Bacaan Niat dan Tata Cara Sedekah Subuh yang Tepat

Sedekah dapat dilakukan kapan saja. Akan tetapi, sedekah Subuh memiliki keutamaan tersendiri yang dapat membawa amalan baik bagi siapa saja yang melakukannya. Hal tersebut juga sempat disinggung oleh sosok ulama terkenal Syekh Ali Jaber, yang mengatakan bahwa sedekah Subuh adalah salah satu sedekah utama bagi umat muslim. Untuk itu, berikut adalah tata cara sedekah Subuh dan bacaan niatnya. 

Bacaan Niat dan Doa Saat Sedekah Subuh

Sebelum mengetahui tata cara sedekah Subuh yang tepat, simak dahulu bacaan niat saat bersedekah agar donasi Anda dapat membawa keberkahan. Sedekah menjadi salah satu amalan yang sangat disukai oleh Allah SWT. Karena itulah, dalil yang menyebut soal perintah bersedekah cukup banyak. Sebagaimana difirmankan dalam surat At Talaq ayat 7 di Alquran,

“Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.”

Artinya, sedekah tidak hanya membantu meringankan beban orang lain, tetapi juga bisa menjadi ladang pahala bagi individu yang mengerjakannya secara ikhlas. Nah, agar sedekah Anda menjadi kiah berkah, berikut ini bacaan niat dan doa ketika melakukannya.

Bacaan Niat Sedekah

Saat hendak bersedekah di waktu Subuh, bacalah niat di bawah ini untuk melengkapi amalan tersebut.

Nawaitut taqoruba ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma ‘ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu’awanatadh dlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu ‘alaihi wa sallama wa idkholas sururi ‘alal ikhwani wa daf’il balai ‘anhu wa ‘an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

yang memiliki arti, 

“Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahanam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi Saw, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rezeki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan.”

Bila sudah membaca niat tersebut dan kemudian bersedekah, sempurnakan dengan doa setelah sedekah. 

“Rabbana taqabbal minna innaka antas sami’ul alim.”

yang berarti 

“Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Tata Cara Sedekah Subuh 

Setelah mengetahui bacaan niat dan doa setelah sedekah, berikut adalah tata cara sedekah Subuh yang bisa Anda ikuti.

Menyiapkan kaleng atau kotak untuk mengumpulkan dana amal di rumah

Sediakan sebuah kaleng atau kotak kecil untuk menaruh dana amal yang nantinya dapat Anda sumbangkan ke masjid atau dipakai membantu fakir miskin. Kemudian isi kotak atau kaleng itu setiap selesai menjalankan salat Subuh dengan dana yang hendak Anda sedekahkan. Bila sudah terkumpul cukup banyak, Anda bisa memasukkannya ke kotak amal masjid atau menyedekahkannya kepada orang-orang yang membutuhkan. 

Memberi sedekah makan ke pondok pesantren di dekat rumah

Apabila di dekat rumah terdapat sebuah pondok pesantren, Anda bisa menyalurkan sedekah makanan ke tempat tersebut. Selain pondok pesantren, panti asuhan juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk menyerahkan donasi makanan. 

Menaruh sedekah barang seperti makanan atau minuman di depan pagar rumah

Tata cara sedekah Subuh lainnya yang bisa Anda ikuti adalah dengan menaruh sedekah berupa barang, seperti makanan atau minuman misalnya, di depan pagar rumah. Anda bisa menggantungnya di pagar atau taruh sumbangan di dalam lemari kecil yang tidak terpakai. Letakkan lemari tersebut di depan pagar rumah dan kemudian beri tulisan “Silakan yang mau ambil. GRATIS”

Memanfaatkan aplikasi sedekah yang amanah

Jika ingin rutin sedekah Subuh, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi sedekah seperti aplikasi Kitabisa yang sudah terbukti amanah dan mampu menyalurkan dana donasi ke mereka yang benar-benar membutuhkan. Jadi, Anda pun akan merasa lebih tenang saat menyalurkan sedekah. Di sisi lain, menyalurkan dana sedekah lewat aplikasi Kitabisa menawarkan beberapa keunggulan. 

Pertama, Anda sudah bisa berdonasi di aplikasi tersebut mulai dari Rp1.000. Kedua, tersedia fitur Pengingat Donasi yang akan membantu mengingatkan Anda untuk bersedekah secara rutin. Selanjutnya, pengguna juga dapat menuliskan doa-doa yang bisa diaminkan oleh para orang baik lain yang menggunakan aplikasi Kitabisa.  

Demikian tata cara sedekah Subuh serta bacaan niatnya. Jadi, tunggu apalagi? Makin rutin bersedekah, makin banyak orang membutuhkan yang terbantu dengan tindakan mulia Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *