Untuk NGO

Kolaborasi NGO dan Kitabisa: Cara Bangun Kepercayaan Calon Pendukung

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

NGO harus membangun rasa percaya diri calon pendukung untuk meyakinkan mereka bahwa organisasi Anda memiliki misi yang nyata. Walaupun misi organisasi bertujuan untuk menciptakan suatu hal yang positif tapi belum tentu program yang organisasi Anda buat akan menarik perhatian calon pendukung.

Manfaatkan wadah Anda sebagai organisasi dan gunakan kekuatan tersebut untuk menjadi organisasi yang aktif dan memiliki kemampuan untuk mengubah pandangan masyarakat luas. Berikut merupakan 3 cara untuk mendorong kepercayaan calon pendukung organisasi:

1. Fokus Kepada Solusi

Para donatur menginginkan organisasi yang sudah mengetahui atau berupaya untuk menawarkan solusi dari permasalahan sosial yang NGO angkat. Tunjukan solusi yang menarik dan tingkatkan kepercayaan para donatur selain itu juga membantu mereka untuk mengerti permasalahan yang NGO tangani. Seperti yang dilakukan NGO Shining Hope for Communities menunjukan langkah-langkah untuk membantu komunitas di Kenya, Afrika untuk keluar dari kemiskinan.

 

2. Tunjukan Aksi Nyata

NGO bergantung pada komunikasi secara tertulis dan visual untuk menarik perhatian para pendukung. Dengan itu tunjukan aksi secara nyata seperti organisasi Action Against Hunger melalui websitenya menceritakan aksi yang telah mereka lakukan melalui visualisasi dan angka.

Selain Action Against Hunger, organisasi Rubicon juga menampilkan upaya mereka untuk membantu masyarakat yang tertimpa bencana alam. Mereka memperlihatkan kinerja organisasi melalui kumpulan foto di website mereka.

Otak manusia memproses visual lebih cepat 600,000 kali dibanding teks, jadi dengan menyediakan foto, infografis dan video akan lebih meyakinkan para pendukung.

3. Tunjukan Komitmen

Selain menunjukan solusi dan aksi nyata organisasi juga harus memiliki visi yang menunjukan apa perencanaan untuk masa depan organisasi. Sebagai contoh organisasi Blood: Water menunjukan tujuan dalam jangka pendek dan juga jangka panjang. Jelaskan bahwa organisasi Anda memiliki komitmen jangka panjang untuk menginspirasi para pendukung.

Langkah selanjutnya yaitu untuk mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan organisasi untuk membantu mewujudkan program yang Anda telah bentuk.

3 tips di atas bisa dijadikan panduan untuk NGO di Indonesia dalam melakukan inovasi sosial. NGO juga bisa menggandeng startup, seperti Kitabisa.com, untuk melaksanakan aksinya. Kitabisa.com kini menjadi platform online crowdfunding bagi banyak permasalahan sosial yang terjadi di Indonesia dan memudahkan masyarakat untuk berkontribusi membuat perubahan.

Kitabisa.com juga membuka kesempatan bagi organisasi nonprofit atau NGO untuk berkolaborasi bantu sesama. Nantinya, tim kitabisa akan membantumu menjadi konsultan untuk campaign yang kamu buat.  Silakan kirim rencana kerja samamu ke [email protected].

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons