Bersedekah dari Rumah? Bisa, Ini Caranya!

Sebagai salah satu amalan yang dianjurkan, sedekah tentu memiliki banyak keutamaan. Terlebih lagi, sedekah subuh yang menurut beberapa ulama merupakan jenis amalan paling utama dan dahsyat. 

Apa Itu Sedekah Subuh? 

Pada dasarnya, istilah sedekah subuh merujuk pada waktu dilakukannya amalan tersebut, yaitu ketika fajar atau subuh. Waktu fajar/subuh ini sendiri terbilang istimewa dibanding yang lain, mengingat di saat itulah Allah menurunkan malaikat ke bumi. Seperti yang dijelaskan dalam salah satu sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi;

“Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menginfakkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil) “. (HR. Bukhari No. 1351, HR. Muslim No. 1677)

Dari hadis tersebut, bisa disimpulkan bahwa sedekah subuh memang lebih spesial karena akan didoakan langsung oleh malaikat. Bahkan, menurut Almarhum Syekh Ali Jaber, seseorang yang rutin melakukan sedekah ini akan dimudahkan segala hajat dan urusannya, baik di dunia maupun di akhirat. 

Mengingat betapa dahsyat manfaat dan keutamaan sedekah ini, rasanya rugi jika kita tidak mengamalkannya. Terlebih lagi, cara melakukannya pun sangat mudah, dan bahkan bisa dilakukan dari rumah. Berikut beberapa cara sedekah subuh di rumah sendiri yang bisa kamu lakukan. 

1. Bersedekah melalui Dompet Digital atau Platform Sosial

Seiring dengan kian menjamurnya platform sosial dan dompet digital, masyarakat pun makin dimudahkan untuk bisa melakukan sedekah dari rumah. Kamu hanya cukup menginstal aplikasi salah satu platform atau e-wallet di smartphone, dan sudah bisa berinfaq dengan cara non-tunai. 

Salah satu yang direkomendasikan adalah aplikasi Kitabisa. Sebagai platform digital yang bergerak di bidang penggalangan dana sosial, kamu tentu dapat dengan mudah menyalurkan dana sedekah di sini. Tak perlu takut dana akan diselewengkan karena setiap prosesnya akan selalu di-update di aplikasi sehingga pengguna bisa turut memantau. 

Tak hanya itu, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pengingat agar pengguna tidak lupa untuk bersedekah di setiap pagi. Bersedekah juga tidak harus dengan nominal besar, kok, karena di sini bisa dimulai dari Rp1000. 

2. Bersedekah via Transfer untuk Orang Tua atau Kerabat

Sebelum memberikan sedekah pada orang lain, ada baiknya jika kita mendahulukan keluarga atau kerabat sebagai orang yang berhak menerimanya. Karena dalam beberapa kitab, disebutkan bahwa sebenarnya kerabat menduduki urutan pertama penerima sedekah setelah anak dan istri yang memang menjadi tanggungan nafkah. 

Jadi, bersedekah kepada orang tua, adik, atau kerabat juga sangat disarankan. Kamu bisa memberikannya secara langsung setelah shalat subuh, atau melalui transfer jika memang tempat tinggalnya tidak berdekatan. 

3. Memberi Makanan untuk Tetangga Sekitar

Bagi kamu yang setiap pagi pasti memasak, juga bisa bersedekah dengan membagi-bagikan makanan pada tetangga atau orang sekitar. Utamanya bagi mereka yang barangkali kesulitan untuk sarapan, seperti tukang sapu jalanan, pemulung, tukang becak, dan lainnya. Usahakan, berikan makanan tersebut sepagi mungkin agar tidak kehilangan keberkahan sedekah subuh

4. Menyiapkan Celengan Khusus Sedekah Subuh

Cara sedekah subuh di rumah sendiri juga bisa dilakukan dengan membuat celengan khusus. Buatlah celengan sederhana dan tuliskan ‘Sedekah Subuh’ beserta hajat khusus yang diinginkan. Kemudian, letakkan celengan tersebut di tempat yang sekiranya mudah terlihat agar kamu tidak lupa untuk mengisinya setiap pagi. Setelah satu bulan, buka celengan dan dana yang terkumpul bisa disalurkan pada kaum dhuafa, anak yatim, atau lainnya. 

5. Sedekah Non-Materi; Menebar Ilmu dan Kebaikan

Sebagaimana diketahui, sedekah tidak hanya berupa materi, tetapi juga mencakup berbagai amalan baik. Sebut saja di antaranya seperti berdzikir, mengajarkan ilmu, menolong orang lain, dan senyum yang juga merupakan sedekah. 

Jadi, selain dengan harta, perbanyak pula melakukan amalan baik di waktu subuh karena hal tersebut juga tergolong sedekah. Tentu, kamu bisa memulai dari rumah, dengan berbuat baik pada keluarga. 

Nah, itulah beberapa cara sedekah subuh di rumah sendiri yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat dan semangat bersedekah orang-orang baik! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *