Kesehatan

Berikut ini Cara Pencegahan Cerebral Palsy

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak orang-orang ketahui dan mungkin kamu yang sedang membaca artikel ini, sampai sekarang belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab munculnya cerebral palsy. Selain itu belum ditemukan pula obat yang bisa digunakan untuk mengobati cerebral palsy. Padahal cerebral palsy jika tidak ditangani dengan tepat bisa berujung pada kelumpuhan. Lalu adakah cara untuk mencegah cerebral palsy?

Tindakan yang bisa mencegah cerebral palsy kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan cerebral palsy. Mengetahui tentang seluk beluk cerebral palsy akan memudahkan kamu untuk mencegah cerebral palsy itu sendiri.

Cerebral palsy merupakan suatu kondisi terganggunya fungsi motorik anak akibat adanya kerusakan otak. Akibatnya anak dengan cerebral palsy mengalami gangguan motorik seperti kesulitan berjalan, tangan dan kaki kaku bahkan bisa menjadi kelumpuhan. Walaupun sampai sekarang belum diketahui penyebab pasti yang mengakibatkan munculnya cerebral palsy namun para ahli telah setuju bahwa ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab munculnya cerebral palsy.

Menghindari beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab munculnya Cerebral Palsy bisa kamu gunakan sebagai cara mencegah cerebral palsy. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini untuk mencegah cerebral palsy. Beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mencegah cerebral palsy antara lain.

Baca juga:
Cerebral Palsy Pada Anak dan Orang Dewasa
Terapi Cerebral Palsy Pada Orang Dewasa

 

Cara Pencegahan Cerebral Palsy

  1. Melakukan Perawatan Selama Kehamilan

    Berikut ini Cara Pencegahan Cerebral PalsyCara mencegah cerebral palsy yang pertama adalah dengan melakukan perawatan selama kehamilan. Beberapa kasus cerebral palsy terjadi selama anak masih dalam kandungan. Kondisi kehamilan yang bermasalah seperti stres yang dialami sang ibu atau kelahiran prematur menjadi salah satu penyebab munculnya cerebral palsy pada anak.
    Jadi, melakukan perawatan selama kehamilan sangat diperlukan agar anak bisa terlahir dengan normal serta terhindar dari cerebral palsy.

  2. Melakukan Tes Darah Sebelum Menikah

    Cara mencegah cerebral palsy yang kedua adalah dengan melakukan tes darah sebelum menikah. Hal ini harus dilakukan karena beberapa kasus cerebral palsy yang terjadi disebabkan karena ketidakcocokan antara RH ibu dan bayi sehingga darah ibu mengeluarkan anti bodi yang menyerang bayinya sendiri. Untuk itu melakukan tes darah sebelum menikah bisa menjadi salah satu cara mencegah ketidakcocokan RH yang bisa mengakibatkan munculnya cerebral palsy.

  3. Melakukan Imunisasi

    Berikut ini Cara Pencegahan Cerebral PalsyCara mencegah cerebral palsy berikutnya adalah dengan melakukan imunisasi. Imunisasi diberikan pada ibu yang diketahui memiliki RH yang tidak cocok dengan bayinya selama kehamilan pertama. Pemberian imunisasi ini bertujuan agar pada kehamilan kedua tidak terjadi lagi masalah yang bisa menyebabkan munculnya cerebral palsy.

  4. Menghindari Toksoplasmosis

    Cara mencegah cerebral palsy selanjutnya adalah dengan menghindari toksoplasmosis. Wanita yang berencana hamil atau sedang hamil sangat dianjurkan untuk menghindari toksoplasmosis sebagai salah satu cara mencegah cerebral palsy. Toksoplasmosis merupakan infeksi yang disebabkan oleh parasit yang dibawa dalam kotoran kucing maupun daging yang dimasak kurang matang. Menghindari toksoplasmosis bisa kamu lakukan dengan tidak mengkonsumsi daging babi, maupun daging hewan lain yang tidak dimasak secara matang serta menghindari kontak dengan kotoran kucing.

  5. Memperhatikan Masa Perkembangan Anak

    Berikut ini Cara Pencegahan Cerebral PalsyCara mencegah cerebral palsy berikutnya adalah dengan memperhatikan masa perkembangan anak. Beberapa kasus cerebral palsy terjadi selama masa perkembangan seperti cedera kepala parah, kecelakaan, tenggelam, dll. Untuk itu para orang tua sudah seharusnya selalu memperhatikan masa perkembangan anak. Apalagi selama masa perkembangan, anak pasti selalu aktif bergerak dan mencoba berbagai hal baru. Selain itu menggunakan piranti untuk keselamatan anak seperti helm saat anak bersepeda juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara mencegah kecelakaan yang bisa menyebabkan cerebral palsy.

  6. Mewaspadai Bayi Kuning

    Cara mencegah cerebral palsy yang terakhir adalah dengan mewaspadai apabila bayi terlahir kuning. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bayi kuning terjadi akibat bilirubin yang berlebih pada darah yang belum bisa disaring sempurna oleh hati bayi. Walaupun beberapa kasus bayi kuning tidaklah berbahaya, namun bayi yang terlahir kuning tetap harus diwaspadai serta segera dilakukan pengobatan karena bayi kuning yang parah bisa menjadi penyebab munculnya cerebral palsy.
    Berbagai cara mencegah cerebral palsy di atas, bisa kamu jadikan sebagai tambahan pengetahuan serta kewaspadaan kamu untuk membantu mencegah cerebral palsy. Walaupun sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat mengobati cerebral palsy, namun ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk mengobati cerebral palsy, yakni dengan pembedahan dan terapi.

 

Terapi untuk Kesembuhan Cerebral Palsy

Berikut ini Cara Pencegahan Cerebral Palsy

Terapi merupakan solusi praktis yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi cerebral palsy ini.  Melalui terapi akan menstimulasi otak anak secara intensif, terutama dengan menyesuaikan gelombang otak anak cerebral palsy. Walaupun terdapat kerusakan pada otak anak cerebral palsy, namun bagian otak anak yang bagus akan menerima stimulasi dari terapi sehingga mampu mengoptimalkan fungsi otak anak untuk berkembang.

Terapi yang bisa kamu gunakan untuk membantu mengatasi cerebral palsy adalah Terapi Gelombang Otak Cerebral Palsy Treatment. Jenis terapi Gelombang Otak Cerebral Palsy Treatment merupakan sebuah terapi yang dirancang khusus oleh para ahli untuk membantu mengobati cerebral palsy. Terapi Gelombang Otak Cerebral Palsy Treatment berbentuk audio yang telah disesuaikan gelombangnya untuk menstimulasi gelombang otak anak cerebral palsy guna meningkatkan keterampilan motorik, mengatasi gangguan otot dan menghilangkan gangguan gerakan pada anak.

Jenis terapi Gelombang Otak Cerebral Palsy Treatment berbentuk CD musik terapi sehingga sangat mudah dan praktis digunakan. Terapi Gelombang Otak Cerebral Palsy Treatment bisa digunakan kapanpun sesuai dengan kondisi anak, baik pada saat anak sedang tidur, terjaga, menangis, tenang atau bahkan saat bermain sekalipun. Terapi Gelombang Otak Cerebral Palsy Treatment bisa kamu gunakan kapan saja baik pagi, siang maupun malam.

Ditulis Oleh: Yudo Laksono


Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.