Bolehkah Sedekah Subuh Diberikan kepada Orang Tua?

Sedekah adalah amalan yang memiliki makna yang lebih luas ketimbang zakat dan infak. Sedekah dapat berupa semua amal kebaikan dan menjauhi keburukan baik ucapan ataupun perbuatan. Lalu, apa itu sedekah subuh dan bolehkah sedekah subuh diberikan kepada orang tua?

Apakah Itu Sedekah Subuh

Subuh adalah waktu yang istimewa. Ada amalan-amalan yang hanya bisa dikerjakan waktu subuh, dan ada amalan-amalan biasa yang mendapat berkah berlipat ketika dikerjakan waktu subuh, salah satunya adalah sedekah.

Sedekah subuh adalah sedekah yang dilakukan pada waktu subuh, yaitu sebelum matahari terbit. Amalan ini banyak dilakukan oleh orang muslim karena sedekah pada waktu subuh akan didoakan malaikat. Nah, sebelum kita membahas soal bolehkah sedekah subuh diberikan kepada orang tua, mari kita simak dulu apa saja kewajiban seorang anak pada orang tuanya.

Kewajiban Anak pada Orang Tua

Untuk membalas semua jasa orang tua tentu tidak mungkin, tetapi sebagai anak, kita punya hal-hal yang wajib kita lakukan untuk orang tua kita, yaitu:

1. Taat

Allah Ta’ala berfirman dalam surat Al Isra: 23, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” 

Sebagai anak kita wajib menaati perintah orang tua selama tidak melanggar syariat. Bahkan ketika orang tua kita berbuat sesuatu yang dibenci Allah, kita tidak boleh menyakiti mereka. Seperti yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim As saat menegur ayahnya. Ibrahim menegur ayahnya dengan kalimat lemah lembut yang dicatat dalam surat Maryam: 47, “Semoga keselamatan bersamamu. Aku akan memohonkan ampun kepada Rabb-ku untukmu.”

2. Menafkahi Orang Tua

Nafkah ibu adalah tanggung jawab dari ayah kita selama beliau masih mampu. Namun, ketika ayah sudah tidak mampu lagi memberi nafkah, maka kita sebagai anak wajib menafkahi orang tua.

Dalam sebuah hadis riwayat Imam Muslim, disebutkan, “Mulailah dari dirimu sendiri, berilah nafkah pada dirimu. Jika ada kelebihan, maka berilah nafkah pada keluargamu. Jika sudah menafkahi keluargamu dan masih ada kelebihan, maka nafkahilah kerabatmu. Jika sudah menafkahi kerabatmu dan masih ada kelebihan, maka nafkahilah yang terdekat dan seterusnya.”

Berdasarkan hadis tersebut maka kita bisa menjawab pertanyaan bolehkah sedekah subuh diberikan kepada orang tua. Berbuat baik pada kedua orang tua adalah perintah Allah, dan tentunya memberikan sedekah kepada orang tua memiliki keutamaannya sendiri.

3. Merawat Orang Tua

Celakalah seseorang, kemudian celakalah, kemudian celakalah seseorang yang mendapati kedua orang tuanya atau salah satunya berada pada usia lanjut, tapi tidak masuk surga. (HR. Muslim)

Makna hadis ini adalah sangat meruginya seseorang yang tidak menyantuni orang tuanya semasa hidup mereka. Berbakti pada orang tua harus terus dilakukan hingga orang tua wafat semampu kita. Merawat orang tua dan mendapat rida orang tua akan memudahkan kita mendapatkan rida Allah, karena termasuk amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah berbakti pada orang tua.

4. Bicara Lemah Lembut

Dalam surat Al Isra ayat 23, Allah berfirman, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”

Ayat ini merupakan perintah Allah langsung agar kita berkata yang baik pada orang tua dan tidak menyakiti mereka dengan kata-kata dan intonasi yang kasar.

5. Mendoakan

Kewajiban anak lainnya adalah mendoakan kedua orang tuanya, meskipun orang tuanya telah tiada. Sebab, doa anak saleh akan menjadi amalan yang akan terus diterima orang tua kita meski mereka telah meninggal.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang bolehkah sedekah subuh diberikan kepada orang tua. Bagaimana jika orang tua telah tiada? Kamu bisa melakukan sedekah subuh menggunakan aplikasi Kitabisa dengan diniatkan atas nama orang tua. Kamu juga bisa menulis doa untuk orang tua yang sudah meninggal menggunakan aplikasi Kitabisa, yang nanti akan diaminkan oleh orang-orang baik lainnya. 

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *