Puasa

Begini Manfaat Puasa dari Sisi Kesehatan

Tahukah kamu bahwa ritual puasa bukan sekadar menunaikan tradisi atau kewajiban beragama? Berpuasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim. Namun, ketika ditelusuri lebih dalam, kamu bisa menemukan banyak manfaat puasa dari sisi kesehatan. Yuk, simak penjelasan berikut!

 

Ini yang Terjadi dalam Tubuhmu

Umumnya, kamu merasakan hari-hari pertama puasa agak berat. Hal tersebut normal karena tubuhmu sedang beradaptasi dengan jam biologis baru. Setelah beberapa hari, tubuh mulai terbiasa, sehingga kamu merasa lebih ringan menjalani puasa. Mengapa demikian?

Perlu kamu tahu, tubuh membutuhkan waktu delapan jam agar bisa menyerap nutrisi dari makanan terakhir yang disantap. Tubuh manusia mampu berpuasa ketika mengonsumsi sesuatu lebih dulu. Itulah mengapa, makan sahur sangat disarankan sebelum kamu berpuasa sejak matahari terbit sampai terbenam.

Lebih lanjut, sumber energi utama tubuh pada kondisi normal adalah gula yang tersimpan dalam otot dan hati. Saat berpuasa, simpanan gula tersebut berfungsi sebagai penghasil energi bagi tubuh. Ketika asupan gula tubuh berkurang, sumber energi berikutnya adalah lemak. Ini menjelaskan mengapa puasa punya andil dalam penurunan berat badan. 

 

Manfaat Puasa dari Sisi Kesehatan

Dari segi psikologis, puasa diyakini mampu mengatasi stres maupun depresi dalam beberapa kasus. Berpuasa adalah salah satu cara jitu berlatih mengendalikan diri. Di sisi lain, setelah berjalan beberapa hari, kadar endorfin dalam darah meningkat. Hal tersebut membuat seseorang merasa lebih fit dan sehat secara psikis.

Ketika ditinjau dari sisi fisik, ini deretan manfaat puasa yang perlu kamu ketahui. 

  1. Mendukung pemulihan kondisi medis

    Ketika berpuasa diikuti oleh perubahan pola makan sehat sebelum dan setelah waktu berpuasa, bisa mendukung pemulihan kondisi medis tertentu. Sebagai contoh, radang usus besar dan radang sendi. Bahkan, beberapa penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim juga bisa terbantu penyembuhannya saat penderita rutin berpuasa.

  2. Membuat jantung lebih sehat

    Beberapa penelitian mengungkapkan, mereka yang rutin berpuasa mempunyai risiko 58% lebih rendah mengidap penyakit jantung. Penelitian lainnya juga menyatakan, kondisi tubuh berpuasa mampu menurunkan resistensi insulin yang menjadi pemicu diabetes.
    Meski penelitian itu ada benarnya, kamu tetap perlu memperhatikan faktor lain. Menjaga kesehatan jantung juga harus diimbangi oleh penerapan gaya hidup sehat, seperti pola makan dan olahraga teratur.

  3. Menurunkan risiko kanker

    Satu hal menarik yang perlu kamu tahu, laju pembelahan sel dalam tubuh berkurang seiring menurunnya pertumbuhan akibat asupan menuju tubuh dibatasi. Dengan kata lain, puasa dianggap bisa menurunkan risiko kanker. Meskipun demikian, manfaat itu masih perlu penelitian lanjutan supaya terbukti secara ilmiah.

  4. Berat badan lebih stabil

    Seperti telah dijelaskan di atas, ketika terjadi pembakaran lemak dalam tubuh, berat badan orang yang berpuasa bisa menurun. Begitu pula tingkat kolesterol. Ketika berat badan turun, tubuh mampu mengendalikan tekanan darah hingga diabetes. Berat badan pun bisa lebih stabil.
    Akan tetapi, angka timbangan bisa bergeser ke kanan ketika kamu tidak mampu mengendalikan makan saat berbuka puasa. Maka, biasakan mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan cukup energi. Berbekal pola makan sehat, seimbang, disertai asupan cairan yang tepat, berat badan kamu bisa lebih stabil.

 

Waspada pada Kondisi Kesehatan Ini

Di sisi lain, pastikan kondisi tubuhmu cukup fit untuk menjalankan puasa. Apalagi, ketika kamu berpuasa tanpa makan sahur. Hal ini bisa membuatmu merasa lemas, tidak bertenaga, dan tidak bersemangat. 

Lalu, ada beberapa kondisi kesehatan yang dipandang berisiko jika berpuasa, antara lain mereka yang bertekanan darah rendah, anemia, punya gangguan makan, dan diabetes. Begitu juga bagi mereka dengan riwayat penyakit hati atau ginjal, menjalani pengobatan rutin, serta ibu hamil dan menyusui. 

Jika kamu mengalami salah satu kondisi kesehatan tersebut, lebih baik konsultasi lebih dulu ke dokter ya. Jadi, kamu bisa benar-benar menikmati manfaat puasa tanpa mengganggu kesehatan tubuh. 


Kamu bisa menyempurnakan ibadah puasa dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

1 day ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

6 days ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

6 days ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

6 days ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

2 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago