Update

Bantu Pejuang Kanker Lewat Diary Kebaikan

Kanker merupakan penyakit yang muncul akibat pertumbuhan sel-sel tidak normal.  Jika dibiarkan, sel ini dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Kasus kanker di Indonesia kini telah mencapai 4,8 juta pada tahun 2018. 

Setiap tahunnya, berbagai jenis kanker bermunculan dengan contoh kasus terbanyak adalah kanker payudara, serviks, dan paru-paru di tahun 2018. Penderita pun naik pesat di seluruh dunia. Berdasarkan laporan yang dirilis oleh International Agency for Research on Cancer, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diperkirakan ada 18,1 juta kasus baru yang menyebabkan 9,6 juta kematian pada tahun 2018.

Faktor Risiko Penyakit Kanker

Tingginya kasus baru kanker dengan besarnya tingkat kematian berkaitan dengan faktor risiko kanker yang seharusnya dapat dicegah. Berikut ini adalah faktor risiko penyakit kanker, diantaranya:

  1. Indeks Massa Tubuh Tinggi. Kelebihan berat badan, obesitas, dan kurangnya aktivitas fisik, yang menyebabkan kasus kematian akibat kanker terus meningkat setiap tahunnya.
  2. Kurangnya Konsumsi Buah dan Sayur. Buah dan sayur sangat penting bagi tubuh sebagai sumber serat dan vitamin.
  3. Penggunaan Rokok. Rokok dapat memicu beragam jenis penyakit, salah satunya kanker. Hindari penggunaan rokok untuk menjauhi risiko kanker.
  4. Konsumsi Alkohol yang Berlebih. Alkohol yang berlebihan dalam tubuh dapat memicu timbulnya zat tidak baik yang menciptakan sel abnormal.

Begitu besarnya kasus penyakit kanker di dunia, tanggal 4 Februari akhirnya diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Pada hari ini, semua orang menunjukkan dukungannya untuk mereka yang sedang berjuang melawan penyakit kanker. Tak hanya di dunia, Indonesia juga merayakannya dengan memberikan semangat dan bantuan untuk mereka para pejuang kanker.

Untuk memperingati hari kanker sedunia, maka di bulan Februari ini, Kitabisa mengajak #OrangBaik untuk memberikan dukungan bagi para pejuang kanker. Campaign tersebut menjadi awal dari sebuah deretan kebaikan di tahun ini.

Yuk, mulai buat catatan kebaikanmu di bulan Februari ini dengan membantu para pejuang kanker di Kitabisa!

Comments are closed.

sedekah subuh