Bingung Pilih Kambing Qurban? Ini Jenis dan Harga Kambing Buat Qurban

Memilih jenis kambing qurban ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Kalau hanya asal beli saja kita semua bisa melakukannya. Namun, kalau memilih kambing dengan kualitas terbaik baik dari segi daging hingga jenisnya, tidak bisa dilakukan sembarangan. Kamu harus mengenal jenis kambing yang ada di Indonesia baru bisa membelinya.

Nah, kalau kamu tidak tahu apa-apa tentang jenis kambing apa saja yang bisa digunakan untuk hewan qurban, berikut beberapa contoh peranakan beserta perkiraan harga kambing buat qurban.

 

Jenis Kambing untuk Qurban di Indonesia

Jenis kambing yang bisa digunakan untuk berqurban ada banyak di Indonesia. Berikut beberapa jenis kambing yang bisa digunakan.

  1. Kambing Etawa

    Bingung Pilih Kambing Qurban? Ini Jenis dan Harga Kambing Buat Qurban
    Sumber: Greeners.co

    Kambing etawa adalah salah satu primadona dari peternak yang ada di Indonesia. Tidak hanya karena bisa menghasilkan susu yang jumlahnya banyak, kambing jenis ini juga memiliki badan besar dan bobot bisa mencapai 80-90 kg untuk pejantannya. Nah, untuk kebutuhan qurban, biasanya kambing etawa jantan kerap diperdagangkan.

  1. Kambing Kacang

    Bingung Pilih Kambing Qurban? Ini Jenis dan Harga Kambing Buat Qurban
    Sumber: Ditjenpkh

    Kambing kacang memiliki ukuran kecil atau biasanya setengah dari ukuran kambing biasa yang banyak diternakkan. Meski ukurannya kecil dan hanya berbobot sekitar 20 kg, kemampuan adaptasi dari kambing ini sangat hebat. Itulah kenapa kambing ini banyak diternakkan untuk kebutuhan konsumsi.

  1. Kambing Jawarandu

    Bingung Pilih Kambing Qurban? Ini Jenis dan Harga Kambing Buat Qurban
    Sumber: Tribun Jogja

    Kambing Jawarandu adalah jenis kambing peranakan dari kacang dan juga etawa. Dua jenis kambing ini memberikan kelebihannya sendiri-sendiri. Kambing ini bisa menghasilkan susu cukup banyak, daging lebih besar, dan tingkat adaptasinya cukup tinggi dibandingkan etawa biasa. Bobot bisa mencapai 30-40 kg.

  1. Kambing Boer

    Bingung Pilih Kambing Qurban? Ini Jenis dan Harga Kambing Buat QurbanKambing boer termasuk kambing yang mudah diternakkan dan menghasilkan daging sangat besar. Tipe kambing jantan dewasa bisa memiliki berat hingga ratusan kilogram. Kambing ini sudah ada di Indonesia sejak puluhan tahun silam dan tergolong mudah beradaptasi dengan lingkungan.

  1. Kambing Peranakan Etawa

    Jenis kambing ini didapatkan dengan menyilangkan indukan kambing etawa dengan kambing lokal. Peranakan ini menghasilkan ukuran kambing yang sama, tapi lebih bisa beradaptasi dengan lingkungan. Berat kambing ini bisa mencapai 90 kg untuk jantan dewasa.

Baca juga:
Berapa Batasan Umur Anak Kambing untuk Diqurbankan?
Kambing Qurban Online di Kitabisa

 

Perkiraan Harga Kambing Qurban

Bingung Pilih Kambing Qurban? Ini Jenis dan Harga Kambing Buat Qurban

Harga kambing jenis apa pun biasanya fluktuatif dan menyesuaikan dengan jumlah ternak yang dihasilkan serta permintaan. Kalau permintaan sangat tinggi, harga bisa naik dengan sendirinya. Apalagi mendekati momen Idul Adha, harga bisa meningkat hingga ratusan ribu rupiah.

Harga kambing ukuran standar seperti yang banyak dipakai untuk berqurban biasanya berkisar Rp1,5-2 juta. Semakin besar ukuran kambing, semakin tinggi harganya. Selain itu harga kambing jenis unggul seperti Etawa bisa mencapai Rp6-7 juga karena memiliki bobot 2-3 kali dari kambing biasa.

Lakukan survei harga kambing buat qurban di beberapa tempat. Selanjutnya barulah kamu bisa menentukan sendiri mana yang sekiranya memiliki harga pantas dilihat dari kualitas hewan ternak, usia, dan juga bobot yang dimiliki.

Demikianlah ulasan tentang harga kambing buat qurban dan jenis-jenisnya yang ada di Indonesia. Kalau kamu tidak mau terlalu kerepotan untuk memilih hewan qurban sendiri lalu membawa dan menyalurkannya, gunakan layanan qurban yang disediakan oleh Kitabisa.

Di Kitabisa, kamu bisa berqurban kambing online dengan harga yang terjangkau dan berkualitas.  Yuk, qurban sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

banner_qurban2