Akuntabilitas dan Transparansi Kitabisa

Setiap hari kami jadi saksi, kalau Indonesia tidak kekurangan #OrangBaik

Lebih dari 5 juta orang baik telah berdonasi di Kitabisa.

Ribuan gotong royong kebaikan telah berhasil dan terus disalurkan ke ratusan kota di Indonesia.

Apa yang membuat gotong royong ini terus berjalan? Kepercayaan dan Transparansi Kitabisa menjadi kuncinya.


Kepercayaan & Transparansi Kitabisa

Kami percaya bahwa kebaikan harus dibangun di atas kepercayaan dan transparansi, karenanya kami mengaplikasikan dua asas tersebut di semua aktivitas di platform Kitabisa.

Verifikasi Berlapis

Setiap galang dana di Kitabisa harus melalui proses verifikasi identitas, cerita, dan dokumen pendukung. Kami juga mendesain dan menjalankan prosedur khusus sesuai jenis galang dana untuk setiap pencairan donasi.

Transparansi Penggalangan Dana Kitabisa

Kitabisa membuat proses galang dana menjadi transparan dengan berbagai fitur, seperti fitur Cerita yang menuliskan tujuan galang dana, fitur Informasi Galang Dana yang memuat rencana penggunaan dana serta validasi status penyakit untuk galang dana medis, hingga fitur Update untuk menuliskan kabar terbaru yang otomatis akan terkirim kepada donatur. 

Memiliki izin Kemensos

Sebagai platform yang mewadahi donasi publik, Kitabisa beroperasi di bawah arahan dan dengan izin dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Kitabisa memiliki izin PUB (Pengumpulan Uang dan Barang) dengan SK 365/HUK-PS/2020 untuk kategori umum dan 210/HUK-UND/2020 untuk kategori Bencana Alam; izin tersebut selalu diperbaharui setiap 3 bulan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia.

Kitabisa juga mendapatkan penghargaan Padma Award dari Kementerian Sosial untuk kategori Tertib Pelaporan dalam Penyelenggaraan Pengumpulan Uang atau Barang tahun 2018.

Teraudit secara transparan

Sebagai organisasi sosial, Kitabisa juga diperiksa oleh auditor independen dan mendapatkan hasil Wajar Tanpa Pengecualian setiap tahunnya. Hasil audit Kitabisa dapat diakses siapapun secara terbuka.

donasi di kitabisa

Berdonasi Dengan Aman

Kitabisa hadir untuk memfasilitasi orang membantu orang lain dengan mudah.

Dan kami mengusahakan keamanan terbaik dalam berdonasi dengan melakukan verifikasi berlapis di platform kami.

Hampir seluruh galang dana di Kitabisa aman dan terpercaya, dengan galang dana yang terbukti menyalahi aturan hanya terhitung kurang dari 1% dari total ribuan galang dana di Kitabisa.

Dalam kasus yang jarang terjadi ketika seseorang menyalahi aturan galang dana di platform ini, kami segera mengambil tindakan dan memberikan solusi.

Melakukan Screening Yang Ketat

Selain melakukan verifikasi sebelum sebuah galang dana dipublikasikan, kami juga mengawal aktivitas galang dana dan pencairan yang dilakukan di platform kami secara ketat. Kami juga menerima dan memproses laporan publik, serta melakukan penelusuran jika diperlukan.

Kami juga bekerjasama dan berkoordinasi dengan ratusan mitra seperti rumah sakit, lembaga amal, jaringan relawan, dan komunitas donatur untuk melakukan kunjungan langsung atau memverifikasi sebuah galang dana.

Prosedur Penyaluran Donasi

Kitabisa membuat prosedur ketat untuk menjaga donasi tersalurkan sesuai peruntukan. 

Untuk galang dana medis, diwajibkan menyertakan dokumen medis dan diprioritaskan pencairan langsung ke Rumah Sakit atau fasilitas kesehatan. Tim Kitabisa melakukan verifikasi di atas sebelum melakukan pencairan. Setelah pencairan, penggalang dana wajib melakukan update di halaman galang dana yang akan otomatis terkirim ke seluruh donatur.

Memproses Galang Dana Yang Melanggar Aturan

Kami memproses dan melakukan penelusuran terhadap setiap galang dana yang mencurigakan, baik yang kami temukan melalui proses verifikasi maupun yang dilaporkan oleh publik.

