Panti Asuhan

Beragam Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Panti Asuhan

Apa yang terlintas di benakmu begitu mendengar panti asuhan? Merujuk pada definisi Kementerian Sosial Republik Indonesia, panti sosial asuhan anak merupakan lembaga usaha kesejahteraan sosial dengan tanggung jawab melayani kesejahteraan sosial anak telantar. Pelayanan ini dilakukan melalui penyantunan dan pengentasan anak telantar, hadir sebagai pengganti orang tua/wali anak terkait pemenuhan kebutuhan sosial, fisik, dan mental anak asuh.  

Lembaga pelayanan sosial ini bisa didirikan oleh pemerintah atau masyarakat. Tujuannya sama, yaitu membantu individu atau kelompok masyarakat tertentu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Secara spesifik, panti ini merujuk pada tempat merawat anak yatim atau yatim piatu

Keberadaan anak-anak kurang beruntung di lembaga pelayanan sosial tersebut menjadi pengingat bagi siapa saja untuk terus bersyukur. Di tengah segala hal yang masih bisa kamu nikmati, masih ada mereka yang tidak mampu menikmati hal serupa. Bahkan, kebutuhan paling dasar, seperti makan tiga kali sehari, pakaian layak, dan rumah layak huni.

Maka, berkunjung ke panti asuhan merupakan kegiatan tepat guna mengasah kepekaan sosial dan empati terhadap lingkungan. Lalu, kegiatan apa saja sih yang bisa kamu lakukan saat berada di sana?

 

Kegiatan Sosial dan Keagamaan di Panti Asuhan

kegiatan panti asuhan

  1. Pengajian di Panti Asuhan

    Meski pengajian bisa dilakukan bersama siapa saja, menghabiskan waktu mengaji bersama anak-anak yatim piatu tentu menciptakan suasana berbeda. Ayat-ayat suci yang mereka lantunkan terdengar begitu syahdu dan berbekas dalam hati. Mendekatkan diri kepada Allah SWT memang bisa dilakukan melalui berbagai cara, termasuk mengaji dengan mereka yang kurang beruntung. Doa anak yatim piatu menjadi pengingat kamu agar menyayangi serta menghormati kedua orang tua yang masih hidup.

  2. Bermain Bersama Anak-anak Panti Asuhan

    Setelah memanjatkan doa, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan seru dengan anak-anak di sana. Coba buat rangkaian kegiatan menyenangkan yang melibatkan sejumlah permainan kelompok. Kamu bisa mengadopsi beberapa jenis permainan yang kerap dipakai dalam kegiatan outbound.
    Misalnya, permainan kirim pesan berantai atau membuat bingo dari sekelompok daftar benda atau nama. Bahkan, kamu juga bisa sekadar mengajak mereka bernyanyi dan menari bersama mengikuti irama musik. Mau yang lebih kekinian? Ajari mereka beberapa gerakan tari yang tengah viral dari sebuah aplikasi dan buat video bersama.

  3. Berbagi Ilmu dan Materi Penting

    Kamu juga bisa berbagi ilmu dan materi penting kepada penghuni panti. Lakukan sesuai latar belakang pendidikan yang tengah kamu pelajari saat ini. Misalnya, kamu belajar psikologi. Kamu bisa berbagi informasi mengenai pentingnya penerimaan terhadap diri sendiri atau self-love. Kalau kamu belajar ilmu kesehatan, materi edukasi seks juga menarik lho.
    Bahkan, mengajak mereka belajar menggambar atau mewarnai saja sudah bisa jadi kegiatan menyenangkan. Mengajari mereka mendaur ulang plastik atau dus kemasan menjadi barang bermanfaat, maupun membuat kerajinan tertentu bisa menambah keterampilan mereka juga kan

  4. Berbagi Bingkisan Sesuai Kebutuhan Anak-anak Panti Asuhan

    Terakhir, tentu saja kamu bisa mengajak teman-teman untuk berbagi kepada anak-anak penghuni panti dalam bentuk barang maupun tunai. Jangan ragu bertanya pada pengelola panti, apa saja barang yang sedang mereka perlukan. Misalnya, perlengkapan sekolah, buku-buku cerita atau pelajaran, peralatan ibadah, seragam, pakaian layak pakai, hingga peralatan lain penunjang sarana panti.
    Kamu bisa memberikan mereka bingkisan berisi camilan atau peralatan sekolah sebagai milik pribadi. Boleh juga menyumbangkan sejumlah dana secara tunai kepada pengelola panti. Biasanya, dana tunai ini akan dibelanjakan bahan makanan, pemeliharaan bangunan panti, hingga menambah biaya sekolah anak-anak yang disekolahkan. Ingatlah, pemberian sekecil apa pun sangat berharga bagi mereka.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di panti asuhan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membahagiakan dan membantu anak-anak di sana. Yuk, anak-anak yatim piatu yang menghuni panti untuk memperoleh kehidupan layak dan sejahtera.


Sedekah atau zakat untuk anak-anak dan saudara kita yang membutuhkan di panti asuhan, klik gambar di bawah ini.

banner_donasi_sedekah

Recent Posts

<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

3 days ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

3 days ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

3 days ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

2 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

2 weeks ago

Tanya Jawab Seputar Kegiatan Exclusive Noraebang Bersama Friday Noraebang

Apa itu Exclusive Noraebang bersama Friday Noraebang?Exclusive Noraebang bersama Friday Noraebang merupakan sesi spesial pada…

2 weeks ago