Cara Bersedekah Subuh: Perhatikan Ini Agar Membawa Berkah!

Di waktu Subuh, dua malaikat akan turun ke bumi untuk mendoakan orang yang bersedekah. Karena alasan itulah, beberapa ulama menyebut sedekah di kala Subuh adalah salah satu sedekah utama. Meski begitu, ada beberapa hal yang tetap perlu diperhatikan dalam cara bersedekah Subuh yang hendak Anda lakukan. Ini penting untuk dicermati guna memastikan sedekah yang dikeluarkan bisa menjadi berkah dan mendatangkan pahala dari Allah SWT. 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bersedekah

Untuk itu, simak hal-hal berikut agar cara bersedekah Subuh yang Anda lakukan bisa menjadi amalan yang membawa berkah!

Penuh Keikhlasan 

Cara bersedekah Subuh yang bisa mendatangkan pahala berlipat ganda adalah ketika itu dilakukan dengan hati yang tulus dan ikhlas. Segala hal yang semata-mata hanya diniatkan untuk beramal baik di jalan Allah akan membuat amalan tersebut menjadi berkah. Pun, jangan sampai sedekah yang dilakukan memiliki tujuan lain, selain beribadah kepada-Nya. 

Sebagai contoh, seseorang hanya ingin bersedekah supaya mendapatkan pujian dari yang lain atau mengandung sifat riya. Jangan pula sedekah itu diberikan hanya untuk mengharapkan pamrih atau imbalan. 

Diambil dari Harta yang Halal dan Paling Dicintai

Ketika hendak bersedekah, pastikan bahwa harta yang diberikan itu adalah harta yang halal atau tidak didapat dengan cara melanggar aturan agama. Selain itu, sebaik-baiknya sedekah, memberikan harta yang paling dicintai dapat menjadi sedekah terbaik yang dapat Anda lakukan. Jadi misalnya, Anda ingin menyumbangkan hewan ternak untuk sedekah, pilihlah yang kondisinya paling baik dan bukan malah sebaliknya. 

Sebagaimana disabdakan Allah dalam surat Ali ‘Imran ayat 92,

Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui.

Tidak Menunda untuk Bersedekah

Hal lain yang bisa membuat cara bersedekah Subuh Anda menjadi amalan yang penuh keberkahan adalah dengan tidak menunda untuk bersedekah. Ketika tiba-tiba muncul niat di dalam hati untuk bersedekah, maka jangan menundanya. Anda tidak pernah tahu apakah masih memiliki kesempatan untuk menjalankan niat baik tersebut. Jadi, selama masih punya kesempatan untuk melakukannya, maka segeralah bersedekah. 

Merahasiakan Sedekah 

Pahala dari merahasiakan sedekah juga dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 271 yang berbunyi sebagai berikut.

“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Berdasarkan firman tersebut, orang yang melakukan sedekah secara diam-diam atau tidak ditampakkan kepada yang lain justru dianggap Allah sebagai amalan yang lebih baik. Bahkan, dikatakan dalam surat Al-Baqarah ayat 271, orang yang melakukannya akan mendapat ganjaran penghapusan dosa. 

Lakukan Sembari Tersenyum 

Agar cara bersedekah Subuh Anda makin berkah, lakukan itu sembari tersenyum. Selain dapat menunjukkan ketulusan dalam bersedekah, tersenyum juga merupakan salah satu cara dalam menjaga tali silaturahmi. Oleh karenanya, Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan untuk senantiasa tersenyum ketika bertemu orang lain. Terlebih lagi, tersenyum juga dapat menjadi sedekah. 

Bersedekah Subuh dengan Aplikasi Sedekah Online

Dalam bersedekah, Anda tentu ingin bantuan tersebut sampai ke tangan orang yang benar-benar membutuhkan. Kini, ada cara yang lebih praktis, yakni dengan memanfaatkan aplikasi sedekah online, seperti aplikasi Kitabisa misalnya. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut ke gawai pintar Anda dan mulai bersedekah kapan pun dan di mana pun.

Terlebih lagi, penyaluran donasi juga terus di-update di aplikasi sehingga Anda pun dapat senantiasa memantau sedekah yang diberikan. Tidak hanya itu, bersedekah di aplikasi Kitabisa bisa dilakukan secara rutin karena tersedia fitur Pengingat Donasi. Anda bisa menyalakan fitur tersebut untuk terus mengingatkan waktunya bersedekah. Aplikasi sedekah online dari platform Kitabisa juga cocok untuk Anda yang bingung ingin menyalurkan dana bantuan kepada siapa. Di aplikasi tersebut, Anda bahkan bisa memilih siapa yang menurut Anda pantas menerima sedekah itu. Demikian ulasan seputar tips dan cara bersedekah Subuh yang bisa mendatangkan berkah. Cermati beberapa hal tersebut sebelum memberikan sedekah agar bantuan Anda kelak bisa menjadi amalan yang mendapatkan keridhaan Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *