Info Program

Tanya Jawab Seputar Program Booking Qurban Kitabisa

Q: Apa itu Booking Qurban?

A: Program Kitabisa bersama dengan Mitra Qurban untuk membantu calon pequrban dalam menunaikan ibadah kurban tahun ini dengan konsep, dimana calon pequrban bisa menyisihkan secara rutin dana untuk didonasikan dalam jangka waktu tertentu ke halaman galang dana Booking Qurban Kitabisa. 

Cukup aktifkan donasi otomatis lewat aplikasi Kitabisa, kamu bisa pilih donasi rutin mulai dari harian sampai bulanan.

Ketika donasi kamu di halaman tersebut telah mencapai target, maka donasi tersebut akan dibelanjakan menjadi hewan qurban sesuai yang kamu tentukan di awal. 

Mitra Qurban Kitabisa akan membantu menyalurkan qurban kamu ke daerah yang membutuhkan.

Pendaftaran program dibuka dari 12 Januari – 12 Mei 2024.

Q: Apakah saya bisa daftar di atas tanggal 12 Januari?

A: Bisa, kamu bisa daftar program hingga 12 Mei 2024, namun ini akan mempengaruhi nominal donasi otomatis yang harus kamu lakukan. Semakin awal kamu mengikuti ini, maka nominal donasi harian/mingguan/bulanan yang perlu kamu sisihkan akan semakin ringan.

Q: Berapa harga hewan Qurban yang tersedia pada program Booking Qurban?

A: Tahun ini hewan Qurban yang akan disalurkan adalah Kambing/Domba standar (20-25 kg) dengan harga Rp 1,650,000 per ekor.

Q: Apakah harga hewan Qurban yang tertera sudah termasuk biaya operasional perawatan dan sebagainya?

A: Betul, sudah mencakup biaya tersebut.

Q: Apakah akan ada perubahan harga hewan Qurban selama program Booking Qurban ini berlangsung?

A: Tidak ada perubahan harga hewan qurban selama periode program ini berlangsung

Q: Bagaimana jika nominal donasi untuk qurban belum tercapai pada periode yang ditentukan?

A: Jika donasi kamu belum tercapai untuk pembelian 1 ekor kambing/domba, kamu bisa melakukan pelunasan pembelian hewan Qurban di periode 1-9 Juni dan akan ada tim Qurban Kitabisa yang akan menghubungi lewat Whatsapp perihal kekurangan dana dan metode pelunasan.

Jika sampai batas akhir program, donasi kamu belum tercapai untuk pembelian hewan qurban, maka donasi kamu terkumpul akan tetap menjadi donasi atas nama kamu untuk Program Bisa Makan Daging untuk keluarga membutuhkan (Sedekah Qurban).

Kamu juga tetap dapat melihat laporan perkembangan program tersebut melalui email atau halaman galang dana booking qurban.

Q: Bagaimana jika donasi saya yang terkumpul lebih dari harga untuk pembelian hewan Qurban?

A: Ketika target donasi kamu telah tercapai untuk membeli 1 ekor kambing/domba, maka kamu akan mendapatkan notifikasi untuk mengisi formulir Sertifikat Qurban. 

Jika kamu ingin meneruskan donasi otomatis sampai batas waktu program ditentukan dan donasi terkumpul akan digunakan untuk Program Bisa Makan Daging untuk keluarga membutuhkan (Sedekah Qurban).

Q: Apakah saya bisa melihat total donasi qurban saya?

A: Setiap tanggal 12, kamu akan mendapatkan pesan via Whatsapp berisi jumlah donasi yang sudah kamu kumpulkan. Sehingga, pastikan saat pendaftaran kamu sudah memasukan nomor HP kamu yang aktif WhatsApp.

Q: Apakah bisa ikut program ini untuk lebih dari satu orang?

A: Bisa, dengan mengalikan jumlah hewan qurban yang didonasikan dengan jumlah peserta yang ingin kamu daftarkan. 

Sehingga kamu bisa menghitung berapa nominal donasi otomatis yang harus dilakukan untuk mencapai donasi untuk membeli hewan qurban.

Q: Apakah bisa qurban atas nama orang tua atau keluarga?

A: Bisa. Kamu bisa memberikan hewan Qurban atas nama orang lain dengan mengisikan nama orang tua atau keluarga di formulir Sertifikat Qurban, yang akan kamu terima saat donasi kamu sudah tercapai untuk membeli hewan qurban.

Q: Bagaimana cara ikutan program Booking Qurban ini?

  1. Masuk ke link ktbs.in/bookingqurban24  
  2. Lengkapi formulir pendaftaran
  3. Setelah kamu mengisi formulir, kamu bisa langsung melakukan donasi otomatis melalui aplikasi Kitabisa.
  4. Jika belum punya aplikasi, kamu bisa download aplikasi dengan klik 
  5. Untuk aktifkan donasi otomatis, kamu bisa ikuti panduan di bawah ini

Q: Apakah saya akan menerima notifikasi ketika nantinya hewan Qurban saya disalurkan?

A: Ya, kamu akan mendapatkan notifikasi:

  1. Estimasi waktu penyembelihan hewan qurban
  2. Notifikasi hewan qurban sudah disembelih
  3. Laporan qurban (foto hewan dan distribusi) dan sertifikat qurban melalui email mitra maksimal H+30 penyembelihan

Q: Apakah saya dapat memilih kemana hewan Qurban saya disalurkan?

A: Tidak, kamu tidak dapat memilih ke mana hewan qurban kamu disalurkan. Dengan mengikuti program ini kamu sudah menitipkan penyaluran qurban kepada Mitra Qurban Kitabisa sesuai dengan prioritas daerah yang membutuhkan.

Q: Apakah saya mendapat bagian daging Qurban yang telah saya beli?

A: Kamu tidak dapat bagian daging hewan qurban. Karena program Booking Qurban ini bagian dari Program Qurban ke Pelosok Kitabisa, maka 100% daging qurban akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan berdasarkan prioritas daerah yang membutuhkan.

Q: Bagaimana cara kerja program Booking Qurban ini?

A:

  1. Setelah kamu mendaftarkan diri pada program Booking Qurban, kamu bisa langsung melakukan donasi otomatis via aplikasi Kitabisa ke galang dana kitabisa.com/campaign/bookingqurban2024 
  2. Kamu bisa berdonasi qurban melalui donasi otomatis dengan jadwal dan nominal donasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. 
  3. Agar donasi qurban kamu dapat dikonversi menjadi hewan qurban, kamu harus mencapai target donasi sebelum 9 Juni 2023.
  4. Setelah donasi kamu mencapai target, tim Kitabisa akan menghubungi kamu untuk melakukan konfirmasi pembelian hewan qurban.
  5. Tim Kitabisa akan melakukan pembelian hewan qurban sesuai dengan ketentuan yang telah dikonfirmasi. Kamu akan mendapatkan notifikasi saat hewan qurban kamu sudah berhasil dibeli.
  6. Qurban kamu akan diproses penyembelihan dan pendistribusiannya oleh Mitra Qurban Kitabisa mulai dari Idul Adha sampai H+3 Idul Adha. Kamu akan menerima notifikasi penyembelihan saat qurban kamu sudah disembelih.
  7. Mitra Qurban Kitabisa akan mengirimkan laporan berisi sertifikat, foto hewan sebelum dan setelah disembelih, foto distribusi, dan detail lokasi maksimal H+30 penyembelihan melalui email.

Comments are closed.