Belajar dan Berdonasi dari Kisah Bayi Pengidap Kanker Kulit

Seiring berkembangnya virus dan penyakit, kini kanker bisa lebih sangat dini menyerang. Bahkan pada bayi. Khususnya kanker kulit.  Maka, pengetahuan akan gejala kanker kulit ini akan begitu penting untuk diketahui. Pada artikel ini, kita akan sama-sama belajar tentang kanker kulit dan kasus yang menimpa pada bayi umur 8 bulan. Semoga bermanfaat.

Penyebab dan Gejala Kanker Kulit

Kanker kulit ini sendiri adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Kanker kulit memiliki tingkat keganasan dan jenis yang berbeda- beda. Salah satu jenisnya yaitu Melanoma maligna. Biasanya gejala awal dari Melanoma maligna adalah dengan munculnya pola titik berpigmen atau benjolan. Bentuk titik menyerupai tahi lalat normal, tetapi biasanya memiliki penampilan yang lebih tidak teratur dengan tepi yang berwarna gradasi.

Sigap Deteksi Kanker Kulit Sejak Dini untuk Terhindar

Namun, kanker adalah penyakit yang harus cepat ditangani dengan serius, karena kanker dapat mudah menyebar dari situs awal ke tempat lain di dalam tubuh (metastasis). Sel kanker dapat melepaskan diri dari tumor utama, masuk ke pembuluh darah, ikut bersirkulasi dalam aliran darah, dan tumbuh di jaringan normal yang jauh dari tumor asalnya. Maka adek Fika seharusnya sudah ditangani sejak awal dilihatnya bintik bintik itu, agar tidak menyebar kebagian tubuh lain.

Pencegahan Kanker Kulit

Untuk membantu mencegah kanker kulit, kamu dapat melakukan perlindungan kulit dari matahari seperti menggunakan krim matahari (SPF) 15 atau lebih besar sebelum terpapar sinar matahari. Memeriksa kulit kamu secara teratur, serta pahami setiap jengkal tahi lalat di tubuh sehingga dapat melihat adanya perubahan atau tahi lalat baru.

Cerita Adek Fika, Bayi 8 Bulan Terkena Kanker Kulit

Kenalkan Rafika Romadhona namanya, atau yang biasa akrab dipanggil adek Fika. Fika berasal dari Desa Gunungeleh Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang – Madura Provinsi Jawa Timur.  Saat Fika berumur 8 bulan, keluarga Fika mulai melihat bintik bitnik hitam pada beberapa bagian tubuhnya. Fika kecil tak pernah mengeluh tentang bintik bintik hitam tersebut, sehingga orang tua Fika mengira hal ini bukanlah masalah yang perlu dikhawatirkan.

Seiring berjalannya waktu kondisi Fika semakin memburuk. Bintik bintik hitam itu tidak pernah diperiksa dan ditangani dengan serius. Minimnya pengetahuan, membuat keluarga Fika tidak mencurigai bintik bintik tersebut, bahkan tidak menyangka bahwa bintik bintik hitam tersebut merupakan gejala awal kanker kulit. Keterbatasan dana juga membuat keluarga Fika tidak memeriksakan kondisi Fika ke Rumah sakit.kanker

Adek Fika telah berjuang melawan kanker kulit ini sejak balita sampai dengan sekarang ini. Kini usia adek Fika telah menginjak 7 tahun. Di usia ini seharusnya adek Fika dapat bermain bersama teman sebayanya. Namun sayangnya kondisi fisik adek Fika tidak memungkinkan untuk dapat bermain dan bergaul seperti layaknya anak seumurannya.

Menurut informasi yang diberikan oleh Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Sampang, beberapa bulan terakhir ini penyakit yang diderita adik Fika sudah semakin parah. Kanker kulit adek Fika yang awalnya hanya berada pada bagian tubuhnya saja kini sudah menyebar hingga bagian kepalanya. Bagian kepala Fika kini digerogoti oleh sel-sel kanker dan membuat kepala adek Fika melepuh. Melihat kondisi Fika saat ini membuat keluarga Fika tak sanggup menahan rasa sedih dan perih.

Bantu Adek Fika Bebaskan Dia dari Kanker Kulit

Saat ini adek Fika sudah mendapatkan bantuan dari teman-teman Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Sampang untuk mengurus BPJS mandiri. Namun kondisi adek Fika semakin hari semakin menurun, sehingga pihak keluarga ingin adek Fika ditangani sebagai pasien umum. Dengan begitu adek Fika dapat ditangani dengan lebih cepat dan maksimal agar dapat mencegah penyebaran sel- sel kanker ke bagian tubuh lainnya. Adek Fika membutuhkan dana yang besar untuk dapat ditangani sebagai pasien umum.

Mari bantu perjuangan adek Fika dan keluarga, agar adek Fika dapat bermain bersama teman sebayanya dengan sehat. Kamu dapat membantu dengan cara berdonasi. Caranya mudah cukup ikuti langkah- langkah di sini.  Atau langsung klik donasi di gambar bawah ini:

 


 Ditulis Oleh: Shelia Lauvita


Bantu biaya pengobatan mereka yang sedang berjuang melawan penyakitnya dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!
banner_donasi_biaya_pengobatan