan pengubung antara donatur dengan penerima manfaat, kehadiran aplikasi Kitabisa dapat menjangkau lebih banyak orang-orang yang membutuhkan di seluruh daerah di Indonesia. Setelah kamu mengetahui yang dimaksud sedekah subuh, kini saatnya menebar kebaikan bersama Kitabisa! Yuk, unduh dan instal aplikasi Kitabisa sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *