Awali Hari dengan Sedekah Pagi. Ini 5 Contohnya!

Bisa dibilang, pagi hari adalah waktu istimewa. Di waktu inilah, manusia dianjurkan untuk memperbanyak amalan atau aktivitas yang menambah keberkahan, seperti sedekah. Sedekah sendiri merupakan amalan dengan banyak manfaat, baik bagi diri orang yang bersedekah maupun bagi kemaslahatan umat. 

Meski bisa dilakukan kapan saja, sedekah di waktu subuh terbilang yang paling baik. Mengapa demikian? Karena di waktu inilah Allah menurunkan malaikat yang nantinya akan mendoakan orang bersedekah. Seperti sabda Rasullulah SAW; 

“Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menginfakkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil) “. (HR. Bukhari No. 1351, HR. Muslim No. 1677)

Atas dasar itulah, sedekah di pagi hari diyakini mampu memberi keberkahaan. Akan sangat baik jika seseorang mengawali hari dengan sedekah pagi agar hidupnya senantiasa diberkahi dan dipermudah segala urusan. Berikut beberapa cara sedekah pagi yang bisa dicoba:

1. Infaq di Masjid ketika Salat Subuh

Bagi kamu yang salat subuh di masjid, bersedekah dengan mengisi kotak amal bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, selain sebagai tempat ibadah, masjid juga berfungsi sebagai pusat kegiatan sosial dan transfer ilmu pengetahuan. Karenanya, dana yang terkumpul di kotak amal bisa dipastikan akan digunakan untuk kebaikan dan kemaslahatan umat. 

2. Bersedekah via Transfer atau Dompet Digital

Hadirnya layanan pembayaran berbasis digital atau aplikasi yang kemudian lazim dikenal dengan dompet digital, juga kian mempermudah masyarakat untuk bersedekah. Salah satu yang direkomendasikan adalah melalui aplikasi Kitabisa. Sebuah aplikasi penggalangan dana dengan beragam program sosial. Pastinya, kamu bisa memilih salah satu di antaranya untuk menjadi tempat menyalurkan sedekah pagi. Tak harus dengan nominal besar, kamu bahkan bisa bersedekah mulai dari Rp1000. 

Tak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengingat sehingga akan selalu memberi ‘alarm’ bagi pengguna untuk bersedekah pagi. Disediakan pula kolom untuk doa, agar pengguna bisa menuliskan doa atau hajat khusus yang diinginkan. Untuk kemudian bisa diamini oleh pengguna yang lain. Sebuah aplikasi yang sangat memudahkan, bukan? 

3. Mengirim Makanan/Sembako untuk Tetangga atau Kerabat

Tak hanya berupa uang, kamu pun bisa bersedekah dengan makanan atau sembako. Di pagi hari, kamu bisa memasaknya sendiri dan kemudian berikan makanan tersebut pada tetangga atau kerabat yang rumahnya berdekatan. Atau, jika tidak ingin repot, kamu bisa bersedekah dengan memberi sembako kepada tetangga atau orang sekitar yang barangkali masih kekurangan. 

4. Sedekah Subuh di Celengan Khusus

Cara mudah bagi kamu yang ingin rutin sedekah pagi tetapi tidak ingin keluar rumah adalah dengan membuat celengan khusus. Buatlah celengan sederhana dari botol atau bahan lainnya, dan kemudian tuliskan ‘Sedekah Subuh’ beserta hajat khusus yang diinginkan. Hal ini mengacu pada apa yang disampaikan oleh Almarhum Syekh Ali Jaber untuk mengkhususkan sedekah pada satu hajat. Jadi, tuliskan hajat secara khusus dan spesifik, misal untuk memperoleh keturunan, pekerjaan, atau lainnya. 

Kemudian, letakkan celengan tersebut di tempat yang sekiranya mudah terlihat agar kamu bisa selalu ingat untuk bersedekah di setiap pagi. Ingat, yang terpenting bukan pada nominal yang besar, tetapi lebih pada konsistensi untuk bersedekah. Seperti sabda Rasulullah SAW yang mengatakan, “….Dan bahwasanya amalan yang paling dicintai oleh Allah yaitu yang dikerjakan secara terus-menerus walaupun sedikit.” (HR Bukhari dan Muslim)

5. Sedekah Non-Materi bagi Orang Sekitar

Ternyata, sedekah nggak hanya terbatas pada materi! Karena kamu pun bisa bersedekah dengan menggunakan tenaga, nasihat, pikiran, atau apapun yang bertujuan untuk kebaikan. Bahkan, senyum kita kepada sesama juga bisa disebut sebagai sedekah. Hal ini mengacu pada salah satu sabda Rasulullah SAW yang mengatakan;

“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah, perintahmu kepada berbuat baik dan mencegah kemungkaran adalah sedekah, petunjukmu kepada seseorang yang tersesat adalah sedekah, menuntunmu kepada orang yang kabur penglihatannya adalah sedekah, kamu menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan (yang dapat membahayakan pengguna jalan) adalah sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu adalah sedekah.” (H.R. At-Tirmidzi)Nah, itulah beberapa cara sedekah pagi yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat dan semangat bersedekah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *