Berlomba Meraih Berkah Ramadhan dengan Sedekah

Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh keberkahan. Berkah Ramadhan tidak hanya bisa kamu rasakan secara fisik seperti rezeki, kesehatan jasmani, dan sebagainya. Keberkahan tersebut juga bisa bersifat nonfisik seperti pencerahan rohani, ketenangan jiwa, dan semacamnya. 

Jenis-Jenis Berkah Ramadhan

Ada banyak jenis berkah yang bakal kamu rasakan selama menjalani puasa di Bulan Ramadhan. Berkah tersebut di antaranya adalah: 

1. Bulan Pengampunan Dosa

Berkah pertama yang bakal kamu dapatkan di Bulan Ramadhan adalah terbukanya pintu ampunan dosa dari Allah SWT. Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda yang artinya: 

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena keimanan dan hanya mengharap pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. al-Bukhari).

2. Kegembiraan Orang yang Menjalankan Puasa

jenis berkah ramadhan

Berkah Ramadhan selanjutnya adalah kesempatan memperoleh dua kegembiraan sekaligus. Kegembiraan yang dimaksud adalah rasa gembira saat menjalankan puasa atau berhari raya serta rasa gembira karena bertemu dengan Allah SWT. 

3. Malam Seribu Bulan

Selanjutnya, kamu punya kesempatan untuk memperoleh berkah di Bulan Ramadhan dalam bentuk lailatul qadar atau malam seribu bulan. Pada malam tersebut, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak aktivitas beribadah. Apalagi, lailatul qadar adalah malam yang mempunyai kemuliaan dan lebih baik daripada seribu bulan. 

Ada banyak dalil yang memuat tentang berkah lailatul qadar. Q.S al-Qadr ayat 1-5 mengungkapkan kalau lailatul qadar merupakan malam yang penuh keberkahan dan bisa kamu rasakan sampai terbitnya fajar. 

Ada pula hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Bukhari terkait ajakan untuk memperbanyak amalan untuk memperoleh berkah lailatul qadar. Hadits tersebut menjelaskan kalau Rasulullah meninggalkan istri-istrinya pada 10 malam terakhir di Bulan Ramadhan dan memilih untuk beribadah secara sungguh-sungguh. 

4. Jauh dari Api Neraka

Keberkahan selanjutnya yang bisa kamu peroleh di Bulan Ramadhan adalah dijauhkan oleh Allah dari api neraka. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari mengungkapkan kalau seorang muslim yang menjalankan puasa di Bulan Ramadhan, meski hanya satu hari, akan memperoleh keberkahan dijauhkan dari api neraka selama 70 tahun. 

5. Pahala Berlipat Ganda

Ramadhan adalah kesempatan bagi setiap muslim untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Apalagi, Allah telah berjanji bahwa setiap amalan yang dijalankan oleh seorang muslim di Bulan Ramadhan akan memperoleh pahala berlipat ganda. 

Banyak hadits yang memuat tentang pahala berlipat di Bulan Ramadhan. Sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim mengungkapkan bahwa siapa saja yang melakukan amalan wajib di Bulan Ramadhan akan memperoleh pahala 70 kali lipat dibandingkan pahala di bulan lain. 

sedekah di aplikasi kitabisa

Hadits lain yang jalur periwayatannya melalui Abu Hurairah mengatakan kalau amalan kebaikan dari setiap anak Adam akan berlipat ganda. Bahkan, Allah secara khusus menyebutkan bahwa ada balasan kebaikan yang khusus untuk amalan berpuasa. 

“…Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku, Aku sendiri yang akan membalasnya…” (HR. Bukhari.)

6. Pintu Kebaikan Terbuka

Hadits lain dari jalur Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya: 

“Pada malam pertama bulan Ramadhan setan-setan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pun pintu yang terbuka dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satu pun pintu yang tertutup, ketika itu ada yang menyeru:

“Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan/maksiat berhenti lah”. Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadhan”.

Para ulama berpendapat kalau hadits tersebut mempunyai makna bahwa Ramadhan adalah bulan yang mulia. Di bulan ini, Allah menutup pintu neraka dan membelenggu para setan di dalamnya. Di waktu yang sama, Allah membuka pintu surga selebar-lebarnya. 

7. Bulan yang Penuh Kesabaran

Berkah Ramadhan yang tidak kalah penting adalah bulan penuh kesabaran. Di bulan ini, umat Islam didorong untuk memperbanyak stok kesabaran dan menahan diri dari segala godaan hawa nafsu. Rasulullah bersabda: 

“Puasa (Ramadhan) adalah perisai serta benteng kokoh dari sika api neraka”. (HR. Ahmad dan Baihaqi).

Jenis-jenis keberkahan tersebut hanya sebagian kecil keistimewaan yang bisa kamu dapatkan di Bulan Ramadhan. Oleh karena itu, kamu perlu mengisi bulan yang suci ini dengan berbagai jenis amalan kebaikan. 

Ada banyak amalan yang dapat kamu laksanakan. Kamu bisa mengisi Ramadhan dengan memperbanyak bacaan Alquran, salat sunah, dan yang tidak kalah penting adalah sedekah. Apalagi, sedekah merupakan jenis amalan yang sangat disukai Allah dan Rasulullah. 

Bersedekah tidak hanya bisa kamu lakukan dengan harta, tapi juga dengan tenaga atau pikiran. Tak peduli berapapun nominalnya, yang terpenting adalah hati yang ikhlas dalam mengamalkannya.

Lewat aplikasi Kitabisa, kamu bisa bersedekah untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan mulai dari Rp1.000. Kegiatan sedekah pun bisa kamu lakukan kapanpun dan di mana pun.

Yuk, waktunya cari berkah Ramadhan dengan perbanyak sedekah!

sedekah ramadhan