Apakah Boleh Sedekah Subuh Diberikan Kepada Orang Tua? Ini Jawabannya

Sedekah subuh menjadi salah satu amalan yang memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya adalah memperoleh doa secara khusus dari malaikat yang turun ke bumi. Kamu pun bisa melakukan sedekah dengan apa saja, tidak hanya materi. Hanya saja, kamu mungkin kebingungan saat menentukan penerima sedekah subuh yang tepat. 

Berkaitan dengan pemilihan penerima sedekah subuh, banyak orang yang memilih untuk memberikannya kepada orang tua. Alasannya sederhana, karena karena orang tua adalah sosok yang dekat. Namun, apakah boleh sedekah subuh diberikan kepada orang tua? Pertanyaan seperti ini mungkin bakal muncul ketika kamu memilih bersedekah kepada orang tua. 

Keutamaan Sedekah Subuh Kepada Orang Tua

Sedekah subuh sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aktivitas sedekah biasa. Perbedaannya hanya karena dilakukan saat memasuki waktu subuh. Oleh karena itu, sedekah subuh merupakan jenis ibadah yang hukumnya sunah atau dianjurkan. Karena termasuk sebagai ibadah sunah, kamu dapat memberikannya kepada siapa saja, termasuk orang tua. 

Sampai di sini, kamu sudah tahu jawaban tentang pertanyaan apakah boleh sedekah subuh diberikan kepada orang tua, kan? Hanya saja, dibandingkan dengan penerima sedekah subuh lain, kamu akan memperoleh keutamaan ketika memilih bersedekah kepada orang tua sendiri. 

1. Pahala Berlipat Ganda

Sedekah subuh yang ditujukan kepada orang tua memberi keuntungan berupa pahala yang berlipat. Kamu tidak hanya memperoleh pahala dari aktivitas sedekah yang telah dilakukan. Namun, Allah SWT juga memberikan pahala tambahan untuk upaya silaturahim yang sudah kamu lakukan lewat sedekah tersebut. 

2. Tanda Bakti

Memilih orang tua sebagai penerima sedekah subuh merupakan bukti tanda bakti kamu kepada mereka. Orang tua adalah sosok yang paling berjasa dalam mendidik kamu, mulai dari bayi sampai dewasa. 

Berkat jasa mereka, kamu bisa meraih berbagai pencapaian saat ini. Mereka pun rela mengeluarkan tenaga dan materi yang jumlahnya tidak terhitung untuk membesarkan anak-anaknya. Bahkan, tidak jarang orang tua lebih mengutamakan kepentingan anak dibanding mereka sendiri. 

Lebih lanjut, Islam mengajarkan kepada kita untuk senantiasa berbuaut baik kepada kedua orang tua. Perintah itu tertuang secara jelas dalam Surat Luqman ayat 14, yang artinya:

“Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang Ibu Bapaknya, Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang Ibu Bapakmu, hanya kepadaKu lah tempat kembali.”

Cara Sedekah Subuh yang Sederhana Kepada Orang Tua

Cara memperoleh keutamaan sedekah subuh kepada orang tua tidaklah sulit. Kamu hanya perlu membiasakan diri untuk bersedekah. Ada 2 tips sederhana yang bisa kamu praktikkan biar terbiasa melakukan sedekah subuh, yaitu: 

1. Berbagi Tanpa Perlu Menunggu Rezeki

Ketika bersedekah kepada orang tua, kamu tidak perlu menunggu datangnya rezeki. Kamu dapat bersedekah ketika berada pada situasi rezeki sempit atau lapang. Percayalah bahwa sedekah subuh yang kamu lakukan tidak akan mengurangi rezeki. Sebaliknya, sedekah tersebut akan membuka pintu rezeki baru. 

2. Sedekah Sesuai dengan Kemampuan

Tidak ada keharusan bagi kamu untuk melakukan sedekah dalam bentuk uang. Namun, kamu bisa menyesuaikannya dengan kondisi masing-masing. Kamu bisa memilih untuk bersedekah makanan kepada orang tua. Selain itu, ada pula pilihan untuk melakukan sedekah dengan cara membantu mereka, misalnya mencuci baju, menyapu, membersihkan kamar, dan lain sebagainya. 

Nah, itulah keutamaan dan cara membiasakan diri bersedekah subuh. Hal yang perlu kamu perhatikan, penerima sedekah subuh tidak hanya orang tua sendiri. Namun, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk sedekah kepada orang-orang yang memerlukan uluran tangan. 

Cara melakukan sedekah subuh kepada orang-orang yang memerlukan bantuan sangat mudah. Kamu dapat menggunakan Aplikasi Kitabisa pilihan untuk menyalurkan bantuan kepada penerima sedekah subuh yang berhak. 

Aplikasi Kitabisa bisa kamu gunakan di perangkat Android dan iOS. Lewat Aplikasi Kitabisa, kamu bisa bersedekah subuh dengan uang mulai dari Rp1.000. Selain itu, aplikasi ini tidak memerlukan banyak memory dan bisa berjalan lancar di smartphone berspesifikasi rendah. Yuk, segera download Aplikasi Kitabisa dan mulai bersedekah subuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *