Press Release

FAQ – Borong UMKM Perempuan Bersama Rachel Vennya

Hai #OrangBaik, Tergerak dengan kondisi perempuan yang merupakan salah satu kelompok rentan terdampak pandemi Covid-19, maka Rachel Vennya berkolaborasi dengan Kitabisa membuat inisiatif Borong UMKM Perempuan. 

Artikel ini berisi tanya jawab seputar program “Borong UMKM Perempuan”.

Apa itu program “Borong UMKM Perempuan”? 

Program “Borong UMKM Perempuan” adalah inisiatif untuk membantu perempuan yang memiliki warung atau usaha kecil di masa pandemi. 

Melalui program ini, publik bisa berdonasi untuk membantu UMKM perempuan melalui halaman galang dana Rachel Vennya di kitabisa.com/borongumkmperempuan. Hasil donasi di galang dana tersebut akan digunakan untuk memborong dagangan UMKM dan dibagikan kepada warga kurang mampu yang terdampak Covid-19. 

Perempuan yang memiliki warung atau usaha kecil juga dapat mengajukan bantuan agar dagangannya diborong dengan cara mengisi formulir di: ktbs.in/daftarumkmperempuan . 

Bagaimana cara berdonasi membantu UMKM Perempuan?

Kamu bisa berdonasi melalui halaman galang dana Rachel Vennya dengan klik: kitabisa.com/borongumkmperempuan.

Sampai kapan bisa berdonasi di galang dana untuk membantu UMKM Perempuan?

Periode galang dana dibuka sampai akhir September. Namun, periode galang dana bisa saja berubah baik dipercepat untuk ditutup maupun diperpanjang untuk terus dibuka. Periode donasi akan menyesuaikan beberapa faktor seperti kebutuhan donasi untuk memberikan bantuan, jumlah UMKM Perempuan yang akan diberikan bantuan, kondisi pandemi, dan faktor-faktor lainnya. 

Apakah hanya perempuan yang bisa berdonasi membantu UMKM Perempuan? 

Semua orang baik laki-laki maupun perempuan dapat berdonasi untuk membantu UMKM Perempuan. Cara berdonasi dengan klik: kitabisa.com/borongumkmperempuan. 

Apakah hanya perempuan yang punya warung/usaha kecil yang bisa mendaftar agar dagangannya diborong? 

Betul, hanya perempuan yang memiliki usaha kecil atau warung kecil yang dapat mendaftar. Laki-laki belum bisa mendaftarkan usahanya. Lihat syarat dan ketentuan pendaftaran selengkapnya dalam pertanyaan mengenai syarat dan ketentuan. 

Bagaimana jika UMKM dimiliki bersama oleh laki-laki dan perempuan. Misalnya, usaha bersama istri dan suami. Apakah masih bisa mendaftar? 

Selama perempuan ikut membuat dan mengelola UMKM tersebut (tidak hanya menjadi pekerja/pegawai), maka masih bisa mendaftar. Nama pendaftar harus atas nama perempuan.  

Kenapa program ini hanya membantu UMKM Perempuan?

Perempuan adalah salah satu pihak yang paling rentan terdampak pandemi. Membantu UMKM Perempuan dengan cara memborong dagangannya akan memberi dampak yang besar bagi perempuan di masa ini. 

Jika kamu laki-laki dan memiliki usaha keci, kamu bisa mendaftarkan diri di Program “Borong UMKM” yang diinisiasi oleh Kitabisa dengan klik: ktbs.in/borongumkm 

Apa saja syarat dan ketentuan UMKM yang bisa mendaftarkan diri dalam program ini? 

– Pendaftar harus perempuan

– UMKM yang mendaftar harus dibuat atau dijalankan oleh perempuan 

– UMKM yang mendaftar harus sudah aktif berjalan, sudah melakukan aktivitas jual beli, bukan yang baru sekadar ide

– UMKM yang bisa mendaftar hanya UMKM bidang KULINER (MAKANAN) dan WARUNG KELONTONG (jualan kebutuhan pokok/sembako)

– Saat ini, UMKM yang bisa mendaftar hanya di kota: JABODETABEK, BANDUNG, SEMARANG, JOGJA, SURABAYA, LAMPUNG, & MEDAN. 

Apakah semua UMKM Perempuan yang mendaftar akan otomatis dagangannya diborong? 

Tidak. Tim Kitabisa akan melakukan seleksi dan verifikasi untuk UMKM yang mendaftar. 

Penting untuk diperhatikan bahwa tidak semua pendaftar akan dihubungi, tidak semua pendaftar akan diborong dagangannya, dan hanya pendaftar yang terpilih dan terverifikasi yang akan diborong dagangannya. 

Berapa jumlah UMKM yang akan dibantu? 

Target UMKM yang bisa dibantu berjumlah 1000 UMKM Perempuan. Namun, jumlah tersebut menyesuaikan dengan ketersediaan donasi yang digunakan untuk memborong dagangan UMKM dan kondisi di lapangan. 

Apakah semua UMKM dari berbagai daerah bisa mendaftar? 

Tentu kita ingin membantu sebanyak mungkin UMKM Perempuan, tapi mohon maaf untuk saat ini baru UMKM Perempuan di wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Lampung, & Medan yang bisa mendaftar. UMKM Perempuan di luar wilayah tersebut belum bisa mendaftar. 

Mengapa kota UMKM yang bisa mendaftar dibatasi? 

Tentu kita ingin membantu banyak UMKM di berbagai wilayah. Namun, mengingat faktor ketersediaan donasi untuk memborong dagangan UMKM dan teknis penyaluran donasi di lapangan, maka hanya UMKM di wilayah tertentu saja yang bisa mendaftar. Tentu kami memohon maaf atas keterbatasan teknis ini. 

