Ramadhan

Bersama Mendidik Anak Shaleh dengan Materi Kultum Bulan Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kultum merupakan ceramah agama yang durasinya tujuh menit dan biasanya diberikan setelah shalat berjamaah atau menjelang berbuka puasa di bulan Ramadhan. Kultum kemudian disebut orang dengan sebutan ceramah singkat yang hanya membahas sedikit hal tentang permasalahan seputar agama atau hanya sekadar pengingat agar orang tidak lalai pada masalah agama.

Pemberian Materi Kultum di Madrasah

Bersama Mendidik Anak Shaleh dengan Kultum

MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah) merupakan salah satu pendidikan keagamaan Islam non-formal yang menyelenggarakan pendidikan keagamaan Islam sebagai pelengkap pelajar SD/MI/Sederajat maupun anak usia pendidikan setingkat. Jenjang dasar ini ditempuh dalam waktu 4 tahun dan sekurang-kurangnya 18 jam pelajaran dalam seminggu. Salah satu MDTA yang terdapat di Indonesia ialah MDTA Nurul Maulid Muara Panas di Sumatera Barat. MDTA ini berada dibawah naungan Yayasan Ridha Laksana Jakarta dan telah berdiri sejak tahun 1991.

MDTA Nurul Maulid memiliki beberapa program diantaranya adalah go ilmu, go iman, dan go akhlak. Saat ini Santri MDTA Nurul Maulid berjumlah 250 orang dengan tenaga pendidik yang berjumlah 8 orang. Sampai saat ini MDTA Nurul Maulid telah menamatkan lebih dari 600 santri sejak berdiri. Di sini para santri dilatih agar dapat mempraktikan penyelenggaraan jenazah mulai dari mengkafani, menyolatkan dan menguburkan dengan harapan ketika keluarga ataupin orang tuanya nanti meninggal dunia mereka mampu menyelenggarakan jenazahnya. Para santri juga dilatih dan dididik untuk bisa terampil dalam beribadah dengan kegiatan shalat berjamaah serta kultum setelah shalat setiap harinya.

Tujuan Kegiatan dari Materi Kultum di Sekolah

Bersama Mendidik Anak Shaleh dengan Kultum

Ragam kegiatan tersebut dilakukan guna meningkatkan ilmu serta bertujuan untuk pengembangan akhlak para santri. Mempraktikkan kultum yang waktunya singkat terkadang menjadi kendala kepercayaan diri bagi sebagian orang dimana mereka harus bisa membuat pendengar kultum mereka paham akan inti dari ceramah singkat yang disampaikan.

Karenanya, pendidikan kultum juga diperlukan para santri guna melatih kepercayaan diri dan kemampuan mereka. Materi yang disampaikan dalam kultum dapat berupa seputar masalah keagamaan atau masalah lainnya. Banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan kultum rutin setelah shalat berjaam ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

Manfaat dari Materi Kultum untuk Para Siswa

Bersama Mendidik Anak Shaleh dengan Kultum

Kultum merupakan sebuah kegiatan ceramah agama dalam durasi waktu yang singkat dan pada umumnya hanya tujuh menit. Kebanyakan siswa tidak menyadari bahwa kegiatan kultum ini banyak memiliki dampak yang positif dalam proses tumbuh kembang mereka, beberapa diantaranya adalah.

  1. Kultum dapat menjadi pengingat untuk para siswa agar mereka senantiasa menjadi pelajar yang berakhlak baik. Adanya kegiatan kultum dapat memberikan bimbingan, arahan, serta masukkan ilmu yang bermanfaat dan sarana yang baik bagi para siswa.
  2. Kegiatan kultum juga dapat menambah wawasan ilmu tentang Islam yang tentunya sangat bermanfaat.
  3. Kultum juga dapat mengisi waktu luang sembari menunggu siswa atau guru lain datang karena masih dalam perjalanannya menuju masjid.
  4. Kegiatan ini juga dapat menambah daya tarik untuk warga sekolah yang belum terbiasa sholat tepat waktu serta berjamaah di masjid.
  5. Ceramah agama singkat ini juga dapat menambah pahala serta keridhoan Allah SWT sehingga para siswa menjadi manusia yang beriman serta bertakwa.
  6. Kegiatan ini juga dapat melatih para siswa untuk belajar menghormati siapapun yang sedang berbicara di hadapan mereka dan juga disiplin waktu.
  7. Kultum juga dapat memberi motivasi, inspirasi, dan mengamalkan ilmu yang didapatkan kepada siswa lain agar menjadi lebih bermanfaat.
  8. Ceramah singkat ini tentu dapat menjadi sarana untuk terampil menyimak dan menulis ide-ide pokok untuk disebarkan kembali ke teman-teman atau warga sekolah yang berhalangan menyimak kultum serta dapat memiliki kesempatan untuk berbagi ilmu yang bermanfaat kepada orang lain.

Ditulis Oleh: Ray


MDTA Nurul Maulid merupakan salah satu sekolah keislaman yang membutuhkan bantuan dalam penyelenggaraan program belajarnya dari sekian banyak sekolah keislaman lainnya di Indonesia. Kamu dapat menyisihkan sebagian hartamu untuk bersedekah secara online melalui website Kitabisa atau melalui aplikasi Kitabisa yang tersedia di Google Playstore. Ayo mulai bersedekah!

banner_donasi_sedekah

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons