Cara Bantu Warga Terdampak Erupsi Semeru dari Rumah

Sabtu, 4 Desember 2021 Gunung Semeru dilaporkan meletus. Dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yaitu Kecamatan Pronojiwo pada Desa Pronojiwo, Oro-oro Ombo, Sumber Urip, serta Dusun Curah Kobokan di Desa Supiturang terkena dampak paling parah dari semburan abu vulkanik gunung terbesar di pulau Jawa ini. Selain itu, di Kecamatan Candipuro pada Dusun Kamarkajang di Desa Sumberwuluh dan Desa Sumbermujur serta delapan kecamatan dan beberapa desa di Kabupaten Malang yang juga terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Semeru.

Dampak dari letusan gunung api ini juga semakin meluas. Setidaknya, lebih dari 400 warga diharuskan mengungsi. Tak hanya rumah warga, fasilitas umum seperti masjid, jembatan, dan sekolah di sekitar Semeru pun terkena dampak. Hingga 7 Desember 2021, belasan warga telah dinyatakan meninggal. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk membantu warga terdampak Erupsi Semeru ini?

  1. Donasi

Bantu warga terdampak erupsi Semeru dengan donasi mulai dari Rp 1000. Melalui Kitabisa, telah terkumpul lebih dari Rp 1,4 Milyar donasi dari #OrangBaik di seluruh Indonesia. Donasi ini akan difokuskan untuk pembelian popok, sembako, pakaian hangat, masker, makanan, air bersih, dan juga selimut yang menjadi kebutuhan utama para pengungsi.

Silahkan klik link berikut untuk ikut berdonasi!


2. Galang dana

Selain berdonasi, teman-teman juga bisa membuat halaman galang dana sendiri untuk membantu saudara kita di sekitar Semeru. Bahkan, kamu juga bisa menyalurkannya sendiri sesuai dengan fokus kebutuhan warga terdampak erupsi yang kamu tentukan. Kitabisa akan melakukan berusaha memproses verifikasi dan validasi secepat mungkin agar halaman galang dana kamu segera publish demi cepat tanggap membantu warga Semeru.

Silahkan klik link ini untuk buat galang dana


3. Jadi fundraiser

Jika teman-teman ingin buat halaman galang dana sendiri tapi bingung cara penyalurannya, kamu bisa ikut jadi fundraiser untuk halaman galang dana Darurat Erupsi Semeru. Jadi, kamu bisa punya halaman galang dana sendiri untuk mendukung halaman galang dana utama. Penyalurannya pun akan diurus secara amanah dan transparan oleh tim penyelenggara halaman galang dana induk, yang pada kali ini adalah Kitabisa sendiri. Simak video ini untuk cari tahu caranya:

Klik link ini untuk jadi fundraiser di halaman galang dana Darurat Semeru