Bantu Yatim Santap Menu Buka Puasa yang Sehat

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan kemuliaan. Di bulan ini, setiap orang pasti berlomba-lomba dalam kebaikan karena setiap perbuatan baik akan mendapatkan pahala yang berlipat gan da. Memberi makan anak yatim adalah salah satu perbuatan baik yang dapat dilakukan oleh kita semua, apalagi jika kegiatan dilakukan di bulan suci Ramadhan yang tentu akan mendapatkan banyak kemenangan bagi yang melakukannya.

 

Menu Buka Puasa untuk 2000 Anak Yatim dan Dhuafa

Setelah seharian berpuasa menahan lapar dan haus, kita akrab berbuka puasa dengan makanan dan minuman yang sehat, segar serta nikmat. Demikian pula dengan anak-anak yatim dan dhuafa. Namun, masih banyak anak yatim dan dhuafa yang berbuka puasa dengan seadanya. Padahal, mereka juga paling tidak ingin merasakan kenikmatan berbuka puasa seperti anak-anak yang mampu lainnya. Seperti tahun lalu, Halimah Siti Alia bersama Sekolah Relawan kembali akan mengajak 2000 anak yatim dan dhuafa untuk berbuka puasa bersama dengan menu makanan yang sehat, lezat dan nikmat.

 

Kegiatan Buka Puasa yang Dinanti

Bantu Yatim Santap Menu Buka Puasa yang Sehat

Momen berbuka puasa ini merupakan salah satu momen yang ditunggu oleh seluruh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan. Begitu juga dengan para anak yatim dan dhuafa yang tinggal di panti asuhan. Anak-anak pasti mengharapkan adanya menu makanan yang lezat dan sehat, setelah menahan lapar dan dahaga selama satu hari penuh. Maka dari itu, bersama Sekolah Relawan, kamu bisa membantu mereka untuk menikmati makanan buka puasa yang bergizi.

 

Ketentuan Buka Puasa

Bantu Yatim Santap Menu Buka Puasa yang Sehat

Kita disunnahkan untuk berbuka dengan sesuatu yang manis. Rasulullah saw. selalu berbuka puasa dengan menu ruthab, kurma, dan air putih sebelum menjalankan ibadah shalat maghrib. Selain karena kurma merupakan salah satu buah yang manis, ternyata banyak kandungan baik di dalamnya yang dapat mengisi kembali stamina setelah menjalankan ibadah puasa selama 12 jam.

Selain kurma, meneguk air putih sebelum menyantap makanan juga merupakan salah satu hal yang penuh manfaat dan dapat meredakan dahaga di lambung serta panas puasa sehingga lambung akan lebih siap dalam menerima makanan. Banyak ragam menu berbuka puasa yang praktis dan bergizi seperti sop telur puyuh, dan lain sebagainya. Berikut merupakan beberapa menu berbuka puasa yang dapat kamu masukkan ke dalam daftar menu saat puasa Ramadhan tiba.

 

Menu Buka Puasa yang Bergizi dan Praktis

Bantu Yatim Santap Menu Buka Puasa yang Sehat

Menu berbuka puasa harus lah yang bergizi agar dapat mengembalikan stamina tubuh setelah menjalankan aktivitas puasa seharian. Oleh karenanya, makanan-makanan berikut merupakan makanan yang bergizi serta praktis untuk dijadikan menu berbuka puasa.

  1. Capcay Sayur

    Meskipun masakan yang satu ini terlihat rumit karena banyaknya bahan yang digunakan, tetapi proses memasaknya tergolong sangat mudah. Capcay sayur berisikan banyak sayuran yang mengandung zat besi tinggi serta mengandung vitamin A, B, C yang dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar.

  2. Sop Telur Puyuh

    Selain menggunakan ayam, kamu juga dapat menambahkan telur puyuh ke dalam campuran sop karena telur puyuh memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding terlur ayam sehingga cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa.

  3. Es Kopyor

    Minuman yang satu ini juga sangat popular dalam menu berbuka puasa di bulan Ramadhan. Es kopyor yang asli umumnya dibuat dari serutan daging buah kelapa muda yang masih kenyal dan kuahnya tentunya dari air kelapa itu sendiri. Es kopyor dari kelapa asli sungguh dapat mengembalikan kesegaran tubuh setelah seharian beraktivitas sambil menjalankan puasa Ramadhan.

  4. Tumis buncis jagung teriyaki

    Bumbu teriyaki tidak hanya dapat digunakan untuk mengolah ayam atau daging sapi. Kamu juga bisa menambahkan bumbu teriyaki ini pada tumisan sayuran seperti buncis dan jagung. Buncis memiliki kandungan energi dan serat yang cukup tinggi sehingga panganan ini merupakan salah satu makanan yang bergizi dan menyehatkan.

  5. Es biji selasih

    Biji selasih di dalamnya banyak terkandung zat yang baik bagi tubuh manusia. Salah satu kandungan penting yang dimiliki biji selasih ini adalah eugenol, tymol, metal eugenol, dan berbagai macam vitamin kompleks serat dan juga lemak.

Ditulis OIeh: Ray


Kamu dapat membantu anak yatim dan dhuafa lainnya agar dapat merasakan menu berbuka puasa yang bergizi dan sehat dengan menyisihkan sebagian hartamu untuk bersedekah. Sekarang kamu dapat bersedekah secara online melalui website Kitabisa atau melalui aplikasi Kitabisa. Ayo berlomba-lomba dalam kebaikan dengan mulai bersedekah!

banner_donasi_sedekah