Qurban

Apakah Kambing Qurban Harus Jantan?

Tak terasa Idul Adha sebentar lagi tiba. Umat Islam berbondong-bondong melaksanakan ibadah qurban dan berbagi kepada sesama. Apabila akan berqurban, kamu dianjurkan untuk mengecek dan memilih sendiri hewan yang akan diqurbankan. Ini untuk memastikan sah atau tidaknya ibadah qurban yang akan dijalankan. Misalnya, memeriksa jenis kelamin hewan qurban. Ada pendapat yang mengatakan bahwa kambing qurban harus jantan.

Benarkah pendapat tersebut? Apakah ada aturan khusus mengenai jenis kelamin hewan qurban yang akan disembelih? Penjelasan berikut ini perlu kamu ketahui.

 

Benarkah Kambing Qurban Harus Jantan?

Apakah Kambing Qurban Harus Jantan?

Sebagian umat Islam masih bingung apakah jenis kelamin kambing yang diqurbankan harus jantan atau betina. Imam An-Nawawi dalam Al-Majmū’ Syarḥ al-Muhadzzab pernah menjelaskan tentang hal ini seperti berikut:

“Dan diperbolehkan dalam berqurban dengan hewan jantan maupun betina. Sebagaimana mengacu pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Kuraz dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa beliau pernah bersabda, ‘(akikah) untuk anak laki-laki adalah dua kambing dan untuk perempuan satu kambing. Baik berjenis kelamin jantan atau betina, tidak masalah.” (An-Nawawi, al-Majmū’ Syarḥ Muhazzab, Beirut: Dār al-Fikr, tt., j. 8, h. 392)

Baca juga:
Berapa Batasan Umur Anak Kambing untuk Diqurbankan?
Hukum dan Ketentuan Qurban dengan Kambing

 

Hadits Mengenai Qurban Kambing Jantan

Apakah Kambing Qurban Harus Jantan?

“Jika dalam hal akikah saja diperbolehkan dengan landasan hadits tersebut, maka hal ini menunjukkan kebolehan untuk menggunakan hewan berjenis kelamin jantan maupun betina dalam qurban. Karena daging jantan lebih enak dari daging betina dan daging betina lebih lembap.” (An-Nawawi, al-Majmū’ Syarḥ Muhazzab, Beirut, Dār al-Fikr, tt., j. 8, h. 392)

Hadits di atas menjelaskan bahwa tidak ada kewajiban untuk berqurban dengan kambing jantan. Pendapat tersebut berlandaskan hadits tentang akikah yang bisa dilakukan dengan menggunakan kambing jantan maupun betina. Oleh karena itu, penjelasan tersebut juga berlaku untuk qurban. Jadi, hal ini lebih memudahkan dalam memilih kambing qurban.

Namun, bagi yang mampu membeli kambing jantan, disarankan untuk tidak memilih betina. Hal ini tidak diwajibkan, melainkan disarankan. Kambing jantan biasanya lebih bagus dan lebih mahal daripada betina. Hal ini berkaitan dengan syariat agar umat Islam yang hendak berqurban memilih hewan qurban sebaik mungkin.

Allah SWT berfirman, “siapa yang mengagungkan syiar Allah maka itu menunjukkan ketakwaan hati.” (Quran Surah Al-Hajj ayat 32)

Berdasarkan firman tersebut, Ibn Abbas mengatakan, “mengagungkan syiar Allah (dalam berqurban) adalah dengan mencari yang paling gemuk dan paling bagus.” (Tafsir Ibn Katsir, 5/421)

Baca juga:
Cek Harga Kambing Qurban per Ekor
Apa Hukum Qurban dengan Kambing Betina?

 

Lebih Baik Kambing Jantan atau Betina?

Apakah Kambing Qurban Harus Jantan?

Qurban memang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jadi, semakin menunjukkan ketakwaan maka pahala yang didapatkan pun semakin besar. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih hewan qurban jantan yang umumnya lebih bagus dan lebih berbobot dari betina.

Namun, apabila hanya mampu membeli kambing betina maka itu tidak menjadi masalah. Pada dasarnya, Islam tidak pernah mempersulit umatnya untuk beribadah. Ibadah qurban juga dinilai dari keikhlasan dan niat untuk melaksanakannya sehingga kamu bisa beribadah sesuai kemampuanmu.


Di Kitabisa, kamu bisa berqurban kambing online dengan harga yang terjangkau dan berkualitas.  Yuk, qurban sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

Qurban Online

Comments are closed.