Apakah ada kemungkinan membuka pendaftaran untuk “Borong UMKM Perempuan” di kota lainnya? 

Kemungkinan besar tidak dibuka untuk kota lainnya. Hal ini karena keterbatasan ketersediaan bantuan dan teknis penyaluran bantuan di lapangan. Semoga keterbatasan ini tidak mengurangi semangat kita untuk membantu perempuan yang memiliki usaha/warung kecil. 

Untuk informasi selanjutnya silakan follow instagram: @temanbaik.rachelvennya

Apakah semua bidang UMKM bisa mendaftar?

Tidak. Hanya UMKM di bidang kuliner (makanan) dan warung kelontong (jualan kebutuhan pokok/sembako) yang bisa mendaftar. Hal ini dilakukan karena nantinya hasil borongan dari UMKM Perempuan akan dibagikan secara gratis untuk warga kurang mampu yang terdampak Covid-19. Saat ini, warga kebutuhan warga kurang mampu adalah makanan dan kebutuhan pokok sehingga jenis UMKM-nya disesuaikan dengan kebutuhan warga membutuhkan. 

Apakah UMKM Perempuan yang hanya berjualan di online bisa mendaftar? 

Bisa. Baik UMKM Perempuan offline maupun online bisa mendaftarkan diri dalam program ini. 

Apakah bisa mendaftarkan ide atau proposal bisnis kecil untuk mendapatkan bantuan? 

Tidak bisa. Program Borong UMKM Perempuan fokus untuk memborong dagangan UMKM Perempuan yang sudah aktif berjalan (sudah melakukan transaksi jual beli). 

Apa bentuk bantuan yang diberikan?

Bantuan yang diberikan yakni uang yang akan digunakan untuk memborong dagangan UMKM. UMKM yang mendapatkan bantuan dan dagangannya sudah diborong harus memberikan dagangannya secara GRATIS kepada warga kurang mampu yang terdampak Covid-19. 

Berapa besaran bantuan yang akan diberikan? 

Besaran bantuan akan ditentukan oleh Tim Kitabisa dengan melihat perkembangan hasil donasi yang bisa diberikan dan kondisi di lapangan. 

Bagaimana mengetahui apakah pendaftar mendapatkan bantuan atau tidak? 

Tim Program “Borong UMKM Perempuan” tidak menghubungi semua pendaftar. Jika, tidak dihubungi berarti UMKM-mu belum mendapatkan bantuan. 

UMKM yang lolos seleksi akan dihubungi untuk dilakukan verifikasi lebih lanjut. Namun, dihubungi untuk verifikasi belum tentu mendapatkan bantuan. UMKM-mu akan dihubungi lagi jika lolos verifikasi dan akan mendapatkan bantuan. 

Setelah lolos verifikasi dan dinyatakan dagangan akan diborong, bagaimana teknis selanjutnya? 

Tim Kitabisa berkolaborasi dengan partner di daerah yang akan berkomunikasi dan menyalurkan bantuan untuk UMKM Perempuan terpilih. Detail selengkapnya mengenai teknis penyaluran bantuan akan dikomunikasikan oleh partner Kitabisa di daerah.

Apakah bisa uang bantuan “Borong UMKM Perempuan” digunakan untuk tambahan modal bagi UMKM?

Tidak bisa. Uang yang diberikan untuk memborong dagangan UMKM (bukan untuk tambahan modal). Lalu barang tersebut dibagikan secara GRATIS kepada warga yang membutuhkan. 

Apakah bisa setelah mendapatkan bantuan, lalu diberikan kepada warga membutuhkan tidak secara GRATIS? 

Tidak bisa. Setelah mendapatkan uang untuk memborong dagangan UMKM. Pihak UMKM yang mendapatkan bantuan harus memberikan barang dagangannya secara GRATIS untuk warga yang kurang mampu. 

Jika UMKM Perempuan sudah mendapat bantuan, apakah hasil dagangannya juga harus dibagikan hanya untuk perempuan kurang mampu yang membutuhkan bantuan? 

Setelah mendapatkan bantuan, barang daganganmu bisa diberikan untuk semua warga membutuhkan baik laki-laki maupun perempuan. 

Apakah formulir pendaftaran “Borong UMKM Perempuan” akan terus dibuka? 

Tidak. Formulir akan ditutup setelah mencapai 5000 pendaftar pertama. 

Apakah ada periode pendaftaran “Borong UMKM Perempuan”? 

Periode pendaftaran tidak ditentukan berdasarkan tanggal melainkan jumlah pendaftar. Jika jumlah pendaftar sudah mencapai 5000 pendaftar maka formulir akan ditutup. 

Bagaimana proses verifikasi untuk bantuan borong UMKM Perempuan ini?

  1. Tim program akan melakukan seleksi administrasi dan kelengkapan data formulir
  2. Tim program akan melakukan interview tahap awal melalui video call kepada calon penerima bantuan (sebelumnya akan kami informasikan terlebih dahulu). Hal ini untuk memastikan kondisi UMKM memang layak mendapat bantuan.
  3. Setelah dilakukan verifikasi melalui video call, kami akan seleksi hasil interview tersebut sebagai hasil final
  4. Tim kami akan memberikan menginformasikan apabila sudah lolos seleksi penerima bantuan
  5. Selanjutnya bantuan segera kami berikan kepada UMKM perempuan yang sudah lolos seleksi

Untuk informasi selanjutnya silakan follow instagram: @temanbaik.rachelvennya

Bagaimana jika ada hal yang ingin ditanyakan tapi belum ada jawabannya di atas? Silakan kontak Kitabisa melalui email ke [email protected]

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

2 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

7 days ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

7 days ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

7 days ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

2 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago