Arti Sedekah Subuh dan Keutamaannya Bagi Muslim

Kata “sedekah” pasti bukan hal asing di telinga kita. Pada dasarnya, sedekah merupakan aktivitas memberikan sesuatu kepada orang yang lebih membutuhkan. Bentuk sedekah juga tidak ditentukan. Kamu bisa bersedekah menggunakan harta benda ataupun nonharta seperti tenaga dan kepintaran.

Arti Sedekah Subuh

Sedekah juga ada bermacam-macam. Salah satu yang kerap dibahas keutamaan dan pahalanya adalah sedekah subuh. Arti sedekah subuh sebenarnya sama dengan sedekah lain. Ibadah ini melibatkan aktivitas memberi harta atau nonharta ke orang lain yang membutuhkan secara ikhlas. 

Bedanya, sedekah ini dilakukan ketika subuh. Bagi umat Islam, subuh merupakan salah satu waktu yang istimewa. Hal ini karena, pada pagi hari tidak semua orang bisa bangun dan melaksanakan ibadah. Subuh juga dianggap sebagai waktu yang tepat untuk melangitkan doa.

Keutamaan Sedekah Subuh Bagi Muslim

Sebenarnya, sedekah tidak memiliki keterbatasan waktu dan bisa dilakukan kapan saja. Namun, sedekah di saat subuh sebelum matahari terbit memiliki keutamaannya sendiri, yaitu:

1. Mendapat Naungan di Akhirat

Saat hari kiamat, manusia dikumpulkan di padang mahsyar. Menurut beberapa hadits, padang ini merupakan tempat yang panas dan seluruh manusia berkumpul untuk ditimbang amal ibadahnya selama di dunia. Hanya ada beberapa golongan yang mendapat naungan dari Allah dan bisa berdiri di padang mahsyar tanpa kepanasan. Salah satunya adalah mereka yang sering melakukan sedekah.

2. Menghapus Dosa

Berdasarkan hadis riwayat At Tirmidzi, sedekah merupakan ibadah yang dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api. Jadi ketika kita memutuskan untuk bersedekah dengan ikhlas, terutama sedekah saayt subuh, inshaallah dosa-dosa kita akan diampuni.

3. Harta Menjadi Berkah

Banyak yang takut bersedekah karena khawatir hartanya akan berkurang. Padahal sedekah subuh memiliki banyak keberkahan. Termasuk di antaranya, setiap sedekah yang dikeluarkan akan diganti oleh Allah berlipat ganda baik dalam berbentuk harta maupun rezeki lainnya.

4. Masuk Surga dari Pintu Khusus

Keutamaan lain dan pentingnya arti sedekah subuh juga tertuang dalam sebuah hadis yang berbunyi, “Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatanmu.” (HR. Bukhari Muslim). Hal ini berarti, mereka yang senang bersedekah bisa masuk dari pintu surga khusus, wallahu’alam bisshawwab

5. Balasan Berlipat Ganda

Tidak hanya mendapat balasan berupa rezeki berlipat ganda, Allah juga berjanji bahwa umatnya yang rajin bersedekah terutama sedekah di waktu subuh akan diganjar pahala berlipat. Hal tersebut tercantum dalam salah satu ayat yang berbunyi, “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid: 18)

6. Menjaga Diri dari Sifat Curang

Keutamaan lain sedekah adalah menjaga diri dari sifat curang. Hal ini karena, orang yang senang bersedekah dianugerahi oleh Allah hati yang ikhlas sehingga saat mengalami sesuatu mereka tidak terpikir untuk berbuat hal buruk termasuk bersikap curang.

7. Melindungi dari Api Neraka

Terakhir, sedekah subuh ternyata juga bisa melindungi kita dari api neraka. Hal tersebut disampaikan dalam sebuah riwayat yaitu, “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.” (HR. Bukhari Muslim)

Setelah membaca ulasan di atas, kita sampai pada suatu kesimpulan bahwa sedekah subuh adalah salah satu ibadah dengan keutamaan yang melimpah. Jadi sayang sekali apabila kita melewatkan kesempatan untuk mendapat keutamaan tersebut dan merasakan berkahnya.

Sedekah subuh sebenarnya bukan ibadah yang sulit dilakukan. Kamu hanya perlu menyisihkan sedikit rezeki yang dimiliki setiap setelah shalat subuh. Sedekah tersebut bisa kamu kumpulkan dulu sampai banyak untuk nantinya diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Selain cara tersebut, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi KitaBisa untuk bersedekah subuh. Tidak hanya menawarkan kemudahan dan kepraktisan, aplikasi KitaBisa cukup tepercaya. Donasi atau sedekah yang dilakukan pasti tersalur ke pihak yang benar-benar membutuhkan.Menarik bukan? Semoga setelah memahami arti sedekah subuh dan keutamaannya di atas kita menjadi orang-orang yang ahli dalam sedekah dan diberkahi rezekinya, ya. Aamiin allahumma aamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *