(function(w,d,s,l,i){w[l]=w[l]||[];w[l].push({'gtm.start': new Date().getTime(),event:'gtm.js'});var f=d.getElementsByTagName(s)[0], j=d.createElement(s),dl=l!='dataLayer'?'&l='+l:'';j.async=true;j.src= 'https://www.googletagmanager.com/gtm.js?id='+i+dl;f.parentNode.insertBefore(j,f); })(window,document,'script','dataLayer','GTM-MCTFDG4');
Zakat

Berbagai Kelebihan Zakat Fitrah Online

Selain berpuasa, zakat fitrah menjadi salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh beberapa muslim. Ibadah ini dilakukan sebanyak satu kali dalam setahun pada bulan Ramadhan. 

Zakat dapat berupa pemberian bahan makanan pokok yang biasanya dikonsumsi maupun sejumlah uang yang besarnya setara dengan harga makanan tersebut.

Untuk membayarkannya, muzakki atau pemberi zakat perlu mendatangi amil zakat secara langsung. Namun saat ini, zakat fitrah juga dapat dilakukan secara online melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui gawai. Berikut serba-serbi pembahasan seputar bayar zakat fitrah online.

Bayar Zakat Fitrah Online, Apa Hukumnya?

Biasanya, pembayaran zakat dilakukan dengan mendatangi langsung amil zakat terpercaya. Namun, berkat adanya perkembangan teknologi seperti sekarang, zakat fitrah juga dapat dibayarkan secara online. Lalu, bagaimana hukumnya?

Ketika melakukan zakat online, pihak amil zakat tidak bisa melakukan ijab qabul dan berdoa sebagai tanda telah diterimanya zakat karena tidak bertatap muka dengan muzakki. Hal ini yang menimbulkan pertanyaan, apakah zakat fitrahnya tetap sah jika demikian?

Jawabannya, pembayaran zakat secara online tetap sah karena ijab qabul bukanlah rukun atau syarat sah zakat fitrah. Hal-hal paling penting ketika berzakat adalah adanya muzakki, mustahiq atau kelompok yang berhak menerima zakat, serta harta zakat.

Selain itu, dilansir dari laman Dompet Dhuafa, berdasarkan pendapat Syaikh Yusuf Al-Qardhawi dalam Fiqhuzzakat, muzakki tidak harus berkata secara langsung bahwa dana yang diberikannya adalah zakat. Oleh karenanya, jika muzakki tidak menyatakan langsung kepada penerima zakat bahwa harta yang diberikannya merupakan zakat, maka zakatnya tetap sah.

Selain Lebih Praktis, Ini Keuntungan Membayar Zakat Fitrah Secara Online

Proses yang berbeda tentu membuat pembayaran zakat fitrah secara online memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

Tak Perlu Meninggalkan Rumah

Karena dilakukan secara daring, pemberi zakat hanya perlu membuka gawai untuk menyalurkan hartanya lewat aplikasi terpercaya sehingga tak perlu meninggalkan rumah. Hal ini tentu sangat menguntungkan terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Selain meminimalisir diri untuk terpapar dari virus berbahaya, pembayaran zakat secara daring juga lebih mudah dan praktis.

Memiliki Pilihan Berbagai Metode Pembayaran

Keunggulan lain dalam kegiatan bayar zakat fitrah online adalah tersedianya berbagai opsi pembayaran. Aplikasi penyedia layanan zakat online biasanya menyediakan metode-metode pembayaran melalui Gopay, DANA, hingga transfer berbagai bank di Indonesia yang dapat bebas dipilih sehingga memudahkan pengguna.

Memperoleh Laporan Penyaluran Bantuan

Selain proses transaksinya yang lebih mudah, pembayaran zakat online juga menyediakan laporan penyaluran bantuan usai pengguna melakukan transaksi. Hal ini sebagai bukti tertulis bahwa bantuan yang diberi telah benar-benar berhasil disalurkan kepada pihak terkait.

Waktu Membayar Zakat Fitrah 2022

Zakat fitrah dibayarkan sekali dalam satu tahun, yakni pada bulan Ramadhan. Ibadah ini dapat dilaksanakan mulai dari awal Ramadhan hingga sebelum shalat Idul Fitri. Jika pembayaran zakat lewat dari shalat Idul Fitri, maka hal tersebut akan dianggap sebagai sedekah saja. Hal itu seperti yang tertera dalam salah satu hadis riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah yang berbunyi:

“Dari sahabat Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitri sebagai penyucian bagi orang yang berpuasa dari ucapan sia-sia dan ucapan keji, dan sebagai sarana memberikan makanan bagi orang miskin. Siapa saja yang membayarnya sebelum shalat Id, maka ia adalah zakat yang diterima. Tetapi siapa saja yang membayarnya setelah shalat Id, maka ia terhidup sedekah sunnah biasa.”

Oleh karenanya, pada 2022 ini, pembayaran zakat fitrah dapat dimulai sejak 2 April hingga sebelum hari raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 2 Mei.

Bayar Zakat Fitrah Online Lewat Aplikasi Kitabisa

Di era yang serba digital ini, kamu bisa bayar zakat fitrah online, salah satunya lewat aplikasi Kitabisa.

Kitabisa sendiri sudah menjadi Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Kamu bisa menunaikan kewajiban zakatmu dengan aman dan tepercaya lewat Kitabisa. Yuk, tunaikan kewajiban zakatmu via aplikasi Kitabisa!

Recent Posts

Challenge TTS #TunjukinTandaSayang

#SalingJagaKembali di aplikasi Kitabisa! Kini SalingJaga sudah punya izin asuransi dan siap melanjutkan gerakan tolong…

1 month ago

Program SLBK (SalingJaga Bersemi Kembali)

#SalingJagaKembali di aplikasi Kitabisa! Kini SalingJaga sudah punya izin asuransi dan siap melanjutkan gerakan tolong…

1 month ago

Asyiknya Ngumpulin Pahala lewat 5 Ramadhan Challenge Kitabisa

Udah siap sambut Ramadhan belum? Ramadhan jadi bulan yang begitu indah untuk mengumpulkan pahala, sebagaimana…

2 months ago

Sambut Ramadan, Aplikasi Kitabisa Hadirkan Fitur Notifikasi Azan, Baca Quran hingga Sedekah Otomatis

Kitabisa selaku startup gotong-royong digital yang telah memfasilitasi lebih dari 8 juta donatur untuk menolong…

2 months ago

Tanya Jawab Seputar Bazar Ramadhan By Kitabisa

Q: Apa itu Bazar Ramadhan? A: Bazar Ramadhan merupakan program dimana pengguna Aplikasi Kitabisa dapat…

2 months ago

Tanya Jawab Seputar Tokobaik by Kitabisa

Q: Apa itu TokoBaik? A: TokoBaik adalah wadah dimana kamu bisa membeli barang untuk berbagi…

3 months ago