Sedekah

Bantu Fakir Miskin di Dangku Empat Petulai dengan Berinfaq

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Wilayah Dangku Empat Petulai berpusat di Desa Dangku yang merupakan penggabungan dari marga Dangku dengan marga Kuripan (Desa Dangku, Desa Gunung Raja, Desa Pangkalan Babat, Desa Siku, desa Baturaja, Desa Kuripan, Desa Kahuripan Baru, Desa Banuayu). Desa ini terletak di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan berada sekitar 120 km dari kota Palembang terdapat sungai Lematang dan mayoritas bermukim di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS).

Jumlah penduduk kabupaten Muara Enim sendiri pada tahun 2015 menurut proyeksi penduduk  berjumlah sekitar 600.398 orang. Pada tahun 2014 jumlah penduduk di wilayah ini dihuni oleh sekitar 590 ribu orang, selama kurun waktu 2014-2015 terjadi pertumbuhan sebesar 1,59 persen. Sedangkan jumlah angkatan kerja tahun 2015 sebanyak 302.936 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 93,31 persen adalah mereka yang bekerja dan 6,69 persen adalah mereka yang tergolong sebagai kelompok pengangguran terbuka. Penduduk yang bekerja ini sebagian besar bekerja pada sektor perkebunan, perburuan, perikanan, perdagangan, rumah makan, dan jasa akomodasi.

 

Jumlah Penduduk Miskin di Sumatera Selatan

infaq adalah

Secara umum jumlah penduduk miskin di Sumatera Selatan mencapai 1.076,40 ribu orang (12,82%). Jumlah penduduk miskin ini sedikit berkurang dibandingkan dengan kondisi pada September 2017. Persentase penduduk miskin di daerah perkotaan per September 2017 sebesar 12,36 persen naik menjadi 12,43 persen per September 2018. Sementara persentase penduduk miskin di daerah pedesaan turun dari 13,54 persen per September 2017 menjadi 13,05 persen keadaan September 2018.

Di atas atau hampir 500 penduduk di wilayah Dangku Empat Petulai tidak memiliki tempat tinggal permanen layak dan mereka tidak memiliki sumber penghasilan tetap karena tinggal di wilayah Daerah Aliran Sungai dan sangat bergantung terhadap pasang surut sungai Lematang. Masyarakat pada umumnya tidak memiliki ladang sendiri, hanya saat musim kemarau dapat menjadi buruh di kebun sayur/sawah. Sedangkan saat banjir musiman nyaris tanpa penghasilan dan hasil menangkap ikan secara tradisional pun tidak mencukupi. Di samping itu masa depan pendidikan anak mereka yang berprestasi tidak terjamin untuk selesai sampai dengan Perguruan Tinggi.

 

Yayasan Citra Harum Permata

infaq adalah

Berdasar atas keinginan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik untuk warga di wilayah Dangku Empat Petulai, yayasan dipandang sebagai sebuah bentuk ideal dan terbentuklah Yayasan Citra Harum Permata atau lebih dikenal dengan CHP Foundation. CHP Foundation merupakan salah satu yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan. CHP Foundation juga didukung oleh donatur publik dari masyarakat yang memiliki rasa peduli tinggi terhadap permasalahan sosial dan kemanusiaan, serta partisipasi perusahaan melalui kemitraan melalui Corporate Social Responsibility (CSR). Berikut merupakan beberapa Program Kerja yang diusung oleh CHP Foundation untuk masyarakat di wilayah Dangku Empat Petulai, diantaranya:

  • Program bantuan sosial, seperti santunan untuk keluarga fakir miskin.
  • Kemanusiaan dan Tanggap Bencana Alam
  • Program Renovasi dan Pembangunan Masjid
  • Modal Kerja Tanpa Bunga dan Tanpa Agunan
  • Program Kemitraan dan Bagi Hasil
  • Beasiswa
  • Program Rumah Yatim Piatu dan Panti Jompo
  • Pendidikan, Pelatihan dan Penyuluhan

Untuk membantu berjalannya program tersebut, kamu dapat melakukannya dengan berinfaq. Infaq merupakan salah satu amalan baik yang dapat menyempurnakan ibadah puasamu di bulan yang penuh keberkahan ini. Berikut merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai infaq serta manfaat berinfaq.

 

Pengertian Infaq

infaq adalah

Menurut bahasa infaq adalah membelanjakan atau membiayai. Infaq menurut istilah berarti mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan penghasilan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan dalam ajaran Islam. Berinfaq berbeda dengan zakat dimana dalam berinfaq tidak ditentukan nisab atau jumlah hartanya. Infaq juga tidak harus diberikan kepada mustahik tertentu, melainkan dapat diberikan kepada siapapun seperti keluarga, kerabat, anak yatim, orang miskin, dan lain-lain. Seperti firman Allah SWT yang berbunyi:

Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu. Dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. At-Tagabun: 16)

 

Manfaat Infaq

infaq adalah

Berikut merupakan beberapa manfaat berinfaq, diantaranya:

  1. Sebagai sarana pembersih jiwa
  2. Menjadi bentuk realisasi kepedulian sosial
  3. Sebagai sarana untuk meraih pertolongan sosial
  4. Bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT

Ditulis Oleh: Ray


Kamu dapat dengan mudah menyalurkan infaq ataupun shadaqahmu saat ini secara online melalui Kitabisa. Ayo wujudkan kehidupan yang lebih baik untuk sesama dengan mulai berinfaq!

Comments are closed.