Jika setelah proses verifikasi dan penelusuran sebuah galang dana terbukti fraud, maka galang dana tersebut akan ditutup. Dan uang yang telah terkumpul akan dikembalikan kepada donatur, atau dialihkan ke galang dana lain yang membutuhkan sesuai Syarat & Ketentuan di Kitabisa. Kami juga memproses sebuah galang dana ke pihak yang berwajib sesuai hukum yang berlaku, jika diperlukan.

Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 130 galang dana yang pernah kami tutup atau kami kembalikan donasinya. Meski tidak ada sistem yang sempurna, kami terus menjaga transparansi dan mengembangkan sistem untuk keamanan dan kenyamanan donatur.

donasi lewat aplikasi kitabisa

Menciptakan Ekosistem Kebaikan, Bersama-sama

Kami mendesain proses terbaik untuk memastikan galang dana di Kitabisa terpercaya. Namun kami juga butuh bantuan kamu untuk menjaga ekosistem ini semakin baik.

Kitabisa terbuka dan menerima setiap laporan publik melalui berbagai kanal yang tersedia seperti email, akun media sosial, maupun dari halaman galang dana secara langsung.

Semua laporan publik yang masuk kami proses sesuai prosedur, termasuk melakukan penelusuran jika ada indikasi mencurigakan. Semua laporan publik juga kami respon dalam 2×24 jam. 

Selain itu, berikut jawaban kami untuk pertanyaan yang sering diajukan.

Kenapa ada alokasi donasi sebesar 5% untuk operasional Yayasan Kitabisa?

Kitabisa percaya aksi kebaikan perlu dilakukan secara berkelanjutan. Karena itu, sebagai social enterprise Kitabisa mengalokasi donasi untuk operasional yayasan sebesar 5% dari total donasi terkumpul kepada pihak yang menggalang dana di Kitabisa – kecuali untuk kategori bencana alam dan zakat (0%).

Biaya ini kami gunakan untuk mendanai operasional organisasi, yang mencakup biaya karyawan, pengembangan teknologi, infrastruktur, biaya pemasaran, dan overhead lainnya.

Model donasi untuk operasional yayasan 5% ini juga sudah kami pastikan sesuai sesuai dengan aturan di Republik Indonesia (Undang-Undang Pengumpulan Uang dan Barang 1961) maupun memenuhi ketentuan dan syarat ujrah dalam syariat Islam.

Kami berterima kasih untuk semua donatur yang mendukung Kitabisa melalui 5% donasi operasional yayasan Kitabisa ini. Sehingga kami bisa fokus mengembangkan teknologi untuk memudahkan siapapun menggalang dana dan berdonasi, serta menghubungkan lebih banyak kebaikan.

Bagaimana Yayasan Kitabisa menggunakan donasi 5% untuk operasional yayasan?

Sebagai bagian dari menjaga kepercayaan dan transparansi Kitabisa, publik secara terbuka dapat mengakses data penggunaan donasi operasional Yayasan untuk menjalankan platform Kitabisa.

Sebagai gambaran, donasi operasional digunakan untuk mendanai gaji karyawan, sewa kantor, infrastruktur teknologi, aktivitas fundraising & marketing, biaya perjalanan dinas, jasa profesional audit & audit, serta biaya pajak, bank admin, dan biaya lainnya.

Data lengkap penggunaan donasi operasional Yayasan Kita Bisa di setiap tahunnya dapat diakses pada dokumen hasil audit indendepen, di link berikut.

Saya sering melihat iklan Kitabisa, bagaimana iklan tersebut dijalankan?

Iklan di media sosial adalah salah satu cara membantu mempromosikan sebuah galang dana agar tersampaikan ke lebih banyak orang yang ingin berdonasi.

Kitabisa menawarkan bantuan promosi ini ke penggalang dana. Ketika penggalang dana setuju, komponen donasi biaya iklan akan dimasukkan ke dalam target penggalangan dana, serta dituliskan secara transparan di halaman galang dana di bagian Rencana Penggunaan Dana. Contohnya dapat dilihat di galang dana ini.

Sehingga target galang dana yang ditampilkan sudah mencakup kebutuhan sesuai tujuan galang dana dan donasi biaya iklan. Dari donasi yang terkumpul inilah biaya iklan diambil.

100% donasi biaya iklan dibayarkan ke Facebook sebagai platform promosi. Kitabisa tidak mengambil keuntungan dari biaya promosi ini.

Punya Pertanyaan Lainnya? Lihat Di Sini.


Sekarang, kamu bisa berbagi dan berbuat kebaikan secara lebih mudah. Yuk, donasi online lewat aplikasi Kitabisa!